10 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Kandungannya

By On Monday, July 10th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat pisang untuk Ibu hamil karena pisang merupakan buah yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan selama masa kehamilan, baik juga untuk janin didalam kandungannya. Kandungan nutrisi dalam pisanglah yang sangat dibutuhkan untuk Ibu dan janinya.

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan nutrisinya. Manfaat buah pisang untuk kesehatan juga tentunya banyak sekali, maka dari itu pisang baik untuk ibu hamil. Kandungan kalorinya juga cukup memenuhi kebutuhan Ibu hamil. Ibu hamil selama masa kehamilannya direkomendasikan untuk mengkonsumsi pisang 3-4 porsi buah pisang setiap harinya.

Selain memiliki rasa yang nikmat, pisang juga bertekstur lembut sehingga baik untuk sistem pencernaan Ibu hamil. Mengingat selama kehamilan pasti Ibu hamil mengalami diare, jadi untuk membantu dan mencegah diare pada saat kehamilannya. Kandungan yang baik dalam pisang untuk Ibu hamil juga masih banyak, seperti kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebagai sumber energi juga dan menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

manfaat pisang untuk ibu hamil

manfaat pisang untuk ibu hamil dan kandungannya

Manfaat pisang untuk Ibu hamil

Mengingat banyaknya kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, pisang tentunya memiliki manfaat untuk Ibu hamil. Berikut ini ada beberapa manfaat pisang untuk Ibu hamil yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Meningkatkan pertumbuhan hemoglobin

Pisang memiliki peran dalam pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah untuk Ibu hamil. Selain zat besi, pisang juga mengandung vitamin B6 yang berperan dalam neurotransimitter yang ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk Ibu hamil.

  1. Baik untuk sistem pencernaan

Masalah gangguan sistem pencernaan selama masa kehamilan sering terjadi, seperti sembelit, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Pisang dapat melancarkan sistem pencernaan karena kandungannya, seperti potasium dapat menggantikan cairan elektrolit yang berkurang pada saat mengalami diare. Selain itu juga mengandung serat dan pectin yang berfungsi mengatasi masalah gangguan sistem pencernaan. Jadi, manfaat pisang untuk obat diare alami karena kandungan didalamnya.

  1. Sumber kalsium

Buah pisang juga merupakan salah satu jenis buah sumber kalsium untuk perkembangan tulang dan sistem rangka. Sumber kalsium dalam pisang juga bermanfaat dalam memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot pada perkembangan janin dalam kandungan.

  1. Kaya akan protein

Protein berperan sebagai sumber kalori dan juga pembentukan antibodi bagi Ibu dan janinnya. Kekurangan protein dapat menyebabkan resiko bayi lahir dengan kekurangan, seperti bibir sumbing. Disinilah peran dan manfaat buah pisang untuk mengurangi resiko tersebut.

  1. Kaya akan asam folat

Asam folat sangat penting untuk Ibu hamil, karena berperan dalam perkembangan saraf dan otak serta susum tulang belakang. Jadi, selain bermanfaat untuk Ibu hamil, juga bermanfaat untuk janinnya dengan resiko terlahir prematur dan cacat.

  1. Sumber energi

Mengkonsumsi pisang dapat meningkatkan energi tubuh, karena pisang mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa, diman kandungan tersebut merupakan jenis gula alami yang dapat meningkatkan energi. Maka dari itu, mengkonsumsi pisang untuk Ibu hamil dapat meningkatkan energi, terutama pada masa kehamilan trimester terakhir dan paska melahirkan.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Pisang mengandung protein, serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat dan nafsu makan. Jadi sangat baik untuk Ibu hamil karena selama kehamilan harus banyak makan untuk mendapatkan energi.

  1. Kaya akan karbohidrat

Dengan mengkonsumsi pisang selama masa kehamilan, maka kebutuhan karbohidrat dapat terpenuhi. Mengingat Ibu hamil lebih dan harus banyak mengkonsumsi makanan untuk menambah energi dan janinnya.

  1. Penyeimbang tekanan darah

Terkait fluktuasi pada tekanan darah yang dialami Ibu hamil, mengkonsumsi pisang dapat menyeimbangkan tekanan darah. Karena pisang mengandung kalium yang membantu menjaga tekanan darah tetap seimbang pada Ibu hamil. Selain itu juga mengurangi kram otot dan nyeri pada kaki selama kehamilan.

  1. Mengurangi mual dan muntah

Seringnya merasa mual dan muntah pada Ibu hamil, terutama di pagi hari pada trimester pertama kehamilan. Mengkonsumsi pisang pada awal-awal kehamilan dapat membantu dan mengurangi morning sickness.

Baca juga : manfaat buah pisang untuk mengobati sakit maag

Selain 10 manfaat pisang untuk Ibu hamil di atas, pisang juga masih banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti melancarkan peredaran darah, menjaga gula darah dan kolesterol, baik untuk kesehatan jantung dan tulang, juga dapat mengatasi beberpa penyakit seperti diare, diabetes, anemia, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah pisang bagi Ibu hamil, bisa dengan cara mengkonsumsinya langsung setiap hari 3-4 buah. Bisa juga dikonsumsi dengan di campur susu, ini dapat menekan sekresi asam lambung secara signifikan dan membantu melindungi terhadap ulcer pada lambung. Pisang juga dapat meningkatkan prosuksi sel-sel yang membentuk lapisan perut, sehingga baik baik dikonsumsi selama masa kehamilan juga dapat mencegah dan mengatasi diare pada Ibu hamil.

10 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Kandungannya | admin | 4.5