10 Obat Diare Paling Aman dan Alami untuk Ibu Hamil

By On Saturday, June 17th, 2017 Categories : Obat

Obat diare paling aman untuk Ibu hamil yaitu dengan menggunakan bahan alami, karena tidak beresiko menimbulkan efek samping. Bahan alami digunakan selain aman juga mudah didapatkan dan cara menggunakan atau mengolahnya cukup sederhana.

Diare sendiri biasanya umum dialami selama masa kehamilan, Ibu hamil pasti mengalaminya. Penyebabnya bisa karena bakteri atau virus dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, karena masa kehamilan akan rentan tereserang bakteri dan virus sehingga mengakibatkan diare. Maka dari itu, obat diare untuk Ibu hamil menggunakan bahan alami yang aman untuk kehamilan.

Selain masa kehamilan rentan terhadap serangan penyakit akibat bakteri maupun virus, ketika mengalami diare sebaiknya juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan janinnya. Sehingga untuk mengatasi diare pada Ibu hamil harus menggunakan bahan alami yang aman. Bahan alami yang dapat digunakan bisa dari buah-buahan, sayuran, tanaman obat maupun bahan alami lainnya. Selama menderita diare juga perlu memperbanyak minum untuk mencegah resiko terjadinya dehidrasi.

10 obat diare paling aman untuk ibu hamil

10 obat diare paling aman dan alami untuk ibu hamil

Obat diare Ibu hamil yang paling aman

Banyaknya kasusu diare yang dialami oleh Ibu hamil, maka perawatan dan penanganan selama Ibu hamil menderita diare sangat penting. Baik untuk kesehatan Ibu hamil maupun janin yang ada didalam kandungannya. Berikut ini obat diare Ibu hamil yang paling aman digunakan, yaitu :

  1. Madu

Obat diare Ibu hamil yang aman menggunakan bahan alami seperti madu. Madu merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit, salah satunya untuk mengatasi diare pada Ibu hamil. Senyawa antibiotik dalam madu mampu mengatasi masalah sistem pencernaan seperti diare. Untuk mengatasi diare pada Ibu hamil bisa dengan mengkonsumsi madu yang dicampur dengan air hangat.

  1. Sup wortel

Wortel merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang tinggi didalamnya. Manfaat wortel untuk mengatasi diare pada Ibu hamil bisa dengan cara diolah dalam bentuk sup wortel. Pada bagian serat wortel mengandung efek antidiare yang alami dan nutrisi dalam wortel juga baik untuk Ibu hamil dan janinnya.

  1. Sup kaldu ayam

Ketika Ibu hamil mengalami diare akan menguras banyak cairan dan energi, sehingga membutuhkan asupan protein yang cukup tinggi. Karena protein dapat melawan bakteri yang menyebabkan diare, sehingga diare yang dialami Ibu hamil tidak bertambah parah. Dengan mengkonsumsi sup kaldu ayam, dapat menambah energi Ibu hamil yang mengalami diare dan membantu mengatasi diare karena kandungan protein pada sup kaldu ayam.

  1. Sup kentang

Mengkonsumsi kentang bisa menjadi alternatif sebagai pengganti nasi untuk Ibu hamil yang mengalami diare. Kentang mengandung zat pati putih yang baik untuk sistem pencernaan, sehingga diare akan dapat diatasi. Konsumsilah kentang dalam bentuk sup atau direbus.

  1. Sumber karbohidrat

Mengkonsumsi sumber karbohidrat pada saar Ibu hamil mengalami diare dapat membantu mengobati diare. Ada beberapa jenis makanan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi ketika Ibu hamil diare, seperti buah pisang, apel, nasi putih, roti dan oatmeal.

  1. Yogurt

Konsumsilah yogurt bagi Ibu hamil yang sedang mengalami diare selama masa kehamilannya. Kandungan bakteri baik dalam yogurt dapat melawan dan membunuh bakteri jahat penyebab diare. Selain aman dan alami, yogurt juga baik untuk membantu membersihkan saluran sistem pencernaan karena mengandung lactobacillus acidophilus.

  1. Teh jahe

Jahe merupakan tanaman obat yang kaya akan khasiatnya. Jahe juga dapat digunakan untuk bahan pengobatan beberapa jenis penyakit, diantaranya seperti diare. Ibu hamil yang mengalami diare selama masa kehamilannya bisa menggunakan jahe yang diolah menjadi minuman jahe. Kandungan gingerol dan senyawa alami lainnya dapat mengatasi diare juga mual dan muntah. Minumlah olahan jahe yang dicampur dengan teh.

  1. Air putih

Selama menderita diare akan banyak kekurangan cairan karena sering buang air besar, sehingga beresiko mengalami dehidrasi. Sebaiknya banyak minum air putih bagi Ibu hamil yang menderita diare untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang banyak hilang. Selain itu juga untuk mencegah resiko mengalami dehidrasi.

  1. Air kelapa

Manfaat air kelapa sangat banyak, salah satunya untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Manfaat lain untuk kesehatan juga pastinya banyak dan dapat digunakan untuk mengatasi masalah diare. Ibu hamil yang menderita diare bisa mengkonsumsi air kelapa, selain dapat mengatasi bakteri penyebab diare, juga baik untuk kesehatan dan janinnya. Selain itu, untuk mencegah resiko mengalami dehidrasi juga selama diare, karena air kelapa mengandung elektrolit yang dapat menggantikan cairan dalam tubuh yang berkurang.

  1. Teh chamomile

Kandungan zat flavonoid dalam teh chamomile bisa mengurangi cairan didalam fasese selama Ibu hamil menderita diare. Konsumsilah teh chamomile untuk mengatasi diare pada Ibu hamil dengan cara diseduh atau menggunakan kantong teh chamomile yang bisa didapatkan dimana saja.

Baca juga : tips mengatasi diare pada saat hamil

Itulah obat diare Ibu hamil dengan bahan alami yang aman digunakan untuk mengatasi dan mengobati diare. Selain mengatasi diare dengan menggunakan bahan alami tersebut, juga perlu menghindari beberapa asupan makanan dan minuman untuk mencegah bertambah parahnya diare.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari selama Ibu hamil mengalami diare, seperti makanan pedas, makanan yang banyak mengandung minyak, daging merah, produk susu kecuali yogurt dan rempah-rempah. Demikianlah 10 obat diare paling aman dan alami untuk Ibu hamil yang bisa digunakan, semoga bermanfaat dan diare Anda cepat sembuh.

10 Obat Diare Paling Aman dan Alami untuk Ibu Hamil | admin | 4.5