10 Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan yang Efektif dengan Cara Alami

By On Monday, July 17th, 2017 Categories : Tips

Tips ampuh menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara alami sehingga efektif, lain halnya jika mengkonsumsi obat penurun badan. Meskipun banyak cara dan tips untuk menurunkan berat badan, namun tidak semuanya efektif dan cocok untuk semua orang.

Masalah berat badan sendiri terjadi karena kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit dari pada kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi. Selain masalah makanan juga ada faktor lain yang mempengaruhi metabolisme dan berat badan tubuh bertambah. Seperti faktor stress, kurang istirahat atau tidur, mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan gaya hidup.

Beberapa masalah dan resiko juga akan dialami jika berat badan berlebihan atau mengalami obesitas. Terutama masalah kesehatan pasti akan terganggu, masalah lain seperti mengalami sesak nafas, cepat lelah, sakit pada bagian punggung, depresi, sakit lutut, dan masalah gangguan kesehatan lainnya. Untuk itu, tips menurunkan berat badan yang sehat bisa dengan cara yang alami sehingga efektif karena resiko adanya efek samping sangat kecil bahakan tidak ada.

10 tips ampuh menurunkan berat badan

tips ampuh menurunkan berat badan yang efektif dengan cara alami

Tips menurunkan berat badan dengan cara alami

Mungkin sudah banyak tips dan cara untuk menurunkan berat badan, namun tidak semua tips dan cara tersebut cocok pada semua orang. Sebenarnya kembali lagi pada niatan seseorang dalam usaha yang dilakuakan untuk menurunkan berat badan. Berikut ini ada tips menurunkan berat badan secara alami yang bisa dilakuakan, yaitu :

  1. Niat

Tips yang pertama yaitu niat. Niat merupakan awal dari segalanya jika ingin melakukan sesuatu, seperti menurunkan berat badan atau diet. Karena segala sesuatunya jika tidak ada niat maka percuma dan tidak akan berjalan. Ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam tips menurunkan berat badan. Dengan niat yang sungguh-sungguh dalam melakukan proses untuk menurunkan berat badan dan juga tekad yang kuat dalam menjalankannya, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Minum air putih

Minum air putih sebelum mengkonsumsi makanan merupakan cara alami untuk menurunkan berat badan, ini akan membantu proses penurunan berat badan. Dengan minum air putih sebelum mengkonsumsi makana, maka akan memberikan efek kenyang sehingga pada akhirnya membuat untuk tidak banyak mengkonsumsi makanan.

  1. Makan porsi kecil

Tips selanjutnya yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil. Karena dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil maka akan mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dalam mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil bisa dengan menambah buah-buahan.

  1. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan juga penting ketika sedang menjalani proses untuk menurunkan berat badan. Namun, banyak orang yang beranggapan dengan mengurangi banyak makanan akan mempercepat penurunan berat badan. Justru jika melewatkan sarapan akan memicu lebih banyak mengkonsumsi cemilan.

  1. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Selain dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil dan tetap sarapan, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran juga dapat membantu proses menurunkan berat badan. Konsumsilah buah dan sayuran yang banyak mengandung serat dan gizi. Selain dapat memberikan efek kenyang lebih lama, juga kebutuhan gizi tubuh dapat terpenuhi.

  1. Hindari makan malam

Mengurangi mengkonsumsi makanan pada saat menjalankan proses penurunan berat badan sebaiknya dilakukan pada malam hari. Hindari mengkonsumsi makanan pada malam hari menjelang istirahat atau tidur. Karena jika mengkonsumsi makanan di malam hari apalagi langsung tidur, maka makanan tersebut tidak langsung diproses oleh tubuh justru akan tertimbun dan menjadi lemak dalam tubuh.

  1. Cukup istirahat

Istirahat juga penting dan perlu dilakukan dalam proses menurunkan berat badan. Jika kurang istirahat dan terlalu bersemangat ingin cepat menurunkan berat badan, maka tubuh justru akan kelelahan dan akan memicu nafsu makan yang berlebih. Karena kurang istirahat atau tidur dapat memicu zat-zat yang menumpuk pada tubuh dan menjadi lemak.

  1. Hindari makanan berikut

Selain mengurangi mengkonsumsi makanan dalam porsi yang berlebihan, juga ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari pada saat sedang menurunkan berat badan. Seperti makanan yang banyak mengandung gula, makanan berkolesterol tinggi dan juga minuman bersoda. Karena jenis makanan dan minuman tersebut dapat memicu dengan cepat timbulnya berat badan naik.

  1. Olahraga

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak hanya melakukan cara-cara di atas saja. Cara ini merupakan salah satu yang penting dari semuanya, yaitu olahraga. Selama menjalani proses menurunkan berat badan harus dibarengi dengan adanya olahraga, tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan bergizi atau mengurangi bahkan menghindari jenis makanan tertentu saja. Aturlah waktu untuk berolahraga atau bisa dilakukan disela-sela kegiatan sehari-hari.

  1. Komitmen

Tips terakhir yang paling penting dari tips dan cara di atas yaitu memiliki komitmen. Komitmen untuk mendapatkan berat badan yang maksimal dan sesuai yang diinginkan. Komitmen yang kuat dalam melakukannya dan bersungguh-sungguh dengan niat juga tekad yang kuat.

Cara alami tersebut akan membantu dalam menurunkan berat badan, selain dengan cara yang alami di atas yang efektif dan ampuh, tentunya juga tidak memberikan dampak atau efek samping pada tubuh. Sebaiknya dilakuakan dengan niat dan tekad yang kuat dan berkomitmen untuk kurus atau berat badan dapat turun secara maksimal.

Dalam menjalaninya juga tidak dalam waktu yang singkat, pasti membutuhkan proses. Namun, banyak yang gagal dan menyerah karena kurang sabar. Faktor lain seperti kurang istirahat, balas dendam setelah olahraga dengan mengkonsusmi makanan yang berlebihan, stress, tidak teratur dalam menjalninya juga menjadi faktor kegagalan sebagian banyak orang yang menjalani program untuk menurunkan berat badan.

Baca juga : tips jitu menurunkan berat badan

Faktor penyebab berat badan berlebih

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan berat badan naik atau berlebih. Beberapa faktor mungkin bisa dihindari, namun ada juga yang tidak dapat dihindari seperti faktor genetis. Berikut beberapa faktor tersebut, yaitu :

  • Konsumsi makanan
  • Kurang olahraga
  • Hormon
  • Genetis
  • Obatan-obatan
  • Kurang konsumsi buah
  • Kurang konsumsi sayur
  • Kerusakan otak atau stress
  • Gaya hidup dan konsumsi alkohol

Faktor yang menyebabkan berat badan naik seperti di atas, beberapa ada yang bisa dicegah, namun sebagian lagi juga tidak dapat dicegah atau dihindari. Dengan menjalankan tips ampuh menurunkan berat badan yang efektif dengan cara alami di atas, maka senantiasa dapat memberikan solusi bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Sebaiknya juga perhatikan cara maupun waktu selama menjalankan proses penurunan berat badan, jika tidak maka akan menimbulkan masalah seperti stress, putus asa, yang akhirnya berat badan justru akan bertambah. Semoga artikel tentang tips ampuh menurunkan berat badan dapat bermanfaat dan memberikan solusi maupun dapat menambah wawasan bagi Anda yang membacanya. Selamat mencoba dan semoga sukses juga berhasil secara maksimal.

10 Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan yang Efektif dengan Cara Alami | admin | 4.5