10 Tips Mengatasi Penyakit Kulit Kurap yang Dapat Dilakukan

By On Saturday, March 3rd, 2018 Categories : Tips

Tips mengatasi penyakit kulit kurap tentunya dengan rajin menjaga kebersihan diri, karena dengan badan bersih maka badan atau kulit tidak mudah terserang jamur yang mengakibatakn penyakit kulit kurap maupun jenis penyakit kulit yang lainnya.

Penyakit kulit kurap disebabkan oleh jamur yang menyerang kulit, yaitu jamur Dermatofit yang mana jenis jamur ini mampu bertahan hidup pada kulit manusia. Biasanya jamur ini hinggap atau hidup pada bagian kulit yang lembab dan menyerang pada bagian kuku, tubuh bagian atas, kepala, dan bisa juga tumbuh pada bagian selangkangan dan juga kaki.

Karena penyakit kulit kurap disebabkan oleh jamur, jadi tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan rajin menjaga kebersihan diri. Mungkin juga bisa di obati dengan membeli salep,krim atau obat lainnya yang dijual di apotik. Selain itu, bisa juga mengatasi kurap dengan bahan obat penyakit kulit kurap yang alami, seperti lidah buaya, lengkuas, kunyit, minyak kelapa, minyak zaitun, belerang, jeruk nipis dan masih banyak lagi. Berikut ini akan disebutkan tips mengatasi penyakit kulit kurap.

tips mengatasi penyakit kulit kurap

tips mengatasi penyakit kulit kurap yang bisa dilakukan

Penyebab penyakit kulit kurap

Sebelum lanjut ke tips mengatasi penyakit kulit kurap, sebaiknya untuk mengetahui beberapa penyaebab dari penyakit kulit kurap, selain disebabkan oleh jamur Dermatofit. Karena jenis jamur lainnya juga bisa dapat menyebabkan penyakit kulit kurap. Berikut jenis jamur yang bisa menyebabkan penyakit kulit kurap, yaitu :

  1. Jamur Tinea Capitis

Jamur ini bisa tumbuh pada bagian kepala atau kulit kepala manusia. Salah satu jamur yang bisa menyebabkan kurap juga penyakit kulit lainnya, seperti kadas.

  1. Jamur Tinea Corporis

Jamur ini bisa tumbuh di bagian mana saja pada tubuh manusia, seperti punggung, perut ataupun leher. Salah satu jamur yang bisa menyebabkan kurap juga penyakit kulit seperti penyekit kulit kadas.

  1. Jamur Tinea Pedis

Jamur ini sering menyerang pada kaki, bisanya pada bagian telapak kaki. Salah satu jamur yang bisa menyebabkan penyakit kulit kurap juga kadas.

  1. Jamur Tinea Crusis

Jamur ini sering menyerang bagian kulit yang lembab seperti lipatan paha. Juga merupakan salah satu jamur yang bisa menyebabkan penyekit kulit kurap.

Itulah beberapa jenis jamur selain jamur Dermatofit yang bisa juga menyebabkan penyakit kulit kurap. Biasanya orang yang mudah terserang kurap yaitu orang yang kurang menjaga kebersihan diri dan barang pribadi yang sering digunakan. Selain itu juga, orang yang mudah terserang kurap karena faktor resiko memiliki penyakit kronis, seperti diabetes, penderita HIV, dan orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, juga yang sebelumnya pernah terinfeksi jamur.

Baca juga : tips mengobati sakit perut akibat maag

Tips mengatasi penyakit kulit kurap

Berikut ini ada beberapa tips mengatasi penyakit kulit kurap yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengobatinya mengguankan bahan-bahan yang alami. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kurap ialah sebagai berikut :

  • Lengkuas

Lengkuas merupakan tanaman obat yang banyak khasiatnya, selain bisa dijadikan rempah sebagai penambah bumbu dalam masakan, lengkuas juga bisa digunakan untuk bahan pengobatan salah satunya untuk mengatasi kurap. Lengkuas yang diiris tipis-tipis atau bisa dengan diparut, kemudian tempel atau oleskan pada bagian kulit yang terserang kurap maka kurap akan dapat diatasi. Kandungan senyawa esensial dalam lengkuas mampu membunuh jamur penyebab kurap pada kulit.

  • Lidah buaya

Untuk mengobati kurap bisa dengan menggunakan lidah buaya yang diambil bagian gel lidah buayanya. Gel lidah buaya memiliki kandungan alami yang mampu membunuh jamur pada kulit yang mengakibatkan kurap. Selain dapat mengobati kurap, gel lidah buaya juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit bekas kurap. Dengan mengoleskan langsung gel lidah buaya pada bagian kulit yang terserang kurap, rutin setiap hari maka kurap akan sembuh.

  • Belerang

Bahan alami yang bisa digunakan sejak dulu untuk mengatasi kurap dan terbukti ampuh yaitu belerang. Belerang sudah dipercaya digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Belerang mengandung zat alami yang mampu membunuh jamur penyebab penyakit kulit. Belerang yang dihaluskan kemudian dicampur air secukupnya sampai membentuk pasta, lalu oleskan pada bagian kulit yang terdapat kurap maka akan segera sembuh.

  • Jeruk nipis

Mengatasi kurap juga bisa dengan menggunakan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi penyakit kulit kurap, karena jeruk nipis memiliki kandungan senyawa yang bisa membunuh jamur penyebab kurap. Dengan mengambil air perasan jeruk nipis yang kemudian dioleskan pada bagian kulit yang terserang kurap, maka kurap akan sembuh. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan belerang dan minyak kelapa secukupnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Minyak kelapa

Penyakit kulit kurap juga dapat disembuhkan dengan menggunakan minyak kelapa. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terdapat kurap, maka kurap akan bisa diatasi. Jamur penyebab kurap akan mati dan selain itu juga kulit akan bersih dari bekas kurap. Oleskan minyak kelapa secara langsung pada kulit yang terserang kurap rutin setiap hari untuk mempercepat penyembuhan kulit dari kurap.

  • Kunyit

Selain lengkuas, tanaman obat lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kurap yaitu kunyit. Caranya sama dengan lengkuas, yaitu dengan mengoleskannya setelah kunyit diparut atau iris tipis2 pada kulit yang terkena kurap. Kandungan sifat alami kunyit dapat membunuh jamur dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit yang terserang kurap. Kunyit juga dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan bekas pada kulit akibat kurap.

  • Daun tembakau

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit kurap ialah daun tembakau. Daun tembakau memiliki khasiat menyembuhkan kurap dengan cepat dalam waktu singkat, dan juga dapat membunuh jamur yang mengakibatkan kurap. Daun tembakau yang ditumbuk bisa dioleskan secara langsung pada bagian kulit yang terserang kurap.

  • Minyak zaitun

Manfaat dari minyak zaitu memang banyak sekali, dan salah satunya untuk mengatasi penyakit kulit kurap. Minyak zaitun juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit dan mampu membunuh jamur yang menyebabkan kurap maupun penyakit kulit lainnya. Oleskan minyak zaitun secara langsung pada bagian kulit yang terserang kurap, diamkan beberapa saat kemudia bilas dengan air hangat.

  • Bawang putih

Selain digunakan dalam bumbu masakan, ternyata bawang putih juga memiliki khasiat untuk mengatasi kurap. Kandungan getah dalam bawang putih mampu membunuh jamur yang mengakibatkan kurap dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Dengan mengoleskan atau digosok ke bagian kulit yang terserang kurap, maka penyakit kulit kurap akan segera sembuh. Selain itu juga kulit bekas kurap akan kembali halus dan tidak membekas.

  • Cuka apel

Mengatasi penyakit kulit kurap juga bisa dengan menggunakan cuka apel. Dengan mengoleskan cuka apel dengan media kapas, kemudian gosok-gosokan pada kulit yang terdapat kurap maka kurap akan bisa diatasi dan juga bekas kurap pada kulit akan hilang. Cuka apel mampu membunuh jamur pada kulit yang menyebebkan kurap.

Bahan alami di atas bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit kurap. Itulah tips mengatasi penyakit kulit kurap dengan cara mengobatinya menggunakan bahan alami. Selain itu, sebaiknya dengan melakukan pencegahan, seperti menghindari penggunaan barang pribadi dengan orang lain, mencuci tangan, rutin mandi sehari minimal dua kali, dan lainnya. Sehingga jamur tiak mudah menyerang dan tidak akan terkena penyakit kulit kurap.

10 Tips Mengatasi Penyakit Kulit Kurap yang Dapat Dilakukan | admin | 4.5