Asam Lambung, Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegahannya

By On Friday, October 14th, 2016 Categories : Penyakit

Asam lambung merupakan masalah yang umum terjadi di masyarakat. Penyakit asam lambung bisa menyerang siapa saja. Penyebab kondisi ini biasanya dikarenakan naiknya produksi asam lambung dan menimbulkan nyeri pada ulu hati dan rasa panas seperti terbakar di dada.

Naiknya asam lambung yang disebabkan oleh tidak berfungsinya lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. Lingkaran otot akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan atau minuman masuk, akan menutup kembali untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut agar tidak naik lagi ke kerongkongan. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung.

Gejala yang dirasakan ketika menderita asam lambung biasanya akan merasakan sensasi seperti terbakar dan panas pada bagian dada, akibatnya akan merasa tidak nyaman setelah mengkonsumsi makanan. Mulut dan kerongkongan juga akan terasa tidak enak, rasa sakit dan sulit ketika menelan makanan. Komplikasi juga bisa terjadi akibat asam lambung, yaitu peradangan atau inflamasi pada kerongkongan. Malah bisa lebih parah sampai muncul tukak bahkan terjadi penyakit kanker.

asam lambung

asam lambung, gejala, penyebab, cara mengobati dan mencegahnya

Penyebab naiknya asam lambung

Penyakit asam lambung umumnya dikarenakan tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Berikut ini merupakan penyebab naiknya asam lambung, yaitu :

  1. Makanan pedas dan asam
  2. Mengkonsumsi obat-obatan
  3. Minuman beralkohol dan soda
  4. Stress berlebihan
  5. Minuman berkafein
  6. Kebiasaan merokok
  7. Berat badan berlebih

Gejala asam lambung sendiri biasanya sensasi terbakar dibagian dada atau nyeri ulu hati, dengan ditandai mual yang diakibatkan kadar asam dan lambung yang meningkat. Selain mual juga ditandai dengan batuk, produksi air liur meningkat dan mulut terasa pahit yang disebabkan asam lambung naik ke tenggorokan bahkan sampai ke mulut.

Jika sudah demikian, maka segeralah melakukan pengobatan. Selain beberapa faktor yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung dengan gejala-gejalanya, penderita asam lambung juga ditandai dengan hal-hal sebagai berikut :

  • Sering bersendawa
  • Perut tidak nyaman
  • Badan sering terasa lemas
  • Sistem imun menurun
  • Nafsu makan berkurang
  • Pencernaan terganggu

Dari beberapa faktor yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan gejala juga ditandai dengan hal-hal di atas, maka penderita asam lambung harus segera ditangani. Karena asam lambung juga bisa bertambah parah dan menjadi kronis, bahkan tidak jarang bisa terkena penyakit kanker lambung.

Cara mengobati asam lambung

Jika asam lambung naik, maka langkah yang harus dilakukan yaitu untuk segera mengobatinya untuk mengurangi rasa sakit akibat asam lambung. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati asam lambung yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Menggunakan baking soda

Baking soda bukan hanya untuk membuat kue saja, tetapi mampu menurunkan kadar asam lambung. Caranya dengan mencampurkan setengah sendok makan baking soda kedalam segelas air lalu meminumnya.

  • Menggunakan cuka apel

Cara membuat cuka apel hampir sama dengan menggunakan baking soda. Dengan memanfaatkan buah apel dengan dibuat cuka lalu dicampur dengan air dan diminum untuk mengatasi asam lambung.

  • Menggunakan madu

Manfaat madu memang sangat banyak untuk kesehatan, salah satunya dapat mengatasi asam lambung. Dengan mengkonsumsi madu secara langsung atau bisa dengan mencampurkan dengan minuman, akan membantu menurunkan kadar asam lambung yang naik.

  • Menggunakan air jahe

Air jahe bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam lambung, karena air jahe bisa menghangatkan tubuh dan menurunkan kadar asam lambung. Dengan merebus jahe lalu saring airnya dan diminum, bisa ditambah dengan sedikit madu.

  • Menggunakan apel merah

Apel merah memiliki kandungan yang mampu menurunkan asam lambung. Sehingga bisa mengatasi bahkan mengobati asam lambung.

  • Menggunakan bawang putih

Bawang putih selain sebagai bumbu masakan juga mampu mengatasi asam lambung. Caranya dengan dikunyah kemudian air sari bawang putih ditelan, sedangkan ampasnya bisa dibuang. Air sari bawang putih mampu menurunkan kadar asam lambung. Walaupun bau dan rasanya kurang enak, tapi manfaatnya ampuh menurunkan kadar asam lambung.

Selain dengan cara mengobati asam lambung seperti di atas, bisa juga dengan menggunakan obat asam lambung seperti antasid, anti-histamin, anti-kolinergik dan demulcent. Obat-obatan tersebut mampu membantu mengurangi iritasi dan mengobati asam lambung, secara fisik juga melindungi sel-sel dalam lambung.

Baca juga : obat asam lambung yang alami

Cara mencegah asam lambung

Selain mengobati, ada juga langkah penting lainnya untuk mengatasi masalah asam lambung, yaitu melakukan pencegahan. Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko naiknya kadar asam lambung, sehingga asam lambung bisa normal kembali.

Dengan mengatur pola makan dan menjalankan hidup sehat, maka kemungkinan naiknya kadar asam dalam lambung sangat kecil, sehingga resiko terserang penyakit asam lambung juga sangat kecil. Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol, mengurangi atau tidak mengkonsumsi minuman bersoda maupun kafein juga bisa mengurangi resiko terkena asam lambung.

Itulah beberapa cara untuk mencegah resiko naiknya asam lambung yang penting dilakukan. Maka dari itu, selain dengan mengobati, melakukan pencegahan memang penting dilakukan. Karena komplikasi akibat asam lambung sering terjadi seperti mengalami esofagitis, yaitu peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Pada kasusu yang lebih parah, penderita akan mengalami kesusahan dalam menelan makanan karena munculnya tukak.

Asam Lambung, Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegahannya | admin | 4.5