Bermasalah dengan Bau Mulut? Ketahui Penyebab, Cara Menghilangkan dan Mencegahnya

By On Sunday, June 5th, 2016 Categories : Penyakit

Bau mulut merupakan masalah umum yang dialami oleh setiap orang. Namun bau mulut menjadi masalah ketika kita sedang berhadapan langsung dengan orang lain dan ini menyebabkan rasa tidak percaya diri ketika sedang mengobrol, maka kondisi seperti ini akan membuat merasa tidak nyaman.

Ketika bau mulut, terutama bersumber dari dalam mulut atau bisa juga disebabkan oleh hal lain yang berasal dari bukan dalam mulut. Biasanya faktor lain penyebab bau mulut kalau tidak dari dalam mulut seperti berasal dari makanan yang dimakan atau bumbu makanan tertentu yang mempunyai bau yang tajam. Sehingga faktor tersebut juga menjadi penyebab masalah bau mulut.

Masalah lain seperti gigi yang berlubang dan membusuk, juga jadi salah satu penyebab bau mulut. Ini biasanya karena kurang merawat kebersihan gigi, sehingga timbul bau mulut. Kebersihan mulut juga harus diperhatikan, jika kebersihan mulut tidak baik tentu saja menjadi sumber utama bau mulut. Apabila tidak menggosok dengan bersih, maka sisa makanan akan membusuk dan menyebabkan bau mulut. Selain itu juga, bakteri akan bersarang dan menimbulkan masalah bau mulut juga.

bau mulut

bermasalah dengan bau mulut? ketahui penyebab, cara menghilangkan dan mencegahnya

Penyebab bau mulut

Penyebab bau mulut umumnya disebabkan karena penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Aroma bau tidak sedap umumnya muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri, kondisi ini biasa disebut mulut kering.

Bau mulut saat kadar air liur menurun biasanya dirasakan pada saat kondisi lapar atau sedang berpuasa. Pada saat pagi hari juga bau mulut akan terasa, ini karena produksi air liur pada saat tidur berhenti. Saat haus dan kurang minum tubuh akan kekurangan cairan yang memproduksi air liur dan proses pembersihan bakeri pada mulut berkurang.

Selain karena menurunnya kadar air liur, bau mulut juga disebabkan karena tidak menggosok gigi. Apabila kita tidak menggosok gigi minimal sehari 2 kali, maka sisa makanan akan memicu perkembangan bakteri dalam mulut dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Mengkonsumsi makanan dengan aroma bau yang tajam, karena dari bumbu makanan yang berbau menyengat juga penyebab bau mulut. Bumbu rempah biasanya memiliki aroma yang kuat. Selain penyebab bau mulut tersebut, hal lain yang dapat menyebabkan bau mulut juga bisa dikarenakan seperti hal-hal berikut ini :

  1. Merokok
  2. Mengkonsumsi alkohol
  3. Minum kopi
  4. Penyakit diabetes
  5. Gagal ginjal
  6. Gagal hati
  7. Asam lambung

Penyebab bau mulut seperti penyakit kronis biasanya berasal dari dalam tubuh dan keluar lewat mulut. Mulut akan bau akibat penyakit kronis yang diderita. Biasanya ini akan menyebabkan bau mulut yang lama sesuai penyakit kronis yang diderita. Itulah hal-hal yang dapat menyebabkan bau mulut dikarenakan suatu jenis penyakit.

Tips mencegah dan menghilangkan bau mulut

Setelah mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan bau mulut, maka selanjutnya bisa melakukan tips untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut. Ada beberapa tips mencegah bau mulut yang efektif bahkan juga dapat menghilangkan masalah bau mulut, yaitu sebagai berikut :

  • Menyikat gigi secara teratur

Sikatlah gigi setidaknya pagi dan sore minimal dua menit. Usahakan pada saat menyikat gigi seluruh bagian gigi, lidah, langit-langit mulut dan gusi dengan pasta gigi mengandung floride. Dengan begitu kondisi mulut akan terasa segar dan tidak bau.

  • Berkumur

Berkumurlah dengan cairan anti bakteri dan menggunakan benang untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Karena dengan menyikat gigi saja biasanya masih ada sisa-sisa makanan yang menempel pada sela gigi.

  • Minum cukup air

Minum cukup air secara teratur supaya kondisi mulut tetap lembab. Ini akan mencegah bau mulut karena mulut selalu lembab.

  • Kunyah permen karet

Dengan mengunyah permen karet akan menstimulasi kemunculan air liur, sehingga akan terhindar dari bau mulut. Kunyahlah permen karet yang yang bebas gula.

  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman penyebab bau mulut

Makanan dan minuman penyebab bau mulut biasanya memiliki aroma yang kuat dan menyengat. Ini akan menimbulakan bau mulut walaupun sudah menggosok gigi. Aroma yang ditimbulkan biasanya dari bumbu makanan yang mengandung rempah.

  • Memeriksakan gigi secara teratur

Periksalah gigi secara rutin setidaknya enam bulan sekali untuk mencegah penyakit gigi dan gusi penyebab bau mulut.

  • Jangan merokok

Merokok juga penyebab bau mulut, ini dikarenakan dari aroma tembakau. Berhentilah kebiasaan merokok untuk mencegah bau mulut dan penyakit lainnya.

Baca juga : cara menghilangkan bau mulut secara alami

Dengan melakukan tips pencegahan dan cara menghilangkan bau mulut di atas, senantiasa kita akan terhindar dari masalah bau mulut. Kita pun akan nyaman saat berkumpul dengan orang-orang untuk mengobrol. Lawan ngobrol kita juga akan merasa nyaman dan tidak terganggu apabila mulut tidak bau. Dengan demikian kita akan merasa percaya diri ketika ngobrol secara langsung dengan orang lain.

Dalam bersosialisasi dengan orang lain kita tidak lepas dari obrolan, pada saat berkumpul dengan teman-teman juga pasti tidak akan jauh dari masalah pembicaraan. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kondisi mulut kita agar tidak bau dan nafas tetap segar. Dengan melakukan pencegahan dan tips di atas, pasti kita akan terhindar dari masalah bau mulut. Namun lain halnya jika kita menderita penyakit kronis, bau mulut mungkin akan hilang jika kita sudah sembuh dari penyakit tersebut.

Bermasalah dengan Bau Mulut? Ketahui Penyebab, Cara Menghilangkan dan Mencegahnya | admin | 4.5