Cara yang Alami Mengobati Disentri dengan Cepat

By On Friday, May 13th, 2016 Categories : Obat

Cara alami mengobati disentri dapat dilakukan dengan menggunakan bahan dari buah dan sayuran maupun bahan alami lainnya. Dengan menggunakan bahan alami, maka resiko atau efek samping sangat kecil. Bahan yang digunakan juga mudah didapatkan dan melimpah.

Penyakit disentri yang merupakan jenis penyakit karena bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Masuknya bakteri tersebut biasanya melalui makanan yang dikonsumsi, makanan tersebut biasanya sudah terkontaminasi bakteri, sehingga menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan dan mengakibatkan penyakit disentri. Maka dari itu, dalam mengkonsumsi makanan sebaiknya diperhatikan kebersihannya terlebih dahulu.

Jika terserang penyakit disentri maka segera melakukan pengobatan, ini dikarenakan penyakit disentri merupakan jenis penyakit yang dapat menular kepada orang-orang disekitar. Ada beberapa cara untuk melakukan pengobatan terhadap disentri, bisa dengan menggunakan obat Dokter maupun memanfaatkan bahan alami. Namun, untuk mengurangi resiko terhadap efek samping pengobatan maka sebaiknya menggunakan cara yang alami. Cara yang alami disini dengan memanfaatkan bahan alami seperti buah dan sayuran.

cara alami mengobati disentri

cara yang alami mengobati disentri dengan cepat

Cara mengobati disentri secara alami dan aman

Ada beberapa cara yang dapat mengobati penyakit disentri, diantaranya dengan menggunakan bahan alami yang diolah atau diramu secara tradisional. Beberapa bahan alami yang diolah secara tradisional yang dikenal dapat mengobati penyakit disentri diantaranya sebagai berikut :

  1. Menggunakan bayam

Ramuan pertama menggunakan bahan dari sayuran bayam. Kita dapat memanfaatkan bayam untuk mengobati penyakit disentri, namun kita cukup memanfaatkan akarnya saja. Caranya yaitu akar bayam kita cuci terlebih dahulu, kemudian kita tumbuk sampai halus. Berikutnya ditambah sedikit garam, aduk sampai rata, lalu kita peras tumbukan akar bayam tadi dan kita ambil airnya. Minumlah air perasan tadi untuk mengobati penyakit disentri.

  1. Menggunakan daun sendok

Ramuan kedua menggunakan bahan tanaman daun sendok. Daun sendok dapat kita manfaatkan kasiatnya untuk mengobati penyakit disentri. Caranya yaitu dengan mencuci bersih daun sendok dan kita rebus, kemudian kita campurkan krokot, sambiloto dan kulit buah delima kedalam rebusan daun sendok tersebut. Setelah mendidih kita angkat dan saring airnya kemudian kita minum setelah dingin. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari untuk mengobati penyakit disentri.

  1. Menggunakan manggis

Ramuan ketiga menggunakan bahan dari buah manggis. Buah manggis kita manfaatkan kulitnya untuk mengobati penyakit disentri. Caranya yaitu kita ambil kulit manggis dan potong kecil-kecil, kemudian kita cuci sampai bersih. Setelah itu kita rebus kulit manggis tersebut sampai mendidih. Kita ambil air rebusannya dan kita minum dengan menambahkan madu. Minumlah air rebusannya sehari 2 kali untuk mengobati penyakit disentri.

  1. Menggunakan srikaya

Ramuan keempat menggunakan bahan dari buah srikaya. Buah srikaya juga bermanfaat untuk mengobati penyakit disentri, namun yang kita gunakan kulit buah srikaya. Caranya yaitu kupas srikaya dan ambil kulitnya, lalu cuci sampai bersih. Kemudian kita rebus kulit srikaya tersebut sampai mendidih, angkat dan dinginkan lalu saring ramuan tersebut. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari untuk mengobati penyakit disentri.

  1. Menggunakan pare

Ramuan kelima menggunakan bahan dari sayuran pare. Pare kita manfaatkan untuk mengobati penyakit disentri dengan cara dibuat jus. Selain kita jus pare tersebut, kita juga dapat memanfaatkan daunnya. Caranya yaitu dengan menjemur daun pare sampai kering, setelah kering kita tumbuk daun pare sampai halus. Kemudian kita seduh tumbukan tersebut dengan air panas. Minumlah ramuan tersebut 6 jam sekali dalam sehari untuk mengobati penyakit disentri.

  1. Menggunakan biji kemangi

Ramuan keenam menggunakan bahan biji kemangi. Biji kemangi kita rebus dengan air sampai mendidih, setelah mendidih kita angkat dan saring. Dinginkan air rebusannya, setelah dingin kita minum 3 kali sehari untuk mengobati penyakit disentri.

Baca juga : cara mengobati penyakit diare

Cara mengobati penyakit disentri secara medis

Penyakit disentri biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan. Namun kita harus tetap waspada dan mengetahui jenis penyakit disentri tersebut. Penyakit disentri ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4 – 7 hari. Untuk mengurangi resiko menular, maka segera melakukan tindakan pengobatan. Berikut ini ada cara mengobati penyakit disentri secara medis, yaitu :

  • Antibiotik

Dalam dunia medis, biasanya Dokter akan memberikan antibiotik pada penderita penyakit disentri. Pemberian antibiotik ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada didalam saluran pencernaan. Namun, dalam memberikan antibiotik sebaiknya jangan berlebihan.

  • Oralit

Oralit diberikan pada penderita disentri bertujuan menggantikan garam, glukosa, dan mineral. Karena pada saat terkena disentri, penderita akan kekurangan banyak cairan dalam tubuh yang disebabkan karena sering buang air besar dan banyak cairan yang keluar.

  • Mengkonsumsi makanan padat

Pada saat terkena penyakit disentri, sebaiknya segera mengkonsumsi makanan padat. Tetapi hindari makanan berlemak dan pedas. Sebagian besar pakar kesehatan berpendapat, bahwa mengkonsumsi makanan padat pada saat terkena disentri dapat membantu penyembuhan. Konsumsilah makanan padat dengan porsi kecil.

Penderita penyakit disentri biasanya disebabkan karena kurang menjaga kebersihan. Sebaiknya mulai dari sekarang untuk selalu menjaga kebersihan, dimulai dari diri kita sendiri dan lingkungan sekitar, juga harus rajin berolah raga. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kebersihan bahan makanan yang akan dikonsumsi. Tindakan pencegahan tersebut akan membuat kita terhindar dari penyakit disentri maupun jenis penyakit lainnya.

Cara yang Alami Mengobati Disentri dengan Cepat | admin | 4.5