Cara Mencegah Kanker Serviks yang Bisa Dilakukan Sejak Dini

By On Tuesday, May 31st, 2016 Categories : Obat

Cara mencegah kanker serviks dan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit kanker serviks dapat dilakukan dengan cara menghindari hubungan seksual pada usia muda. Bagi yang sudah punya pasangan seks, sebaiknya jangan bergonta-ganti pasangan seks Anda, karena tinggi resikonya terserang virus penyebab kanker.

Karena kanker serviks merupakan jenis penyakit kanker yang disebabkan oleh virus dan menyerang kaum wanita, maka bagi para wanita sebaiknya untuk selalu menjaga kebersihan dan kondisi kesehatan bagian organ intimnya. Caranya dengan memeriksakan kondisi bagian organ intimnya ke dokter. Namun, bagi wanita ketika menyangkut bagian organ intim biasanya merasa malu dan risi.

Mungkin kanker serviks tidak bisa dicegah, namun hanya bisa mengurangi resiko terjangkitnya saja. Sulit untuk melakukan pencegaha karena gejala awal kanker serviks saja sulit untuk diketahui, bahkan hampir tidak menunjukan gejala. Gejala akan dapat diketahui pada stadium selanjutnya dengan ditandai beberapa ciri, oleh karena itu pencegahan juga tidak bisa dilakukan. Maka, jika sudah terkena kanker serviks cukup sulit untuk sembuh total, kecuali jika penderita mau mengangkat tumor yang ada dirahimnya dengan resiko tidak akan mempunyai keturunan.

cara mencegah kanker serviks

cara mencegah kanker serviks yang bisa dilakukan sejak dini

Cara pencegahan kanker serviks yang perlu dilakukan

Agar tidak terserang penyakit memang harus adanya tindakan pencegahan, namun untuk kanker serviks memang sulit pencegahannya. Namun untuk mengurangi resiko terjangkit kanker serviks bisa dengan melakukan beberapa cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Rutin membersihkan organ intim

Dengan rutin membersihkan organ intim akan membuat rahim menjadi bersih dan sehat. Sehingga terhindar dari resiko terserangnya penyakit kanker serviks. Kita cukup rutin mengontrol bagian organ intim kita kepada dokter atau bisa juga dilakukan sendiri dengan menggunakan air bersih. Karena air bersih memiliki ph yang netral dan aman untuk organ intim. Jika organ intim kita selalu bersih juga bisa terhindar dari berbagai macam masalah penyakit tentang kewanitaan, termasuk kanker serviks.

  1. Setia pada pasangan seks

Untuk orang yang sudah memiliki pasangan seks sebaiknya memang harus setia pada pasangannya. Karena dengan borgonta-ganti pasangan seks akan memicu terserang penyakit seks, seperti HIV, dan juga beresiko terkena virus HPV (Human Papilloma Virus), dimana virus ini merupakan penyebab kanker serviks. Memiliki satu pasangan seks juga harus benar pada saat berhubungan intim. Saat ini sudah banyak pasangan suami istri yang melakukan hubungan intim dengan cara yang asal-asalan, sehingga akan menimbulkan masalah pada bagian organ intim.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat juga berpengaruh untuk pencegahan kanker serviks. Karena makanan merupakan sumber dari segala penyakit. Jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya, kemungkinan kita akan terserang penyakit. Kanker serviks juga salah satu penyebabnya berasal dari makanan. Makanan yang wajib dikonsumsi untuk mencegah dan mengurangi resiko terserangnya kanker serviks yaitu buah dan sayuran. Karena buah dan sayuran memang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, dan salah satunya bisa mencegah dan mengurangi terkena kanker serviks.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Olahraga rutin merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan berolahraga secara rutin akan memperlancar metabolisme dalam tubuh, jika metabolisme dalam tubuh kita baik maka akan mempersulit perkembangan sel kanker, sehingga kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker serviks.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi resiko terserang penyakit kanker serviks.

Baca juga : tanda-tanda kanker serviks

Makanan yang dapat mencegah kanker serviks

Makanan memang salah satu faktor yang menyebabkan kanker serviks, yaitu makanan yang diragukan akan kebersihan dan kesehatannya. Namun, ada beberapa macam makanan yang dapat mencegah terjangkitnya kanker serviks, bahkan mengobati, yaitu sebagai berikut :

  • Kubis atau kol

Kubis atau kol merupakan sayuran yang memiliki banyak kankdungan penting untuk menghambat perkembangan sel kanker, seperti lupeol, sinigrin, I3C, Sulforaphae, dan DIM. Untuk mencegah kanker serviks kita bisa mengkonsumsinya secara mentah, tapi dicuci dahulu sampai bersih.

  • Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi, bahkan mencapai lebih dari 25 macam nutrisi. Kandungan yang bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker serviks seperti glutation yang mampu melawan radikal bebas. Asam oleat yang terkandung didalamnya juga mampu melindungi dari resiko kanker serviks.

  • Brokoli

Brokoli merupakan satu-satunya sayuran yang memilik kandungan kalsium setara dengan segelas susu. Brokoli juga memiliki banyak nutrisi, seperti folat atu vitamin B9 yang mampu mengurangi tingkat pertumbuhan sel kanker, yaitu kanker serviks.

  • Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang mampu menghindari resiko kanker serviks. Kandungan antioksidanya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Cokelat

Cokelat mampu menghilangkan stres dan juga banyak mengandung vitamin serta lemak. Beberapa kandungan terbesarnya seperti fenilalanin, asam amono triptofan, serta tyrosin dan juga mengandung nutrisi flavonoid. Kandungan tersebut fungsinya mampu menghindari dari resiko pemicu kanker, yaitu radikal bebas.

Selain yang telah disebutkan di atas, ada berbagai macam makanan lagi yang mampu mencegah resiko terserangnya kanker serviks, seperti teh hijau, buah berry, tomat, wortel, minyak zaitun, mengkudu, sirsak, bayam, durian, nangka, serta tanaman herbal yang bahkan bisa mengobati kanker serviks.

Jika cara pencegahan di atas dilakukan, maka kemungkinan terserang kanker serviks sangat kecil. Namun kembali pada diri kita masing-masing, karena faktor terjangkit kanker serviks salah satunya juga dari faktor genetik atau keturunan. Rubahlah gaya hidup yang tidak sehat dan bagi yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol maka tinggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Cara Mencegah Kanker Serviks yang Bisa Dilakukan Sejak Dini | admin | 4.5