Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa yang Efektif

By On Thursday, June 16th, 2016 Categories : Obat

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa dilakukan pada saat sahur dan buka puasa. Pada saat makan sahur, sehabis makan sebaiknya menggosok gigi, begitu juga ketika sudah berbuka puasa. Maka masalah bau mulut saat menjalankan puasa bisa diatasi.

Bau mulut merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak orang, apalagi pada saat berpuasa. Bau mulut saat puasa memang wajar dan umum dialami oleh orang yang sedang berpuasa. Menahan haus dan lapar ketika berpuasa menyebabkan mulut menjadi bau, karena kondisi perut kosong dan mulut kering. Pada saat kondisi mulut kering dengan produksi air liur yang sedikit, maka akan menyebabkan bau mulut saat puasa.

Terjadinya bau mulut saat sedang berpuasa memang biasa dan wajar. Orang yang sedang berpuasa pasti akan mengalami masalah bau mulut. Itu disebabkan karena orang yang berpuasa menahan rasa haus dan lapar dalam waktu lama. Penyebab bau mulut saat puasa bukan hanya itu saja, bisa juga disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi pada saat sahur, tidak menggosok gigi sehabis makan sahur, menderita suatu penyakit, dan juga masih banyak lagi faktor yang dapat menyebabkan masalah bau mulut saat puasa.

cara menghilangkan bau mulut saat puasa

cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang efektif

Cara efektif menghilangkan bau mulut saat puasa

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bau mulut ketika sedang berpuasa sangatlah banyak. Namun bisa diatasi dengan melakukan pencegahan terhadap timbulnya masalah bau mulut. Berikut ini ada tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Menggosok gigi

Pada saat  sehabis makan sahur, sebaiknya menggosok gigi agar sisa makanan tidak menempel dan menyelip pada gigi. Karena sisa makanan bisa menyebabkan bau mulut jika tidak dibersihkan. Saat berbuka puasa juga, sehabis makan jangan lupa untuk membersihkan mulut dan gigi. Menggosok gigi ketika sehabis makan sahur dan buka puasa bisa mencegah dan menghilangkan terjadinya bau mulut saat puasa.

  1. Bersiwak

Siwak berfungsi menjaga kesehatan gigi dan mulut, juga mencegah bau mulut. Dalam menjalankan ibadah puasa, bersiwak boleh-boleh saja, tidak membatalkan puasa. Karena dalam Islam juga bersiwak sangat dianjurkan. Gunakan siwak pada saat sahur dan berbuka puasa juda pada saat menjalankan puasa untuk mencegah bau mulut.

  1. Berkumur

Berkumur sehabis makan sahur dan buka puasa berfungsi menghilangkan sisa makanan. Jika sisa makanan masih menempel dan menyelip pada gigi dapat mengakibatkan bau mulut. Berkumur untuk menghilangkan sisa makanan bisa menggunakan air putih biasa atau obat kumur. Selain bau mulut hilang, juga nafas menjadi segar ketika sedang berpuasa.

  1. Minum air putih

Perbanyaklah minum air putih diwaktu berbuka sampai sahur. Sehingga pada saat berpuasa tubuh tidak akan banyak kekurangan cairan. Cairan dalam tubuh jika berkurang akan menyebabkan dehidrasi juga masalah bau mulut. Jika kekurangan cairan, mulut menjadi kering dan menyebabkan timbulnya bau mulut. Dengan minum cukup air putih pada waktu buka puasa sampai sahur, maka masalah bau mulut saat sedang puasa akan hilang.

  1. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan banyak mengandung vitamin mampu menghilangkan masalah bau mulut. Vitamin yang terkandung didalam buah-buahan juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin didalam tubuh, sehingga tubuh tidak akan banyak kekurangan cairan saat puasa. Konsumsilah buah-buahan pada saat sehabis buka puasa sampai waktu sahur.

  1. Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat, kandungan zat aktif pada teh hijau mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut didalam mulut. Mengkonsumsi teh hijau sebelum tidur dapat mengatasi bau mulut, dan menyegarkan nafas ketika bangun tidur. Konsumsi juga pada saat sehabis makan sahur dan buka puasa. Maka bau mulut akan hilang pada saat menjalankan puasa.

Cara diatas bisa dilakukan pada saat sahur dan buka puasa, unutk menghilangkan masalah bau mulut pada saat puasa. Dengan selalu menjaga kebersihan mulut juga dapat mencegah masalah bau mulut. Kelembaban serta kebersihan mulut jika selalu dijaga juga mampu mencegah timbulnya masalah bau mulut saat puasa.

Selain cara diatas, bisa juga menggunakan cara menghilangkan bau mulut secara alami. Dengan menggunakan bahan yang alami dan tanpa efek samping. Seperti mengunyah beras, mampu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh makanan penyebab bau mulut. Menggunakan kopi hitam, susu kental manis, ketumbar, jeruk nipis, kayu manis, kencur, dan bahan alami lainnya yang mampu menghilangkan masalah bau mulut.

Baca juga : tips mengatasi bau mulut saat puasa

Pencegahan bau mulut

Cara mencegah agar bau mulut tidak terjadi, maka ketahui dulu penyebabnya. Pencegahan bisa dilakukan dengan selalu menjaga kondisi kelembaban mulut, minum cukup air, hindari makanan dan minuman penyebab bau mulut, berhenti merokok jika punya kebiasaan merokok, memriksakan kondisi gigi secara teratur, dan menggosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari.

Namun, jika masalah bau mulut yang dialami disebabkan oleh suatu penyakit yaitu penyakit kronis. Maka cara mencegahnya perlu mengatasi penyakit yang diderita terlebih dahulu. Pergilah ke dokter untuk mengkonsultasikan keadaan masalah bau mulut akibat suatu penyakit. Biasanya dokter akan mengobati dan menyarankan untuk kondisi bau mulut akibat penyakit, yaitu penyakit kronis.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa yang Efektif | admin | 4.5