Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami yang Efektif

By On Tuesday, June 7th, 2016 Categories : Tips

Cara menghilangkan bau mulut secara alami bisa dengan menggunakan bahan herbal disekitar kita yang bisa kita manfaatkan dan dilakukan sendiri di rumah. Bahan-bahan tersebut juga tentunya aman dan nyaman serta mudah didapatkan, sehingga masalah bau mulut cepat teratasi.

Bau mulut memang masalah yang umum dialami oleh setiap orang, namun akan terasa mengganggu apabila kita sedang berhadapan dengan orang lain. Pada saat kumpul ngobrol dengan teman, tentu kita merasa tidak nyaman dan mengganggu. Begitu juga teman kita yang sedang mengobrol dengan kita, pasti akan merasa sangat terganggu dengan bau mulut kita.

Penyebab bau mulut memang begitu banyak sebabnya, maka perlu diketahui penyebab dan bagaimana cara menghilangkan bau mulut tersebut. Ada cara alami yang bisa menghilangkan bau mulut, yaitu dengan bahan-bahan yang alami juga. Selain dengan cara selalu menjaga kebersihan mulut, cara alami ini aman dan mudah kita lakukan. Untuk melakukannya pun kita bisa lakukan sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke dokter spesialis. Namun, jika masalah bau mulut yang disebabkan oleh penyakit maka perlu menangani penyakit tersebut.

cara menghilangkan bau mulut secara alami

cara menghilangkan bau mulut secara alami yang efektif

Cara menghilangkan bau mulut dengan cara alami

Menghilangkan atau mengatasi masalah bau mulut bisa dilakukan dengan cara alami dan efektif. Ada beberapa cara atau tips menghilangkan bau mulut secara efektif dengan cara yang alami, yaitu dengan memanfaatkan bahan yang alami juga. Cara tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Menjaga mulut tetap lembab

Kelembaban mulut jika selalu dijaga maka bau mulut tidak akan terjadi. Caranya dengan selalu minum air, karena air dapat meningkatkan kadar air liur didalam mulut. Sehingga mulut akan terjaga kelembabanny dan terbebas dari bau mulut. Dengan mengunyah permen karet juga dapat mengatasi bau mulut. Mengunyah permen karet juga dapat merangsang produksi air liur. Kunyahlah permen karet yang rendah gula.

  1. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah yang mengandung vitamin dan kadar air yang banyak dapat membantu mulut kita terhindar dari bau mulut. Seperti mengkonsumsi jeruk yang kaya akan vitamin C, vitamin C yang terkandung didalam jeruk mampu memenuhi kebutuhan vitamin didalam tubuh kita, sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan. Nanas juga bisa kita gunakan dengan cara di jus. Mengkonsumsi jus jeruk dan nanas sebelum tidur, pada saat bangun tidur akan membuat bangun tidur dengan napas yang segar dan terhindar dari bau mulut.

  1. Mengunyah beras

Beras merupakan kebutuhan yang selalu kita konsumsi dengan dijadikan nasi, yaitu sebagai makanan pokok kita. Namun, apakan Anda tahu bahwa beras dapat menghilangkan bau mulut. Caranya mudah, cukup dengan mengunyahnya maka bau mulut yang disebabkan karena habis memakan makanan yang memicu bau mulut akan hilang. Kunyahlah beras kemudian berkumur dengan air bersih, bau mulut akan hilang seketika.

  1. Minum susu kental manis

Susu selain tinggi kalsium, ternyata mampu menghilangkan bau mulut. Susu kental manis mengandung banyak kalsium juga merupakan sumber kalsium. Selain baik bagi tubuh dan tulang kita, susu kental manis ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Caranya mudah sekali, cukup dengan menyeduh susu kental manis dengan segelas air hangat, kemudian kita minum. Maka bau mulut akan hilang setelah meminum susu kental manis.

  1. Kopi hitam

Kopi yang baru ditumbuk, dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Caranya cukup dengan sedikit kopi hitam bubuk yang baru ditumbuk, kemudian kita makan dan kunyah. Setelah itu bisa berkumur untuk menghilangkan ampas kopinya. Dipercaya dengan menggunakan kopi hitam dapat menghilangkan bau mulut.

  1. Green tea

Teh hijau banyak sekali manfaatnya, salah satuny bisa menghilangkan bau mulut. Teh hijau mampu melindungi gigi dari kerusakan dengan cara menghilangkan palak dan membunuh bakteri. Sehingga mampu menghilangkan bau mulut. Dengan cara meminum teh hijau setiap hari dua sampai tiga gelas cangkir, maka mampu menghilangkan bau mulut.

  1. Ketumbar

Ketumbar mampu menghilangkan bau napas tidak sedap dan bau mulut. Caranya dengan merebus ketumbar, kemudian saring airnya. Minumlah air saringan ketumbar tersebut. Maka bau mulut yang tidak sedap akan hilang.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis yanng kaya akan vitamin ternyata mampu juga untuk menghilangkan masalah bau mulut. Dengan memeras air jeruk nipis dan dicampur sedikit madu, kemudian kita minum. Maka bau mulut akan segera hilang setelah rutin meminum air perasan jeruk nipis.

  1. Kayu manis

Khasiat kayu manis yang sudah dikenal sebagai obat, bermanfaat juga untuk menghilangkan bau mulut. Caranya dengan menyeduh kayu manis didalam teh hangat kemudian meminumnya. Minumlah dua kali sehari.

  1. Kencur

Tanaman obat yang satu ini selain bermanfaat untuk pengobatan, ternyata dapat menghilangkan bau mulut. Kencur bisa kita rebus dengan air, kemudian ambil air rebusan kencur tersebut. Minumlah air rebusan kencur sebelum tidur, lakukan rutin selama seminggu. Maka bau mulut akan hilang setelah meminum air rebusan kencur secara rutin.

Baca juga : tips mencegah bau mulut yang efektif

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami. Bila kita rajin dan rutin menjaga kebersihan mulut, maka masalah bau mulut tidak akan terjadi. Rajin menggosok gigi dan rutin sehari minimal dua kali, maka senantiasa mulut akan selalu bersih dan tidak bau.

Bau mulut merupakan masalah yang umum terjadi dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa disebabkan oleh bakteri, makanan, bahkan ada yang disebabkan oleh suatu jenis penyakit. Untuk itu, perlu adanya tindakan pencegahan untuk mengatasi masalah bau mulut tersebut. Namun, jika yang disebabkan oleh penyakit, maka penyakit tersebut perlu diatasi atau diobati terlebih dahulu.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami yang Efektif | admin | 4.5