Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap yang Efektif

By On Tuesday, June 14th, 2016 Categories : Obat

Cara menghilangkan bau mulut tak sedap yang dialami banyak orang bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan efektif. Karena bau mulut merupakan masalah bagi kebanyakan orang dan membuatĀ  tidak nyaman, maka perlu adanya tindakan bagaimana cara mengatasinya.

Bau mulut juga merupakan suatu masalah umum yang memang kebanyakan orang merasa tidak nyaman jika mengalami bau mulut. Terutama pada saat mengobrol, tentu rasa tidak nyaman akan timbul akibat bau mulut. Penyebab bau mulut sendiri biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti bakteri, penyakit, makanan, kurang menjaga kebersihan dalam mulut karena malas menggosok gigi, dan lain sebagainya.

Cara yang tepat untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan melakukan pencegahan. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan cara rajin menjaga kondisi kebersihan mulut. Menggosok gigi minimal dua kali sehari, menjaga kelembaban mulut, menghindari mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut, dan juga yang lainnya. Selain pencegahan, bisa juga dengan berkonsultasi ke dokter spesialis gigi, jika memang perlu. Jika tidak demikian maka masalah bau mulut akan bertambah dan menimbulkan bau yang tak sedap.

cara menghilangkan bau mulut tak sedap

inilah cara menghilangkan bau mulut tak sedap yang efektif

Cara efektif menghilangkan bau mulut tak sedap

Bau mulut merupakan masalah umum yang dialami banyak orang, siapa saja pasti pernah mengalaminya, dan tentu sangat membuat tidak nyaman. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau mulut tak sedap, yaitu :

  1. Menggosok gigi

Dengan rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari, maka masalah bau mulut bisa dicegah. Namun, pada saat menggosok gigi sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar, jangan terlalu agresif, karena bisa saja menghancurkan enamel yang membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Saat menggosok gigi perlu juga menggosok bagian lidah, bila perlu menggunakan benang gigi juga untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip diantara sela-sela gigi. Karena menggosok gigi saja tidak cukup menjangkau kesemua bagian gigi. Dengan rutin melakukan cara tersebut, maka masalah bau mulut akan hilang.

  1. Berkumur

Gunakan obat kumur setiap bangun tidur, kumurlah menggunakan obat kumur anti bakteri. Bisa juga berkumur menggunakan air putih biasa, untuk menjaga kondisi mulut tetap lembab. Karena kelembaban mulut jika selalu terjaga, maka bakteri penyebab bau mulut tidak akan berkembang. Sehingga masalah bau mulut akan bisa hilang dengan berkumur. Berkumur juga akan mempengaruhi produksi air liur, sehingga kondisi mulut tidak akan kering dan bakteri juga akan berkurang serta plak yang menempel pada gigi akan berkurang.

  1. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan yang banyak mengandung air bisa mengurangi timbulnya bau mulut. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kadar airnya tinggi, maka kondisi mulut akan selalu lembab dan terbebas dari masalah bau mulut. Konsumsilah buah yang kadar airnya tinggi seperti jeruk, apel, lemon, strawbery, pir, dan buah lainnya. Buah yang mengandung vitamin C juga bisa mencegah bau mulut, karena kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan bau mulut. Dengan mengkonsumsi buah-buahan, maka bau mulut dapat dicegah, karena cara menghilangkan bau mulut secara alami ini sangat efektif.

  1. Mengunyah permen karet

Bakteri penyebab bau mulut yang ada didalam mulut akan mati oleh air liur, jika sering mengunyah permen karet, maka akan meningkatkan produksi air liur didalam mulut. Beberapa jenis permen karet juga bisa menutupi bau mulut dengan aroma permen karet yang segar. Kunyahlah permen karet yang rendah gula, juga jangan mengunyah permen karet rasa mint, karena mint tidak mendorong produksi air liur.

  1. Gunakan bahan alami

Beberapa bahan alami dapat mengatasi masalah bau mulut. Bahan alami juga aman digunakan untuk menghilangkan bau mulut, juga tanpa efek samping. Beberapa bahan alami yang mampu menghilangkan masalah bau mulut seperti ketumbar, daun sirih, kayu manis, kencur, dan bahan alami lainnya yang bisa menghilangkan bau mulut. Selain aman dan tanpa efek samping, bahan alami juga mudah didapatkan. Gunakan bahan alami untuk mengatasi masalah bau mulut.

  1. Hindari makanan penyebab bau mulut

Mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut pasti akan menyebabkan timbulnya bau mulut. Maka dari itu, hindarilah makan makanan yang menyebabkan bau mulut. Makan makanan penyebab bau mulut tersebut seperti jengkol, pete, makanan dengan bumbu rempah yang berbau menyengat, dan makanan lainnya yang menyebabkan bau mulut.

  1. Berhenti merokok

Bagi para perokok, maka kurangilah merokok bila perlu berhentilah merokok. Karena kebiasaan merokok merupakan penyebab bau mulut. Selain menyebabkan bau mulut, merokok juga dapat menyebabkan penyakit lain. Maka dari itu, berhentilah kebiasaan merokok. Ganti kebiasaan merokok dengan mengkonsumsi yang lainnya, yang tidak menyebabkan bau mulut maupun penyakit lainnya.

Baca juga : tips menghilangkan bau mulut secara efektif

Beberapa cara menghilangkan bau mulut tak sedap diatas bisa dilakukan dirumah dengan mudah dan efektif. Selain cara tersebut, masih banyak lagi cara yang efektif menghilangkan bau mulut. Cara yang paling ampuh dengan melakukan pencegahan sebelum mengalami bau mulut.

Bau mulut bisa diatasi dengan mudah jika kita bisa melakukan pencegahan. Rajinlah menggosok gigi secara rutin, dan juga selalu menjaga kebersihan kondisi mulut. Maka masalah bau mulut akan hilang. Namun, jika bau mulut yang disebabkan oleh penyakit kronis, maka segeralah konsultasi kepada dokter untuk menanganinya. Karena bau mulut yang disebabkan oleh penyakit tidak bisa langsung ditangani, harus menangani penyakit tersebut terlebih dahulu.

Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap yang Efektif | admin | 4.5