Cara Mengobati Penyakit Diare dengan Cepat dan Mudah

By On Monday, April 25th, 2016 Categories : Obat

Cara mengobati penyakit diare bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara alami maupun kimiawi. Namun, cara yang mudah dan aman menggunakan bahan pengobatan yang herbal dan alami, yaitu menggunakan daun jambu biji. Selain mudah didapatkan juga mudah dalam cara mengolahnya.

Penyakit diare adalah penyakit dimana penderita akan mengalami buang air besar secara terus menerus, ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan. Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami diare, bahkan ada yang gampang sekali terkena penyalit diare. Jika parah, diare bisa berujung kepada dehidrasi karena kekurangan banyak cairan dan berpotensi merenggut nyawa penderitanya.

Sebagian besar penderita diare sembuh setelah beberapa hari tanpa melakukan pengobatan. Pada orang dewasa biasanya diare sembuh setelah 2-4 hari, sedangkan penyakit diare pada anak bisa berlangsung lebih lama, yaitu 5-7 hari. Sebaiknya kenali gejala penyakit diare agar dapat segera diobati. Diare biasanya ditandai dengan gejala seperti sakit perut, seriang buang air besar, mual, muntah, nafsu makan berkurang, demam tinggi, kram pada bagian perut, terkadang ada darah pada tinja.

cara mengobati penyakit diare

cara mengobati penyakit diare dengan cepat dan mudah

Cara mudah mengobati penyakit diare

Setelah kita mengetahui tanda dan gejala penyakit diare, sebaiknya kita langsung menanganinya dan melakukan pengobatan. Cara mengobati penyakit diare yang mudah bisa dengan bahan-bahan dan cara sebagai berikut :

  1. Menggunakan oralit

Oralit yaitu cairan khusus diare yang dapat digunakan untuk meredakan atau mengurangi cairan didalam fases penderita diare.

  1. Minum air putih dengan elektrolit

Elektrolit adalah zat yang ada didalam air dan bermanfaat untuk menghindari tubuh dari dehidrasi dan kekurangan cairan. Sayangnya tidak semua air mineral mengandung banyak elektrolit.

  1. Makan yogurt

Yogurt adalah makanan yang bisa membunuh bakteri penyebab diare. Didalam yogurt terdapat bakteri baik yang bisa membunuh bakteri jahat yang ada didalam tubuh.

  1. Kaldu dicampur dengan garam

Kaldu yang dicampur dengan garam bisa mengatasi diare, dengan mencampurkan air kaldu dengan garam, kemudian mengaduknya dan diminum. Sebelum meminumnya, hirup dalam-dalam aroma kaldu tersebut.

  1. Kompres perut dengan air hangat

Pada saat diare, penderita diare akan merasakan sakit perut, untuk menghilangkan dan meredakannya, bisa mengompres perut dengan air hangat.

  1. Rebusan daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan flavonoid yang bisa mengatasi diare. Cairan didalam fases dikurangi sedikit demi sedikit oleh zat flavonoid yang terkandung didalam daun jambu biji.

  1. Teh chamomile

Teh chamomile juga mengandung zat flavonoid yang bisa mengurangi cairan didalam fases. Anda bisa mengkonsumsinya dengan menyeduh teh atau menggunakan kantong teh chamomile yang bisa didapatka dimana saja.

  1. Mengkonsumsi sereal

Sereal yang terbuat dari tepung tapioka bermanfaat untuk mengatasi diare, karena tepung tapioka mengadung serat yang bisa mengobati diare.

  1. Mengkonsumsi blueberry

Pilihlah blueberry yang kering untuk mengobati diare. Bukan hanya buahnya, akarnya juga dapat mengobati diare, dengan cara merebus akarnnya dan meminum air rebusannya yang ditambahkan dengan garam.

  1. Biji fenugreek

Biji fenugreek telah diteliti dan ternyata bermanfaat bisa mengobati diare. Namun pengobatan diare menggunakan biji fenugreek hanya untuk orang dewasa saja, anak-anak sebaiknya jangan.

  1. Kulit jeruk

Kulit jeruk organik bisa mengobati diare, bisa Anda lakukan dengan merebusnya dan minumlah air rebusannya, boleh ditambah dengan madu.

  1. Mengkonsumsi pisang

Pisang mengandung potasium yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat kita terkena diare. Pisang juga mempunyai tekstur yang lembut sehingga gampang dicerna.

  1. Nasi putih dan kentang tumbuk

Nasi putih dan kentang tumbuk merupakan makanan yang tidak banyak mengandung serat, sehingga mudah dicerna. Ketika makan jangan campurkan maupun menambahkan makanan lain, terutama yang mengandung lemak.

  1. Saus apel

Sama halnya dengan pisang, apel juga gampang dicerna. Tetapi, kandungan serat tinggi serta tekstur kasar akan semakin mengganggu sistem usus yang sedang lemah. Oleh sebab itu, mengolah apel menjadi saus apel adalah pilihan yang tepat.

  1. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah cara mengatasi diare yang paling ampuh.

  1. Istirahat

Pada saat diare Anda akan bolak balik ke kamar mandi, segeralah ambil waktu untuk beristirahat.

  1. Jangan mengkonsumsi makanan ini

Pada saat diare, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari, seperti olahan susu kecuali yogurt, makanan yang mengandung banyak minyak, kafein, makanan dengan kandungan gula tinggi, makanan asam.

  1. Minum obat

Minum obat adalah cara tepat mengatasi diare, kita tinggal memilih obat diare yang cocok dengan tubuh, banyak tersedia di apotek-apotek.

Baca juga : bakteri penyebab penyakit diare

Meskipun diare merupakan penyakit yang mudah disembuhkan, tetapi jangan menganggap remeh. Banyak kasus kesehatan yang menyebabkan kematian dikarenakan menderita penyakit diare. Karena diare merupakan penyakit yang bisa memicu penyakit yang lebih serius, bahkan bisa sampai merenggut nyawa penderitanya.

Penyakit diare juga bukan hanya berdampak bagi penderita saja, tetapi juga bisa berpotensi menyebar atau menular. Oleh kareni itu, sebaiknya kita mencegahnya mulai dari kontak pertama hingga penyebarannya. Cara pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan mencuci tangan sebelum makan, jangan memakan makanan yang kebersihannnya diragukan, menjaga kebesihan lingkungan terutama pada air yang digunakan dan dikonsumsi setiap harinya.

Cara Mengobati Penyakit Diare dengan Cepat dan Mudah | admin | 4.5