Cara Mengobati Penyakit Maag yang Efektif dan Mudah Dilakukan

By On Saturday, April 23rd, 2016 Categories : Obat

Cara mengobati penyakit maag yang mudah dilakukan dan efektif tanpa obat dari Dokter, namun tidak banyak yang tahu dan mau melakukannya. Caranya begitu mudah dengan hanya menggunakan bahan alami dan herbal yang ada disekitar kita, seperti memanfaatkan tanaman obat, buah dan sayuran.

Penyakit maag merupakan jenis penyakit yang terjadi pada gangguan lambung. Hampir semua orang pernah mengalaminya, namun banyak orang yang menganggap sepele jika menderita sakit maag. Bermula dengan maag ringan yang bisa mereda dengan sendirinya. Akan tetapi jika menderita sakit maag dibiarkan saja tanpa melakukan tindakan pengobatan, bisa jadi maag yang diderita akan bertambah parah dan menjadi akut bahkan kronis.

Penyakit maag yang dibiarkan begitu saja dapat bersifat akut atau kronis, apabila disertai dengan adanya bakteri yang masuk kedalam dan hidup didalam dinding lambung. Sehingga penderita akan mengalami gejala seperti muntaber dan radang lambung. Peradangan lambung biasanya dapat mereda dengan sendiri apabila bakteri dan bibit-bibit penyakit didalam lambung sudang mati dan hilang. Maka dari itu perlu waspada dan mengetahui gejala-gejala yang timbul akibat penyakit maag.

cara mengobati penyakit maag yang efektif

cara mengobati penyakit maag yang efektif dan mudah dilakukan

Gejala dan penyebab penyakit maag

Pada saat menderita sakit maag, gejala yang ditimbulkan biasanya mengalami rasa sakit pada bagian lambung dan hulu hati yang disertai rasa mulas dan perih. Namun, biasanya rasa nyeri dan perih tersebut secara tiba-tiba akan hilang dengan seketika.

Gejala penyakit maag sebenarnya terjadi karena peningkatan asam lambung. Meningkatnya kadar asam dalam lambung sendiri disebabkan oleh makanan, yaitu jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Penyakit maag sangat umum ditemukan di masyarakat, hal ini dikarenakan cenderung dalam pola makan dan mengatur waktu makan yang tidak benar.

Setelah mengetahui dari beberapa gejala penyakit maag, maka kemungkinan sakit maag yang diderita disebabkan oleh berbagai faktor. Penting juga untuk mengetahui penyebab dari penyakit maag, karena dengan mengetahuinya maka dapat diobati dan dicegah. Berikut ini ada beberapa penyebab penyakit maag yang bisa diketahui, yaitu :

  1. Bakteri Helicobacter
  2. Stress yang berlebihan
  3. Kurang istirahat atau tidur
  4. Pola makan yang tidak teratur
  5. Kebiasaan merokok dan kafein
  6. Penggunaan kokain dan minuman beralkohol
  7. mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka panjang

Dari beberapa gejala dan penyebab penyakit maag yang telah diketahui di atas, maka selanjutnya dapat melakukan tindakan pengobatan. Ada beberapa obat penyakit maag yang bisa digunakan untuk mengobati sakit maag selain obat dari Dokter, seperti memanfaatkan bahan alami dan herbal maupun buah dan sayuran.

Cara mengobati penyakit maag dengan mudah dan alami

Setelah gejala dan penyebab penyakit maag diketahui, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengobatan terhadap penyakit maag yang diderita. Berikut ini ada beberapa cara mengobati penyakit maag yang mudah dilakukan dengan menggunakan bahan yang alami, yaitu :

  • Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat yang dikenal sebagai obat penyakit perut, salah satunya dapat mengobati penyakit maag. Caranya dengan memarut lalu peras hingga keluar air atau sari kunyitnya, kemudian minum air perasan kunyit tersebut. Minumlah 2 kali sehari pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur.

  • Daun jambu biji

Daun jambu biji selain dapat digunakan untuk menyembuhkan diare, ternyata dapat juga menyembuhkan penyakit maag. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus daun jambu biji dan kemudian minum air rebusannya. Minumlah 3 kali sehari, yaitu pagi, siang dan sore hari.

  • Temulawak

Tanaman obat yang satu ini selain banyak manfaatnya dapat juga menyembuhkan penyakit maag. Dengan cara iris tipis-tipis temulawak lalu diangin-anginkan, rebus dan minum air rebusan temulawak tersebut. Minumlah 1 kali sehari cukup 1 gelas.

  • Lidah buaya

Manfaat dan khasiat lidah buaya selain memanajngkan dan mencegah kerontikan rambut, ternyata dapat juga mengobati penyakit maag. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengupas kulitnya dan bersihkan lendirnya lalu rebus sampai lidah buahnya matang, minum air rebusan lidah buaya tersebut 1 kali sehari.

  • Kedelai

Kedelai ternyata juga dapat menyembuhkan penyakit maag, caranya dengan menyangrai kedelai lalu haluskan dan seduh dengan air panas, kemudian minumlah seduhan air kedelai tersebut secara teratur.

  • Alpukat dan pisang

Alpukat juga merupakan buah yang bisa menyembuhkan penyakit maag, dengan cara langsung dimakan atau dijus. Mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat menyembuhkan penyakit maag. Pisang juga yang banyak mengandung kalium bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar asam dalam lambung. Pisang juga mampu menormalkan darah akibat stress.

  • Jeruk nipis

Salah satu manfaat dari jeruk nipis yaitu dapat menyembuhkan penyakit maag. Caranya dengan menggunakan perasan air jeruk nipis dicampur dengan air hangat dan ditambahkan madu. Minumlah air perasan jeruk nipis tersebut secara teratur dan rutin.

  • Brokoli

Brokoli juga dikenal sebagai jenis sayuran yang dapat membantu mengobati penyakit maag. Brokoli mengandung antioksidan yang melindungi lapisan kulit lambung, sehingga dengan mengkonsumsi brokoli akan membantu mengobati sakit maag.

Baca juga : jenis penyakit maag dan obatnya

Itulah beberapa jenis bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit maag. Pada dasarnya penyakit maag dapat diatasi dengan melakukan pencegahan seperti mengatur pola makan, banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, hindari stress dengan rutin berolahraga dan cukup istirahat, menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Cara Mengobati Penyakit Maag yang Efektif dan Mudah Dilakukan | admin | 4.5