Ketahui Ciri-ciri Penyakit Maag Kronis Secepat Mungkin

By On Sunday, June 19th, 2016 Categories : Penyakit

Ciri-ciri penyakit maag kronis yang perlu diketahui agar tidak terlalu menganggap remeh jika menderita penyakit maag. Karena kebanyak orang biasanya acuh bila menderita penyakit maag. Menganggap rasa sakit akibat penyakit maag akan hilang dengan sendirinya.

Penyakit maag merupakan jenis penyakit yang dapat kambuh lagi jika tidak menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Maka dari itu, perlunya mengetahui ciri-ciri penyakit maag sangat penting. Penyakit maag kronis biasanya ditandai dengan rasa yang amat sakit pada bagian perut, ini disebabkan karena adanya luka didalam lambung. Luka tersebut yang menjadikan bertambah parahnya penyakit maag.

Ada juga tanda penyakit maag yaitu ditandai sesuai dengan jenis penyakit maag yang dideritanya. Penyakit maag ringan biasanya tidak menimbulkan gejala dan tanda khusus. Namun beda dengan penyakit maag yang sudah kronis, biasanya tanda akan muncul dan dirasakan oleh penderitanya. Begitu juga penyakit maag akut, tanda dan gejala akan begitu dirasakan bagi yang menderita sakit maag. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui tanda dan gejala peyakit maag untuk menghindari resiko bertambah parahnya penyakit maag yang diderita.

ciri-ciri penyakit maag kronis

ketahui ciri-ciri penyakit maag kronis secepat mungkin

Ciri-ciri penyakit maag kronis yang umum

Pada umumnya, penyakit maag kronis ditandai dengan rasa nyeri yang amat sangat pada bagian perut. Sedangkan jenis penyakit maag sendiri ada banyak dan ditandai dengan gejala yang hampir sama. Namun, perlu diketahui lebih lanjut ciri-ciri dari penyakit maag kronis yang ditandai dengan hal-hal berikut ini :

  1. Rasa nyeri pada perut dan ulu hati
  2. Adanya luka pada lambung
  3. Mual dan muntah
  4. Sakit kepala
  5. Nafsu makan berkurang
  6. Pendarahan pada lambung
  7. Tubuh menjadi lemas
  8. Turunnya berat badan
  9. Muntah disertai darah
  10. Kembung
  11. Buang air besar disertai darah
  12. Sering bersendawa

Beberapa ciri-ciri penyakit maag kronis yang ditandai dengan hal-hal diatas, perlu segera mendapat penanganan dan pengobatan. Jika tidak ditangani dan diobati, maka bisa berakibat memicu terjadinya penyakit kanker lambung. Jadi jangan menganggap enteng jika menderita sakit maag.

Baca juga : gejala penyakit maag kronis

Penyebab maag kronis

Setelah mengetahui ciri dan gejala serta tada penyakit maag kronis, perlu diketahui juga penyebab penyakit maag kronis. Faktor yang menyebabkan penyakit maag kronis ada banyak, yang paling berpengaruh memicu terjadinya penyakit maag yaitu pola makan yang tidak teratur.

Selain pola makan yang tidak teratur, juga ada lagi beberapa faktor peneyebab penyakit maag kronis. Penyebab penyakit maag kronis tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Bakteri

Bakteri penyebab penyakit maag kronis yaitu helicobacter pylori. Bakteri ini biasanya akan menginfeksi lambung yang kemudian mengakibatkan adanya luka pada lambung. Makanan yang kita konsumsi biasanya yang menyebabkan masuknya bakteri ini ke dalam tubuh, lalu akan menginfeksi organ tubuh seperti lambung. Sehingga menjadi penyebabnya penyakit maag yang kronis.

  • Makanan

Makanan yang menyebabkan penyakit maag kronis harus dihindari, seperti makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan pedas dan asam, jenis makanan seperti itu memicu timbulnya produksi asam didalam lambung meningkat tinggi. Maka dari itu, makanan penyebab penyakit maag kronis harus dihindari. Juga pola makan yang tidak teratur menyebabkan kambuhnya penyakit maag.

  • Kebiasaan

Kebiasaan buruk yang menyebabkan terkena penyakit maag kronis perlu dihindari, seperti kebiasaan mengkonsumsi alkohol, minuman bersoda, merokok. Kebiasaan buruk seperti itu perlu dihindari dan dihentikan. Gantilah kebiasaan buruk yang menyebabkan penyakit maag kronis dengan kebiasaan lain yang lebih baik dan sehat.

  • Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat akan menyebabkan terserang penyakit maag kronis. Selain menyebabkan penyakit maag kronis, gaya hidup yang tidak sehat juga memicu jenis penyakit lainnya. Rubahlah gaya hidup yang tidak sehat menjadi gaya hidup yang sehat dan positif.

  • Obat-obatan

Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu menimbulakan penyakit maag yang diderita semakin parah. Seperti menjalani suatu pengobatan sebuah penyakit, dengan mengkonsumsi obat akan memicu timbulnya penyakit maag kronis. Jadi selama menjalani pengobatan jika menderita sakit maag, maka hindari mengkonsumsi obat dalam jangka panjang yang memicu bertambah parahnya penyakit maag.

  • Stress

Stress berkepanjangan juga merupakan salah satu yang mengakibatkan tambah parahnya penyakit maag yang diderita. Maka hindarilah terjadinya stress pada saat menderita penyakit maag, sehingga penyakit maag yang diderita tidak akan bertambah parah menjadi maag kronis.

Penyebab penyakit maag kronis tersebut bisa hindari dengan cara melakukan pencegahan. Pencegahan agar penyakit maag tidak kambuh dan bertambah parah. Caranya dengan mengatur pola makan. Selain penyebab penyakit maag kronis diatas, penyebab lain seperti penggunaan kokain, kelainan autoimmune, suatu penyakit, dan yang lainnya yang memicu penyakit maag bertambah parah.

Jika penyakit maag yang Anda derita mengalami ciri dan tanda serta gejala yang semakain parah, maka segeralah pergi ke dokter guna melakukan tindakan dan pengobatan secepatnya. Karena semakin parah penyakit maag yang diderita akan memicu terjadinya penyakit kanker lambung. Penting juga melakukan pencegahan agar penyakit maag yang diderita tidak kambuh dan bertambah parah. Pola makan yang teratur dan hidup sehat sangat berpengaruh untuk mencegah bertambah parahnya penyakit maag.

Ketahui Ciri-ciri Penyakit Maag Kronis Secepat Mungkin | admin | 4.5