Kenali Ciri dan Tanda Kanker Payudara Sejak Dini

By On Friday, June 3rd, 2016 Categories : Penyakit

Ciri dan tanda kanker payudara memang penting diketahui supaya bisa melakukan pencegahan sedini mungkin. Bagi para wanita, kanker payudara umum menyerang kalian. Maka dari itu, sangat penting mengetehui ciri dan tanda maupun gejala kanker payudara sedini mungkin.

Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang mematikan setelah kanker serviks yang menyerang kaum wanita. Kanker payudara akan berkembang dengan cepat dan tak terkendali jika kita tidak mengetahui gejala maupun ciri dan tanda kanker payudara. Karena sel kanker payudara dapat menyerang sel disekitar payudara jika sudah ke tahap stadium lanjut.

Beberapa kasus menunjukan bahwa penderita kanker payudara berakhir dengan kematian, namun tidak banyak juga yang sembuh tetapi dengan kondisi cacat pada bagian payudara. Ini disebabkan karena pengangkatan tumor yang ada pada payudara. Jika tumor tidak segera diangkat maka tumor akan berkembang membesar dan menjadi ganas, sel tumor juga akan menyerang bagian tubuh lain yang ada disekitar payudara. Maka dari itu, tindakan pencegahan juga pengobatan sangt penting dilakukan.

ciri dan tanda kanker payudara

kenali ciri dan tanda kanker payudara sejak dini

Ciri dan tanda kanker payudara yang perlu diketahui

Ada beberapa ciri dan tanda kanker payudara yang perlu diketahui. Untuk mengurangi resiko terkenanya kanker payudara, maka ketahuilah gejala maupun ciri dan tanda-tandanya. Berikut ini beberapa ciri dan tanda kanker payudara, yaitu :

  1. Benjolan disekitar payudara

Benjolan disekitar payudara biasanya ciri atau tanda awal yang harus diperhatikan. Benjolan ini biasanya berada didaerah ketiak atau sekitar payudara. Pada sekitar payudara juga akan mengalami penebalan kulit. Benjolan tersebut biasanya terasa keras, bersifat tetap pada payudara namun tidak mudah dibedakan. Benjolan tersebut juga hanya ada satu tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya, dan benjolan akan disertai dengan keluarnya cairan.

  1. Penebalan kulit sekitar payudara

Jika terdapat benjolan disekitar payudara, biasanya kulit juga akan terasa tebal. Ini merupakan ciri dan tanda kanker payudara. Penebalan kulit payudara dibawah ketiak juga perlu diwaspadai, karena penebalan kulit tidak hanya pada bagian payudara saja.

  1. Perubahan ukuran dan bentuk payudara

Jika ada keanehan dalam salah satu bentuk payudara Anda, maka perlu diwaspadai karena ini merupakan ciri dan tanda kanker payudara. Ini merupakan tanda yang umum yang sering terjadi. Tidak hanya bentuk, ukuran payudara juga menjadi tanda yang umum dan perlu diwaspadai.

  1. Kerutan disekitar payudara

Apabila ada kerutan disekitar payudara, maka perlu diwaspadai. Karena ini ciri dan tanda kanker payudara. Kerutan biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, namun jika terkena kanker payudara kerutan pada payudara juga bisa Anda alami. Payudara normal biasanya tidak memiliki kerutan, namun kerutan tanda kanker bisa dirasakan dengan tangan. Permukaan biasanya terasa kasar dan spesifik pada daerah kulit payudara tertentu.

  1. Puting susu mengeluarkan cairan

Bagi wanita yang sedang menyusui biasanya puting susu akan mengeluarkan ASI. Namun perlu diwaspadai jika puting susu mengeluarkan cairan yang berbeda. Cairan ini biasanya berwarna putih bening dan agak kental. Jika kanker payudara sudah parah, maka cairan yang keluar akan berwarna kecoklatan dan bercampur darah.

  1. Terasa nyeri pada bagian payudara

Pada saat Anda mengalami menstruasi maupun ketika sedang hamil, payudara akan terasa nyeri. Namun jika mengalami nyeri pada bagian payudara ketika tidak sedang menstruasi atau hamil, maka perlu diwaspadai karena ini tanda kanker payudara. Rasa nyeri biasanya tidak kunjung hilang.

  1. Payudara membengkak dan nampak kemerhan

Selain benjolan, payudara juga biasanya akan membengkak dan nampak kemerahan. Ini juga perlu diwaspadai karena salah satu ciri dan tanda kanker payudara. Namun pembengkakan tidak seperti benjolan, pembengkakan akan terasa lunak dan kulit sekitar payudara biasanya memerah.

  1. Puting susu masuk kedalam

Puting susu yang normal dan umum biasanya timbul. Namun jika salah satu puting susu ada yang masuk kedalam, maka waspadalah. Ini merupakan tanda dari kanker payudara. Perlu diperhatikan juga tandanya, karena pada saat payudara mengecil, biasanya puting susu juga akan ikut mengecil, tapi puting susu yang normal biasanya akan sejajar dengan kulit payudara.

  1. Payudara terasa gatal

Ciri dan tanda lain yaitu disekitar payudara akan terasa gatal. Gatal ini akan terasa tiba-tiba kemudian seketika menghilang dan tidak mengganggu. Namun dalam sekala besar rasa gatal akan terus terasa dan terasa menggangu.

  1. Kulit payudara bersisik dan terasa sakit

Pada kulit bagian sekitar payudara juga biasanya ditandai dengan adanya semacam sisik dan terasa sakit. Maka perlu diwaspadai karena ini merupakan tada kaker payudara. Kulit yang bersisik jika diraba biasanya akan terasa sakit, maka sebaiknya jangan sampai dikelupas, ini akan menimbulkan sesuatu yang fatal.

  1. Ruam pada puting susu

Ruam biasanya terjadi hanya pada bagian puting susu saja. Tanda ini merupakan kanker payudara, maka segeralah melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui kondisi selanjutnya.

Baca juga : obat herbal kanker payudara

Itulah beberpa dari gejala maupun ciri dan tanda kanker payudara. Adapun gejala lanjut kanker payudara biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada tulang, mual, nafsu makan berkurang, berat badan menurun, penyakit kuning, sesak nafas, sakit kepala yang tidak kunjung sembuh, batuk, penglihatan ganda dan otot melemah.

Jika sudah demikian, maka tindakan setelah mengetahui gejala dengan ciri dan tanda-tanda di atas, maka segeralah melakukan tindakan pengobatan dan pencegahan terhadap kanker payudara. Selain itu juga, penting untuk mengetahui penyebab kanker payudara tersebut, karena dengan mengetahui penyebabnya juga dapat menentukan tindakan pengobatan juga pencegahan seperti apa yang harus dilakukan.

Kenali Ciri dan Tanda Kanker Payudara Sejak Dini | admin | 4.5