Faktor Penyebab Terjadinya Kanker Serviks pada Wanita

By On Thursday, May 26th, 2016 Categories : Penyakit

Faktor penyebab kanker serviks dapat disebabkan oleh faktor alamiah, kebersihan, dan faktor pilihan. Secara umum kanker serviks disebabkan oleh virus yang menyerang bagian organ intim karena kurangnya menjaga kebersihan pada daerah organ intim kewanitaan, sehingga bagian intim akan mudah terinfeksi virus dan menyebabkan kanker.

Kanker serviks yang merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang kaum wanita, memang disebabkan oleh banyak hal, dan biasanya kanker serviks pada wanita tidak bisa diketahui gejala awalnya. Maka dari itu memang sulit mendeteksi apakah terserang penyakit kanker serviks atau tidak. Salah satu upaya yang harus dilakukan dengan cara melakukan tindakan pencegahan.

Mungkin memang tidak ada cara untuk pencegahan penyakit kanker serviks tersebut. Namun, kita bisa mengurangi resiko terjangkitnya kanker serviks, dengan cara rutin mengontrol kondisi bagian organ intim kewanitaan ke Dokter. Sebagian besar kaum wanita memang risi jika melakukan pemeriksaan yang berhubungan dengan organ intimnya. Namun ini cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terserangnya penyakit kanker serviks. Selain itu juga merubah pola hidup yang tidak baik dan meninggalkan kebiasaan buruk juga dapat mengurangi resikonya.

faktor penyebab kanker serviks

faktor penyebab terjadinya kanker serviks pada wanita

Faktor penyebab kanker serviks

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kanker serviks dengan gejala masing-masing. Namun, sulit untuk mengetahui gejala awal kanker serviks karena gejala akan muncul dan dapat diketahui setelah kanker serviks menginjak pada stadium slanjutnya. Berikut ini faktor yang menyebabkan kanker serviks, yaitu :

  1. Faktor alamiah

Faktor yang secara alami terjadi pada seseorang dan memang kita tidak dapat mencegahnya. Usia diatas 40 tahun merupakan faktor alamiah yang tidak bisa kita cegah. Semakin tua seorang wanita maka semakin tinggi kemungkinannya terkena kanker serviks. Tetapi bukan hanya wanita yang sudah berumur saja, yang berusia muda pun bisa terkena kanker serviks. Tentunya kita tidak bisa mencegah proses terjadinya penuaan. Akan tetapi kita bisa melakukan upaya-upaya lainnya untuk mencegah meningkatnya resiko kanker serviks.

  1. Faktor kebersihan

Keputihan yang sering dibiarkan terus menerus tanpa diobati. Ada dua macam keputihan, yaitu keputihan yang normal. Keputihan yang normal umumnya lendir berwarna bening, tidak berbau, dan tidak gatal. Jika salah satu dari tanda-tanda keputihan normal tidak terpenuhi, maka keputihan sudah dikatakan tidak normal. Segeralah pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi apabila mengalami keputihan yang tidak normal. Penyakit menular seksual juga merupakan faktor kebersihan yang berpengaruh terjangkitnya kanker serviks. Membasuh organ intim dengan air yang tidak bersih juga berpengaruh.

  1. Faktor pilihan

Faktor pilihan ini mencakup hal-hal yang bisa ditentukan sendiri, seperti berhubungan seksual di usia muda, gonta-ganti pasangan seks, akan meningkatkan resiko penularan penyakit kelamin, termasuk virus HPV (Human Papilloma Virus).

Faktor yang mempengaruhi meningkatnya resiko kanker serviks

Setelah mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker serviks, ada juga beberapa faktor yang dapat mempengaruhi meningkatnya resiko kanker serviks, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Aktivitas seksual terlalu dini

Melakukan hubungan seksual pada umur terlalu dini akan beresiko meningkatkan kanker serviks, karena bisa terinveksi HPV (Human Papilloma Virus).

  • Gonta-ganti pasangan seksual

Memiliki banyak pasangan seksual juga dapat meningkatkan resiko terinfeksi HPV (Human Papilloma Virus).

  • Merokok

Wanita yang merokok sangat beresiko dua kali lipat, karena bahan kimia yang berbahaya dari tembako yang menyebabkan timbulnya kanker pada leher rahim.

  • Melahirkan anak

Jika seorang wanita makin banyak anak dan sering melahirkan, maka resikonya makin tinggi untuk terserang kanker serviks.

  • Minum pil KB lebih dari lima tahun

Mengkonsumsi pil KB dalam jangka panjang akan meningkatkan resiko dua kali lipat mengalami kanker serviks. Meski hal ini masih belum jelas alasannya.

Cara pengobatan kanker serviks

Setelah mengetahui gejala dan penyebabnya, tentu langkah berikutnya yaitu melakukan pengobatan juga pencegahan. Ada beberapa cara pengobatan penyakit kanker serviks yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Pengobatan secara medis

Ada beberapa cara mengobati kanker serviks secara medis, yaitu operasi, radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, dan terapi gen.

  • Pengobatan secara alami

Pengobatan secara alami biasanya menggunakan bahan dari tanaman obat, sayuran, dan buah-buahan. Bahan-bahan tersebut yang bermanfaat bisa mengobati penyakit kanker yaitu menggunakan daun cermai muda, daun dan bunga tanaman benalu, wortel, daun tapak dara, kunyit putih, mengkudu, dan sarang semut.

Baca juga : gejala umum kanker serviks

Pencegahan kanker serviks

Pencegahan kanker serviks mungkin tidak bisa dilakukan, akan tetapi ada beberapa hal yang dapat mengurangi resiko terjangkitnya kanker serviks. Berikut ini berapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjangkit kanker serviks, yaitu :

  • Menjalani pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi
  • Menjaga kesehatan tubuh dengan sering berolag raga
  • Hindari pembersihan pada saat membersihkan bagian organ intim dengan air kotor
  • Hentikan kebiasaan merokok, jika Anda perokok
  • Hindari hubungan seksual pada usia dini
  • Setia pada pasangan seksual Anda, jangan bergonta-ganti pasangan seksual
  • Lakukan pemeriksaan pap smear minimal dua tahun sekali, khususnya yang telah aktif melakukan hubungan seksual
  • Rutin memeriksakan kondisi organ intim sejak dini, jika yang belum pernah melakukan hubungan seksual, ada baiknya melakukan vaksinasi HPV (Human Papilloma Virus)
  • Memperbanyak mengkonsumsi sayuran yang kandungan beta karotennya cukup banyak

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjangkit kanker serviks. Jika sudah terkena kanker serviks stadium lanjut, langkah yang bisa dilakukan yaitu melakukan pengangkatan kanker dengan cara pembedahan atau operasi. Selain pembedahan atau operasi, pada stadium berikutnya bisa dengan cara kemo atau radioterapi.

Faktor Penyebab Terjadinya Kanker Serviks pada Wanita | admin | 4.5