Gejala Awal Kanker Serviks yang Perlu Diketahui, Pencegahan dan Pengobatannya juga

By On Wednesday, May 25th, 2016 Categories : Penyakit

Gejala awal kanker serviks sangat sulit diketahui, bahkan hampir tidak menunjukan gejala yang khas pada stadium awal. Gejala akan dapat diketahui dan muncul ketika kanker serviks menginjak pada stadium lanjut. Oleh sebab itu, banyak penderita yang tidak menyadari pada awal menderita kanker serviks.

Kanker serviks merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang kaum wanita. Kanker jenis ini menyerang pada bagian leher rahim wanita, sehingga sering dikenal juga sebagai kanker leher rahim. Gejala awal yang ditimbulkan oleh kanker serviks memang sulit diketahui, namun gejala umum kanker serviks ditandai dengan pendarahan pada bagian organ intim, adanya darah pada urin, dan mengalami pembengkakan pada salah satu kaki.

Meskipun gejala awal kanker serviks sulit diketahui, akan lebih baik jika melakukan tindakan pencegahan sedini mungki dengan rutin memeriksakan keadaan bagian organ intim ke Dokter. Langkah ini salah satu bentuk pencegahan sebelum terlambat dan terjangkit penyakit kanker serviks. Bagi para wanita biasanya merasa risi untuk memeriksakan keadaan bagian organ intimnya, padahal ini demi kebaikan dan langkah pencegahan sebelum terserang kanker serviks.

gejala awal kanker serviks

gejala awal kanker serviks yang perlu diketahui, pencegahan dan pengobatannya juga

Gejala awal pada kanker serviks

Pada saat menderita kanker serviks, gejala awal yang ditimbulkan memang sulit diketahui karena tidak ada keluhan dan tidak memiliki gejala yang khusus. Pada stadium lanjut kanker serviks baru akan menunjukan gejala dan tanda-tandanya. Namun, gejal kanker serviks dapat diketahui dengan tanda-tanda sebagai berikut :

  1. Adanya darah dalam urin
  2. Penurunan berat badan
  3. Nyeri pada tulang
  4. Bengkak pada salah satu kaki
  5. Selera makan berkurang
  6. Bermasalah saat buang air kecil
  7. Perubahan kebiasaan saat buang air besar dan kecil
  8. Rasa nyeri pada punggung dan samping yang disebabkan pembengkakan pada ginjal

Biasanya kanker serviks pada stadium lanjut baru akan menunjukan gejala dengan ditandai mengalami nyeri panggul, pendarahan pada bagian organ intim setelah senggama, pendarahan diluar haid, mengalami keputihan yang abnormal yang ditandai dengan bau yang tidak enak dan berwarna kekuning-kuningan dan bercampur dengan darah.

Kanker serviks juga disebabkan karena adanya beberapa faktor, seperti faktor genetik atau keturunan, dan juga faktor lingkungan. Faktor lingkungan sangat berpengaruh dalam penyebaran penyakit kanker. Seperti gaya hidup yang tidak sehat, pola makan tidak teratur, virus, bakteri, polusi, radikal bebas,  dan gelombang elektromagnetik serta radiasi. Itu semua merupakan faktor penyebab kanker serviks yang sangat berpengaruh.

Pencegahan kanker serviks

Pencegahan kanker serviks mungkin tidak bisa kita dilakukan, namun masih bisa mengurangi resiko terserang kanker serviks dengan cara pemberian vaksinasi. Namun pemberian vaksinasi terhadap penderita kanker serviks ini masih tergolong mahal.

Karena kanker serviks menyerang para kaum wanita, sebaiknya untuk para kaum wanita harus selalu menjaga kesehatan tubuh dan rutin memeriksakan kondisi bagian intim kewanitaannya ke Dokter. Selain itu juga harus merubah gaya hidup yang tidak sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk bagi yang memilikinya, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol juga hindari berhubungan seks pada usia dini dan seks bebas.

Baca juga : obat herbal kanker serviks

Cara pengobatan kanker serviks

Untuk mengobati kanker serviks ada beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Pengobatan secara medis

Ada beberapa cara mengobati kanker serviks secara medis, yaitu operasi, radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, dan terapi gen.

  • Pengobatan secara alami

Pengobatan secara alami biasanya menggunakan bahan dari tanaman obat, sayuran, dan buah-buahan. Bahan-bahan alami yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk mengobati kanker serviks seperti menggunakan daun cermai muda, daun dan bunga tanaman benalu, wortel, daun tapak dara, kunyit putih, mengkudu, dan sarang semut.

Pengobatan kanker serviks meliputi beberapa cara seperti diatas yaitu terapi, operasi pengangkatan, radioterapi, dan kemoterapi. Pengobatan kanker serviks tahap pertama biasanya dengan melakukan operasi pengangkatan rahim. Pengobatan kanker serviks tahap kedua tergantung ukuran tumornya, bila ukuran tumor tidak melebihi 4 cm, maka disarankan melakukan pengobatan dengan cara radioterapi, dengan atau tanpa kemo. Tingkatan stadium juga menentukan pengobatan kanker, tergantung pada beberapa faktor.

Komplikasi biasanya sering terjadi pada penderita kanker serviks. Komplikasi bisa muncul sebagai akibat langsung dari kanker atau efek samping dari pengobatan yang dilakukan. Komplikasi ringan biasanya ditandai dengan adanya pendarahan kecil pada organ intim dan sering buang air kecil. Sedangkan komplikasi berat ditandai dengan terjadinya pendarahan yang parah bahkan sampai gagal ginjal. Harapan hidup penderita kanker serviks bisa ditentukan oleh diagnosis stadium kanker serviks yang diterima.

Stadium kanker serviks bertahap dari satu sampai empat yang menggambarkan tingkat perkembangan dan penyebaran kanker. Angka harapan hidup setidaknya lima tahun setelah di diagnosis kanker serviks. Maka dari itu, kanker serviks merupakan jenis penyakit kanker yang sangat ditakuti oleh para wanita dan juga merupakan jenis kanker yang dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu kanker serviks sering dikenal dengan sebutan the silent killer.

Meskipun gejala awal kanker serviks sulit diketahui, akan tetapi jika melakukan tindakan pencegahan sejak dini maka akan dapat mengurangi resiko terserang kanker serviks. Bagi para kaum wanita sebaiknya sesering mungkin memeriksakan kondisi organ intimnya ke Dokter. Merubah pola hidup yang tidak sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk. Lakukanlah perubahan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih, selalu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebersihan organ intim, jangan sungkan dan merasa risi untuk memeriksakan kondisi organ intim kepada Dokter.

Gejala Awal Kanker Serviks yang Perlu Diketahui, Pencegahan dan Pengobatannya juga | admin | 4.5