Gejala Penyakit Kanker, Penyebab, Obat dan Cara Mencegahnya

By On Thursday, May 19th, 2016 Categories : Penyakit

Gejala penyakit kanker pada stadium awal memang tidak bisa dirasakan. Namun, pada tahapan yang lebih lanjut gejala akan muncul. Biasanya ditandai dengan pembesaran atau pembengkakan yang tidak biasa. Pembesaran atau pembengkakan terjadi karena menyerang sel dan tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali.

Penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, karena kanker merupakan jenis penyakit yang mematikan, selain penyakit jantung. Dari sekian banyaknya kasus, beberapa penderitanya bisa sembuh, namun tidak sedikit pula yang meninggal akibat penyakit kanker. Karena kanker menyerang sel dan dapat tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali.

Hampir sebagian besar orang yang menderita kanker tidak menyadari gejala awal yang ditimbulkan. Wajar saja, karena pada stadium awal kanker tidak menunjukan gejala dengan tanda-tandanya. Pada stadium yang lebih lanjut baru akan terlihat dan ditandai dengan gejala-gejalanya. Pentingnya mengetahui gejala penyakit kanker sejak dini sangatlah dianjurkan, untuk itu jangan sungkan pergi ke Dokter guna memeriksakan kondisinya. Sebagian orang juga banyak yang acuh, baru akan sadar jika sudah terserang penyakit kanker pada tahap stadium lanjut.

gejala penyakit kanker

gejala penyakit kanker, penyebab, obat dan cara mencegahnya

Gejala penyakit kanker secara klinis

Gejala dari penyakit kanker pada stadium awal memang sulit diketahui. Dari sekian banyak jenis penyakit kanker juga memiliki gejala yang berbeda-beda. Namun secara umum, gejala klinis penyakit kanker dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  1. Gejala lokal

Pembesaran atau pembengkakan yang tidak biasa, pendarahan, rasa sakit, dan tukak lambung. Kompresi jaringan sekitar bisa menyebabkan gejala jaundis (kulit dan mata yang menguning).

  1. Gejala pembesaran

Pembesaran kelenjar getah bening, batuk, hemoptisis, pembesaran hati, rasa sakit pada tulang, fraktur pada tulang-tulang yang terpengaruh, dan gejala-gejala neurologis. Walaupun pada penyakit kanker tahap lanjut menyebabkan rasa sakit, namun itu bukan gejala awalnya.

  1. Gejala sistemik

Berat badan turun, nafsu makan berkurang secara signifikan, kelelahan dan kurus kering, keringat berlebihan pada saat tidur malam, anemia, fenomena paraneoplastik tertentu yaitu kondisi spesifik yang disebabkan kanker aktif seperti trombosis dan perubahan hormonal.

  1. Gejala angiogenesis

Gejala ini merupakan interaksi antara sel tumor, sel stromal, sel endotelial, fibroblas, dan matriks ekstraseluler. Pada kanker, biasanya terjadi penurunan konsentrasi senyawa penghambat pertumbuhan pembuluh darah baru, seperti trombospondin, angiostatin, dan ekspresi berlebih faktor proangiogenik.

  1. Gejala migrasi sel tumor

Gejala ini ditandai dengan degradasi matriks ekstraseluler, jaringan ikat yang menyangga struktur sel oleh enzim MMP.

Secara umum juga penyakit kanker ditandai dengan penurunan berat badan, mengalami demam, ada bintik putih pada lidah, rasa nyeri, nafsu makan menurun, serta adanya luka yang tidak kunjung sembuh dan biasanya berbau. Maka dari itu, ketahui gejalanya sejak sedini mungkin.

Penyebab penyakit kanker

Mengetahui penyebab penyakit kanker memang sangat penting, karena kita bisa mengantisipasi timbulnya penyakit kanker. Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja, hampir semua tingkatan umur dapat terserang penyakit kanker. Berikut ini ada dua faktor yang umum menyebabkan penyakit kanker, yaitu :

  • Faktor genetik atau keturunan

Faktor ini memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit kanker. Untuk faktor genetik memang sulit diatasi. Pada umumnya faktor genetik tidak akan berkembang apabila kita bisa menjalani gaya hidup sehat, dan menjaga pola makan.

  • Faktor lingkugan

Faktor lingkungan sangat mempengaruhi dalam penyebaran penyakit kanker. Faktor lingkungan tersebut meliputi gaya hidup, pola makan, virus dan bakteri, polusi, radikal bebas, ketidakseimbangan hormonal, kejiwaan dan emosional, gelombang elektromagnetik, dan radiasi.

Faktor penyebab penyakit kanker yang sangat mempengaruhi penyebarannya yaitu faktor lingkungan. Karena dari gaya hidup yang tidak sehat sangat mungkin terserang penyakit kanker. Pola makan yang tidak diatur juga sangat bisa, karena makanan merupakan penyebab berbagai macam penyakit masuk.

Pencegahan penyakit kanker

Untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker, kita memang harus melakukan pencegahan. Dari sekian banyak kasus penyakit kanker, kebanyakan dikarenakan faktor lingkungan. Seperti gaya hidup, apabila bisa dikendalikan, maka resiko terserang penyakit kanker kecil kemungkinannya.

Dengan menghindari kebiasaan gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi makanan yang berlebihan, mengkonsumsi alkohol. Namun tidak semua faktor lingkungan dapat dikendalikan, misalnya radiasi matahari, dan kasus kanker karena faktor keturunan. Oleh karenanya tidak semua kasus penyakit kanker dapat dicegah. Namun, jika ada kemauan yang kuat maka bisa melakukan pencegahan.

Baca juga : macam-macam penyakit kanker

Cara mengobati penyakit kanker

Dalam dunia medis, penyakit kanker bisa diobati dengan alat-alat medis yang sudah canggih. Obat-obatan dari dokter juga sudah banyak untuk penyakit kanker. Namun, ada beberapa cara pengobatan penyakit kanker, yaitu sebagai berikut :

  1. Pengobatan secara medis
  • Operasi atau pembedahan
  • Radioterapi
  • Kemoterapi
  • Imunoterapi
  • Terapi gen
  1. Pengobatan secara alami
  • Menggunakan daun cermai muda
  • Menggunakan daun dan bunga benalu
  • Menggunakan wortel
  • Menggunakan daun tapak dara
  • Menggunakan kunyit putih
  • Menggunakan mengkudu
  • Menggunakan keladi tikus
  • Menggunakan buah dan daun sirsak
  • Menggunakan daun dewa
  • Menggunakan sarang semut

Pengobatan kanker tergantung pada jenis dan tingkatan kanker tersebut. Pengobatan dengan cara medis mungkin membutuhkan biaya lebih. Bagi yang kurang mampu, biasanya akan melalukan pengobatan secara alami atau alternatif. Sebelum terserang penyakit kanker, alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan.

Rubahlah pola hidup yang tidak sehat muali dari sekarang. Dengan melakukan pola hidup yang sehat, kita akan selalu terhindar dari penyakit kanker maupun penyakit lainnya. Pola makan kita juga sebaiknya jangan sembarangan, konsumsilah makanan yang bersih, sehat dan higienis. Rajin-rajinlah berolah raga, karena dengan tubuh yang sehat kemungkinan terserang penyakit kanker maupun penyakit jenis lainnya sangat sedikit.

Gejala Penyakit Kanker, Penyebab, Obat dan Cara Mencegahnya | admin | 4.5