Inilah Jenis Bakteri yang Menyebabkan Penyakit Diare

By On Saturday, April 30th, 2016 Categories : Penyakit

Jenis bakteri penyebab penyakit diare mungkin ada banyak jenisnya, ribuan jenis organisme yang dapat menginfeksi saluran pencernaan dan menjadi penyebab penyakit diare. Dari ribuan jenis bakteri, yang umum ditemui dalam kasus diare, ada empat jenis bakteri saja.

Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang umum ditemukan, penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, parsit, maupun virus. Bakteri penyebab diare biasanya menyerang saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan didalam tubuh menjadi tidak normal yang kemudian mengakibatkan penyakit diare. Bakteri biasanya akan masuk dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri jika dikonsumsi akan mengakibatkan saluran pencernaan terganggu. Bakteri akan merusak sistem pencernaan dan menginfeksinya, seperti menginfeksi usus sehingga terserang diare. Bakteri merupakan jenis organisme yang berukuran sangat kecil, sehingga tidak dapat dilihat secara kasat mata. Maka dari itu, untuk menghindari terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti penyakit diare, jangan mengkonsumsi makanan yang kebersihannya diragukan.

jenis bakteri yang menyebabkan diare

inilah jenis bakteri yang menyababkan penyakit diare

Jenis bakteri penyebab penyakit diare

Dari ribuan jenis organisme bakteri, ada empat jenis yang umum ditemui dalam kasus penyebab diare. Jenis bakteri ini yang umum menyebabkan dan menginfeksi saluran pencernaan seperti usus sehingga menyebabkan diare. Beberapa jenis bakteri tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Campylobacter

Jenis bakteri ini merupakan salah satu bakteri yang dapat menginfeksi manusia dan hewan, khususnya unggas. Jika terinfeksi bakteri campylobacter biasanya tidak langsung menyerang manusia, tetapi melalui perantara berupa makanan. Seperti daging yang dimasak kurang matang, produk-produk susu dan keju yang tidak dipasteurisasi, atau juga air yang terkontaminasi. Tetapi bakteri penyebab diare ini cenderung lemah di udara luar. Bakteri ini dapat bertahan pada suhu tubuh, namun bisa mati jika terpapar oksigen atau berada dilingkungan yang kering.

  1. Salmonella

Bakteri penyebab diare lainnya adalah salmonella. Bakteri ini sering ditemukan pada daging mentah atau pada produk berbahan dasar susu. Salmonella juga sering ditemukan pada hewan reptilia. Salmonella dapat berkembang dengan cepat didalam tubuh, dengan munculnya gejala dalam waktu 12 jam sampai 3 hari, dan dapat bertahan hingga 7 hari. Salmonella merupakan jenis bakteri yang cukup lemah, bakteri ini bisa mati pada suhu tinggi. Untuk membunuhnya cukup dengan memasak bahan makanan yang akan anda masak.

  1. Shigella

Bakteri jenis ini seringkali menyebabkan diare yang disertai dengan darah. Tidak seperti bakteri penyebab penyakit diare lainnya, bakteri jenis bisa pindah dari manusia satu ke manusia lainnya. Penyebab diare karena bakteri ini biasanya sering muncul didalam orang dengan gaya hidup yang kurang bersih. Bakteri ini hidup di air dan bisa menempel pada makanan. Bakteri jenis ini dapat dihindari dengan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

  1. E. Coli

E. Coli merupakan jenis bakteri yang banyak ditemukan pada kasus-kasus diare, namun bakteri ini tidak terlalu berbahaya. Bakteri ini sering kali hidup didalam saluran pencernaan manusia. Namun ada beberapa jenis bakteri ini dapat mengeluarkan racun dan menimbulkan infeksi akut yang menyebabkan diare. Umumnya infeksi terjadi pada anak-anak, kemudian menyebabkan penyakit diare pada anak. Seperti halnya bakteri shigella, bakteri ini juga dapat berpindah dari manusia ke manusia.

Pada kasus diare, sebagian besar terinfeksi bakteri, ini terjadi karena makanan yang terkontaminasi. Namun sebagian besar lagi disebabkan oleh kebiasaan yang kurang sehat dan bersih. Jika kita dibiasakan hidup sehat dan bersih, seperti selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan setelah menggunakan toilet, dan saat mandi, maka dapat mencegah infeksi bakteri. Selain bakteri, ada juga virus dan parasit yang dapat menyebabkan diare.

Baca juga : cara mengobati penyakit diare

Virus penyebab penyakit diare

Seperti halnya bakteri, virus juga dapat menyebabkan penyakit diare. Jenis virus juga sangat banyak, namun virus yang menyebabkan diare ada beberapa saja. Beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan terinfeksinya saluran pencernaan dan mengakibatkan diare, yaitu sebagai berikut :

  • Rotavirus

Rotavirus adalah jenis virus penyebab utama dalam usia 2 tahun pertama. Ini merupakan penyebab paling penting dari diare parah yang bisa mengancam nyawa anak-anak.

  • Virus norwalk

Virus jenis ini menyebabkan muntah-muntah dan diare pada anak-anak yang lebih besar.

Parasit penyebab penyakit diare

Selain bakteri dan virus, parasit juga yang sering menyebabkan terjadinya diare. Jenis parasit juga sama dengan bakteri dan virus, yaitu ada banyak jenisnya. Namun, ada beberapa jenis parasit yang menyebabkan diare, beberapa parasit penyebab diare, yaitu sebagai berikut :

  • Cryptosporidium

Jenis parasit ini biasanya menyebabkan penyakit pada bayi dan orang yang mekanisme pertahanan tubuhnya kurang baik. Parasit ini lebih sering menyebabkan diare pada bayi.

  • Entamoeba histolytica

Parasit ini yang biasanya menyebabkan diare, dan biasanya menyerang anak-anak dan orang dewasa.

  • Giardia lamblia

Parasit jenis ini menyebabkan giardiasis pada anak kecil. Giardiasis dapat dideteksi melalui tinja. Parasit ini dapat menyebabkan diare persisten.

Bakteri, virus, dan parasit merupakan salah satu penyebab diare. Selain bakteri, virus, dan parasit, ada juga penyebab lain dari penyakit diare. Seperti keracunan makanan, alergi pada makanan, karena obat-obatan, faktor psikologis seperti rasa takut dan cemas, dan masih banyak lagi dari penyebab penyakit diare.

Penyakit diare bukan hanya berdampak bagi penderitanya saja, tapi juga berpotensi menyebardan menular. Maka dari itu, diare sebaiknya dicegah mulai dari kontak pertama hingga penyebarannya. Selain dicegah, pastinya juga harus dengan mengobatinya. Akan tetapi, jika penyakit diare yang dialami semakin memburuk, maka segera mungkin pergi ke Dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Inilah Jenis Bakteri yang Menyebabkan Penyakit Diare | admin | 4.5