Beberapa Jenis Penyakit Kanker yang Menyerang pada Wanita

By On Saturday, May 21st, 2016 Categories : Penyakit

Jenis penyakit kanker yang menyerang wanita ada banyak macamnya, dari mulai yang jinak, ganas sampai mematikan. Secara umum kanker memang jenis penyakit yang ditakuti banyak orang, karena penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang menakutkan dan mematikan.

Dalam dunia medis, penyakit kanker sangat banyak jenisnya, namun penyakit kanker digolongkan berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Secara umum jenis penyakit kanker diklarifikasikan kedalam kategori seperti karsinoma, sarkoma, leukemia, dan limfoma. Kebanyakan jenis penyakit kanker memang dapat menyebabkan kematian, ini sebabnya penyakit kanker sangat ditakuti oleh banyak orang.

Secara umum pemicu penyakit kanker karena gaya hidup yang tidak sehat, selain faktor keturunan. Sehingga virus yang dapat menyebabkan penyakit kanker akan dapat mudah masuk kedalam tubuh. Untuk para kaum wanita, sebaiknya selalu memperhatikan gaya hidup, mulai dari makanan, kebersihan diri dan lain sebagainya. Karena resiko terserang penyakit kanker pada kaum wanita sangat mungkin, jadi penting untuk selalu memperhatikan gaya hidup. Kebiasaan buruk juga harus dirubah, seperti pola makan berlebih, konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.

jenis penyakit kanker yang menyerang wanita

beberapa jenis penyakit kanker yang menyerang pada wanita

Macam-macam penyakit kanker pada wanita

Secara umum jenis penyakit kanker diklarifikasikan kedalam empat kategori, yaitu karsinoma, karsoma, leukemia, dan limfoma. Namun, ada beberapa macam jenis penyakit kanker yang menyerang pada kaum wanita, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Kanker kulit

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang dapat menyerang wanita. Biasanya disebabkan oleh virus penyebab kanker, materi genetis. Wanita lebih gampang terserang kanker kulit, karena kebiasaan wanita yang sering memakai make up dan juga produk skin care yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti mercuri. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh, seperti sinar matahari. Sinar matahari mengandung ultraviolet , dalam jangka lama jika sering terkena paparan sinar matahari langsung, maka akan terjangkit kanker kulit. Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan hindari juga pemakaian make up maupun produk-produk skin care, pemutih kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya.

  1. Kanker vagina

Kanker jenis ini merupakan jenis kanker yang menyerang wanita ketika memasuki masa menopause. Penyabab kanker tersebut karena kurang menjaga kebersihan pada bagian alat reproduksinya, kebiasaan merokok, melakukan hubungan intim dengan berganti-ganti pasangan. Gejalanya sendiri biasanya ditandai dengan adanya benjolan pada bagian intimnya, sekresi cairan encer, rektum terasa nyeri, dan juga terjadi pendarahan.

  1. Kanker usus besar

Jenis penyakit kanker ini dapat menyerang wanita, meskipun pria juga bisa berpotensi terkena juga. Kanker jenis ini akan terdeteksi pada umur sekitar 40 tahun. Usus besar sebagai saluran pencernaan makanan berpotensi terkena penyakit kanker, karena disebabkan dari makanan yang kita konsumsi. Gejala penyakit kanker ini biasanya pendarahan pada rektum, adanya darah pada tinja, lemah, pucat, dan kurus.

  1. Kista

Kista atau tumor jinak yang terdapat pada organ reproduksi wanita, biasanya yang paling banyak ditemui. Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput jaringan. Kista tidak dapat menyebar karena kista terdiri dari sel yang terpisah dengan jaringan normal disekitarnya. Faktor pemicu kista diantaranya yaitu udara yang tercemar, faktor genetis, dan faktor makanan. Kista dapat diangkat dengan cara pembedahan atau operasi dan biasanya tidak membahayakan penderitanya.

  1. Miom

Miom adalah pembungkus otot rahim yang dapat berubah menjadi tumor jinak, atau biasanya disebut daging tumbuh dalam rahim. Gejala miom yaitu pendarahan selama atau diluar masa menstruasi dalam waktu yang lama, sulit hamil, bagian bawah rahim terasa kenyal, terasa ada benjolan diperut, rasa nyeri yang sangat pada saat menstruasi.

  1. Kanker ovarium

Kanker ovarium atau kanker indung telur merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita. Kanker jenis ini menyerang bagian organ reproduksi wanita yang berada diperut bagian bawah. Biasanya sulit untuk mengetahui tanda-tanda kanker ovarium, tanda-tandanya akan muncul ketika sudah stadium lanjut. Gejala kanker ovarium yaitu perut terasa nyeri, perut mengalami pembesaran, nafsu makan berkurang, kembung, sering merasa kenyang, pendarahan pada bagian intim, berat badan menurun, muntah-muntah, lelah dan pusing.

  1. Kanker rahim

Kanker rahim atau endometrium dapat menyerang rahim wanita dan merupakan jenis kanker pembunuh nomor satu. Sulit untuk mendeteksi gejalanya sampai ke stadium lanjut. Gejalanya sakit pada panggul, pendarahan pada wanita menopause, sakit pada saat hubungan intim, saat buang air kecil terasa sakit, merasa lelah terus, hipertensi. Menurut penelitian, penyebab kanker rahim akibat ketidakseimbangan hormon.

  1. Kanker serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis kanker ganas yang menyerang wanita. Kanker serviks merupakan momok yang menakutkan bagi para wanita, karena merasa enggan memeriksakannya sejak dini. Para wanita merasa risi untuk melakukan pemeriksaan karena membuka organ intimnya. Gejalanya seperti mengalami keputihan disertai dengan darah dan bau secara terus menerus, kurus, pucat, terasa sesak dan nyeri pada bagian perut bawah, pembengkakan pada tungkai kaki. Biasany dipicu karena berhubungan intim pada usia dini, gonta-ganti pasangan, merokok, mengkonsumsi alkohol, tidak menjaga kebersihan bagian intim kewanitaan.

Baca juga : kanker serviks pada wanita

  1. Kanker payudara

Kanker payudara umumnya memang menyerang wanita, tetapi pria juga bisa terkena kanker payudara. Kanker payudara terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Ada beberapa faktor terjadinya kanker payudara, seperti faktor usia, riwayat keluarga, terkena radiasi dibagian dada, kepadatan payudara, obesitas, mengkonsumsi alkohol, dan merokok. Gejalanya dapat diketahui sejak dini, yaitu keluar cairan pada puting susu, payudara membengkak, terdapat benjolan dibawah lengan, ruam pada kulit payudara, areola bersisik dan memerah juga membengkak.

Itulah beberapa jenis penyakit kanker yang menyerang pada wanita. Ketahuilah gejala dan penyebab penyakit kanker sedini mungkin, bagi para kaum wanita sebaiknya jangan sungkan untuk memeriksakan kondisi baik organ intim maupun kondisi kesehatan organ lainnya. Jika tidak tahu sejak dini, maka resiko dikemudian hari baru akan tahu dan menyesal.

Penyakit kanker memang merupakan jenis penyakit yang mematikan, maka dari itu sangat ditakuti oleh banyak orang. Salah satu penyebab kematian tertinggi akibat penyakit yaitu disebabkan karena penyakit kanker, selain penyakit jantung. Sebelum terlambat, sebaiknya untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan dan merubah pola hidup yang tidak sehat, dan juga untuk selalu memperhatikan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi.

Beberapa Jenis Penyakit Kanker yang Menyerang pada Wanita | admin | 4.5