Kanker Lambung, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

By On Saturday, October 15th, 2016 Categories : Penyakit

Kanker lambung merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang bagian lambung yang menggerogoti organ dalam rongga perut. Kanker lambung bisa menyerang siapa saja pada segala umur, namun umumnya penderita kanker lambung berusia 55 tahun ke atas.

Ketika kondisi kanker menyerang sel-sel pada lapisan dalam lambung yang memproduksi cairan mukus, maka kondisi ini akan mengakibatkan kanker lambung. Kondisi yang seperti ini yang paling umum terjadi pada jenis kanker lambung. Jenis kanker dengan kondisi seperti ini disebut dengan jenis kanker lambung adenocarcinoma.

Penyebab kanker lambung pada dasarnya belum dapat diketahui secara pasti, namun secara umum kanker lambung terjadi pada saat sel-sel pada bagian lambung berkembang secara tidak terkendali. Biasanya dikarenakan infeksi pada lambung dengan gejala-gejala seperti mual lalu muntah dan mengalami gangguan pencernaan. Jika kanker lambung sudah bertambah parah, maka gejanya akan berbeda seperti muntah darah dan berat badan menurun.

kanker lambung

kanker lambung, penyebab, gejala dan cara pengobatannya

Penyebab kanker lambung

Penyebab kanker lambung yang umum dikarenakan perkembangan sel-sel bagian lambung yang tidak terkendali. Penyebab pastinya memang sampai saat ini belum bisa diketahui. Namun ada beberapa faktor penyebab yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung yaitu :

  1. Makanan

Dari makanan beberapa jenis penyakit dapat terjadi, karena sumber penyakit berasal dari makanan. Apabila makanan tersebut diragukan kesehatannya, maka kemungkinan terserang penyakit seperti kanker lambung bisa terjadi. Bahkan bukan hanya kanker lambung saja, tapi jenis penyakit lain juga sangat mungkin terjadi. Jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan kanker lambung seperti makanan yang banyak mengandung garam, asam, serta makanan yang mengandung aflatoksin.

  1. Infeksi

Jika lambung sudah terdapat luka dan terinfeksi, maka sangat mungkin kanker lambung dapat terjadi. Infeksi pada lambung biasanya disebebkan oleh bakteri, yaitu bakteri pylori. Bakteri ini merupakan penyebab penyakit lambung lainnya seperti tukak lambung, radang lambung dan gangguan pencernaan.

  1. Faktor usia

Semakin bertambahnya usia maka semakin mungkin terkena resiko kanker lambung. Walaupun kanker lambung dapat menyerang segala macam usia. Biasanya usia diatas 55 tahun sangat beresiko terserang kanker lambung dan yang umum terkena kanker lambung biasanya yang berjenis kelamin laki-laki.

  1. Faktor kebiasaan

Kebiasaan buruk seperti merokok dapat menyebabkan resiko meningkatnya terkena kanker lambung. Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok dapat merusak dinding lambung, maka bagi perokok sangat mungkin beresiko terkena kanker lambung.

  1. Penyakit

Seseorang yang memiliki penyakit yang berkaitan dengan lambung, resiko terkena kanker lambung sangat mungkin terjadi. Seperti orang yang menderita tukak lambung, asam lambung dan orang yang menderita anemia pernisiosa atau orang yang pernah menjalani operasi pada lambung dan juga yang menderita jenis kanker lainnya seperti penderita kanker limfoma, kanker kerongkongan, kanker usus, kanker prostat, kanker serviks dan kanker paru-paru.

Meskipun penyebab kanker lambung pada dasarnya belum dapat diketahui secara pasti, namun beberapa faktor penyebab diatas sangat beresiko dan mungkin terkena kanker lambung. Selain itu juga, gejala-gejala yang dirasakan penderita kanker lambung akan muncul.

Gejala kanker lambung

Dari beberapa penyebab terjadinya kanker lambung di atas, maka penderita kanker lambung akan mengalami beberapa gejala. Berikut ini merupakan gejala yang ditimbulkan dari kanker lambung tahap awal dan pada tahap yang lebih parah, yaitu :

  • Mual dan muntah
  • Merasa kembung
  • Sering bersendawa
  • Nyeri pada tulang dada dan perut
  • Cepat merasa kenyang saat makan
  • Sulit menelan makanan
  • Gangguan pencernaan
  • Anemia
  • Sakit kuning
  • Nafsu makan hilang
  • Tubuh terasa lelah
  • Berat badan menurun
  • Pembengkakan pada bagian perut
  • Terdapat darah pada tinja dan berwarna hitam

Baca juga : macam-macam penyakit kanker

Pengobatan kanker lambung

Ada beberapa jenis pengobatan pada kanker lambung yang bisa dilakukan. Jenis pengobatan yang dilakukan biasanya tergantung pada tingkat keparahan kanker lambung dan kondisi penderitanya. Pada pengobatan kanker lambung, biasanya bertujuan mengurangi gejala yang dirasakan. Ada beberapa jenis pengobatan untuk mengurangi gejala kanker lambung, yaitu sebagai berikut :

  • Radioterapi

Tujuan radioterapi untuk membunuh sel-sel kanker, biasanya dilakukan pada kasus kanker lambung stadium tinggi dengan gejala pendarahan. Namun, pada pengobatan kanker lambung dengan metode radioterapi memiliki beberapa efek samping seperti iritasi pada kulit di sekitar area yang diobati, penderita akan mengalami diare, lelah, mual dan muntah juga gangguan pencernaan.

  • Kemoterapi

Kemoterapi juga bertujuan sama seperti radioterapi, yaitu membunuh sel-sel kanker. Tetapi kemoterapi menggunakan obat-obatan. Obat-obatan ini biasanya bisa berbentuk tablet, infus atau kombinasi keduanya. Pada metode kemoterapi juga memiliki efek samping, seperti mual dan muntah, diare, anemia, badan merasa lelah, mengalami kerontokan rambut dan kerusakan saraf.

  • Operasi

Operasi pada kanker lambung dilakukan tergantung pada tingkat keparahan penyebaran kanker tersebut. Jika kanker masih dalam tahap awal maka prosedur reseksi bisa dilakukan tanpa melakukan pembedahan. Pada stadium rendah akan menggunakan prosedur gastrektomi persial dan dalam prosedur ini biasanya dilakukan pembedahan untuk mengangkat bagian lambung yang terinfeksi kanker. Apabila kanker sudah menyebar ke lambung bagian tengah dan atas, maka metode lebih lanjut dilakukan yaitu metode gastrektomi total. Pada metode ini akan dilakukan pengangkatan total, yaitu mengangkat seluruh bagian lambung. Dalam pengobatan dengan menggunakan metode operasi juga memiliki beberapa gejala seperti pendarahan, gangguan pencernaan dan infeksi.

Itulah beberapa jenis pengobatan dan cara untuk mengatasi kanker lambung. Tujuan pengobatan tentunya untuk menyembuhkan penyakit yang diderita, meskipun pada kanker lambung yang tidak dapat disembuhkan. Namun, dengan berusaha melakukan pengobatan tentunya memiliki harapan untuk sembuh dari penyakit tersebut.

Kanker Lambung, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya | admin | 4.5