Kenali Kanker Payudara Sejak Dini, Ketahui Gejala, Penyebab dan Ciri-cirinya

By On Thursday, June 2nd, 2016 Categories : Penyakit

Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang pada bagian payudara. Kanker payudara juga merupakan jenis penyakit kanker yang umum diderita oleh kaum wanita, namun kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, tetapi kemungkinannya sedikit.

Pada kanker payudara kondisi sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga sel akan mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Kanker payudara juga didefinisikan sebagai jenis kanker yang ganas. Keganasan sel kanker yang menyerang jaringan payudara biasanya berasal dari komponen kelenjarnya maupun selain kelenjar seperti lemak, pembuluh darah dan persarafan jaringan payudara.

Untuk saat ini, kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua akibat jenis penyakit kanker yang menyerang wanita setelah kanker serviks. Gejala kanker payudara pada stadium awal jika terdeteksi maka dapat diobati sebelum menyebar kebagian organ tubuh lain. Biasanya gejala awal kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara. Akan tetapi, sebagian besar benjolan juga belum tentu menandakan kanker.

kanker payudara

kenali kanker payudara sejak dini, ketahui gejala, penyebab dan ciri-cirinya

Gejala kanker payudara

Secara klinis, gejala kanker payudara dapat ditandai dengan adanya benjolan pada payudara. Umumnya benjolan yang tidak nyeri pada payudara. Benjolan tersebut mula-mula kecil dan semakin lama akan semakin membesar, kemudian akan menempel dan melekat pada kulit payudara atau juga pada puting susu.

Erosi atau eksema puting susu juga salah satu gejala yang ditimbulkan kanker payudara. Biasanya kulit atau puting susu akan tertarik kedalam, berwarna merah muda atau kecoklatan dan mengkerut serta timbul borok pada payudara. Borok tersebut semakin lama akan semakin membesar dan mendalam sehingga bisa menghancurkan seluruh payudara, berbau busuk dan mudah berdarah.

Payudara juga akan mengalami pendarahan pada bagian puting susu. Akan terasa sakit jika tumor sudah membesar dan kelenjar getah bening akan membengkak pada lengan kemudian kanker akan menyebar keseluruh tubuh. Jika kanker payudara sudah pada stadium selanjutnya, gejala akan mudah dikenali. Puting susu juga biasanya akan mengeluarkan cairan secara spontan dan tidak normal. Cairan tersebut biasanya bercampur darah dan encer, berwarna kecoklatan atau merah.

Cairan yang keluar tadi biasanya hanya pada satu puting susu saja dan berlangsung terus menerus. Cairan tersebut bukan air susu, melainkan cairan lain yang keluar dan tidak normal tanda dari gejala kanker yang ditimbulkan. Para kaum wanita harus waspada apabila dari puting susu keluar cairan. Cairan yang keluar dari puting susu dikatakan normal apabila terjadi pada wanita yang sedang hamil, menyusui dan pemakaian pil kontrasepsi.

Penyebab kanker payudara

Terdapat banyak faktor penyebab kanker payudara, namun secara spesifik belum bisa diketahui. Faktor usia termasuk salah satu penyebab kanker payudara. Dengan bertambahnya umur maka akan beresiko terkena kanker payudara.

Konsumsi makanan berlemak juga diperkirakan sebagai resiko penyebab kanker payudara. Mengkonsumsi makanan berlemak dan berserat akan berakibat terserang kanker payudara pada wanita umur 34 sampai 59 tahun. Obesitas, radiasi, dan riwayat keluarga atau faktor genetik juga merupakan penyebab terjadinya kanker payudara. Namun, secara spesifik yang pasti penyebab kanker payudara belum dapat diketahui.

Riwayat keluarga merupakan komponen yang penting dalam riwayat penderita kanker payudara. Terdapat peningkatan resiko keganasan pada wanita yang keluarganya mempunyai riwayat menderita kanker payudara.  Faktor keturunan atau genetik ini berperan penting terhadap mutasi beberapa gen pembentukan kanker payudara. Sehingga sangat beresiko orang yang keluarganya mempunyai riwayat kanker payudara.

Ciri dan tanda kanker payudara

Kanker payudara umum menyerang para kaum wanita, biasanya ditandai dengan adanya benjolan kecil pada payudara bagian lengan. Untuk para kaum wanita sebaiknya memang harus mengenali ciri dan tanda kanker payudara sejak usia muda. Berikut ini ada beberapa ciri dan tanda kanker payudara, yaitu :

  1. Benjolan disekitar payudara
  2. Penebalan kulit disekitar payudara
  3. Perubahan ukuran dan bentuk payudara
  4. Terdapat kerutan disekitar payudara
  5. Puting susu mengeluarkan cairan secara tiba-tiba
  6. Nyeri pada bagian tertentu payudara
  7. Payudara nampak kemerahan
  8. Payudara membengkak
  9. Puting susu masuk kedalam
  10. Payudara terasa gatal
  11. Puting susu bersisik dan terasa sakit
  12. Ruam pada puting susu

Itulah beberpa ciri dan tanda kanker payudara yang dapat diketahui. Untuk para kaum wanita memang harus mengetahui dan mengenali ciri dan tanda kanker payudara, karena kanker payudara umum menyerang kaum wanita, walaupun kaum pria juga beresiko terserang kanker payudara, namun kecil kemungkinannya. Dengan mengetahui ciri dan tanda kanker payudara sedini mungkin, maka akan dapat dengan cepat ditangani jika terserang kanker payudara.

Baca juga : obat herbal kanker payudara

Pencegahan dan pengobatan kanker payudara

Pada prinsipnya, pencegahan kanker payudara dapat dilakukan dengan cara mendeteksi dan mengenali gejala maupun ciri dan tanda kanker payudara sejak dini. Pencegahan primer seperti promosi kesehatan dapat dilakukan untuk upaya menghindari resiko terserangnya kanker payudara.

Pencegahan sekunder juga dilakukan terhadap individu yang memiliki resiko terkena kanker payudara. Pencegahan sekunder dilakukan dengan cara mendeteksi sejak dini pada setiap individu. Pencegahan selnjutnya dilakukan pada individu yang sudah terkena kanker payudara. Penanganannya sesuai dengan stadium kanker tersebut.

Pencegahan ini juga penting untuk mengurangi kecacatan dan memperpanjang harapan hidup penderita kanker payudara, serta mencegah komplikasi penyakit dan meneruskan pengobatan. Tindakan pengobatan yang bisa dilakukan dengan melakukan operasi pengangkatan kanker, namun apabila kanker telah jatuh bermetastasis, maka akan dilakukan kemoterapi. Pada stadium tertentu, biasanya akan disarankan untuk melakukan pengobatan alternatif dengan obat herbal kanker payudara.

Kenali Kanker Payudara Sejak Dini, Ketahui Gejala, Penyebab dan Ciri-cirinya | admin | 4.5