Makanan untuk Penderita Penyakit Diare dan yang Harus Dihindari

By On Saturday, April 30th, 2016 Categories : Obat

Makanan untuk penderita penyakit diare yaitu yang memiliki kandungan zat tertentu, sehingga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Saat Anda menderita diare, tubuh Anda tentunya kekurangan banyak cairan dan zat-zat tertentu karena terlalu sering buang air besar.

Terdapat beberapa makanan yang baik dikonsumsi pada saat menderita diare, sehingga dapat membantu proses penyembuhan diare. Pada beberapa jenis makanan tertentu, dapat mengurangi diare bahkan mengobati. Ini disebabkan oleh adanya kandungan zat yang ada didalam makanan tersebut yang dapat mencegah bahkan mengobati diare.

Beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi saat diare, diantaranya buah-buahan, sayuran dan jenis makanan yang herbal atau alami. Beberapa jenis buah mempunyai zat yang dapat mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit diare Anda. Begitu pula sayuran dan bahan herbal yang dapat mempengaruhi kinerja oragan tubuh dan menghambat mengeluarkan cairan secara berlebihan, sehingga tubuh Anda tidak akan merasa lemas saat diare.

makanan untuk penderita penyakit diare

makanan untuk penderita penyakit diare dan yang harus dihindari

Jenis makanan untuk penderita penyakit diare

  1. Buah-buahan

Ada beberapa jenis buah yang bisa menghambat dan menyembuhkan penyakit diare Anda. Buah-buahan mempunyai tekstur lembut dapat dijadikan asupan yang mampu meringankan penyakit diare Anda. Berikut buah-buahan yang dapat mengatasi diare :

  • Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang mempunyai tekstur lembut dan lunak, sehingga ketika dikonsumsi dapat menenangkan sistem saluran pencernaan. Manfaat pisang untuk obat diare alami karena memiliki kandungan zat yang baik seperti potasium, kadar potasium yang tinggi pada pisang dapat menggantikan cairan elektrolit yang berkurang saat diare. Pactin atau serat soluble yang berfungsi membantu menyerap cairan didalam usus dan merangsang gerak pada usus. Inulin juga zat yang terkandung didalam pisang yaitu zat prebiotik yang dapat membantu berkembangnya bakteri baik didalam usus.

  • Apel

Apel merupakan buah yang berserat padat, namun untuk mengkonsumsinya pada saat diare, Anda harus mengolahnya menjadi saus apel guna memperoleh kandungan pactin, glukosa serta zat lain yang bisa mengurangi diare. Usus sangat lemah pada saat menderita diare, untuk menyerap kandungan zat yang ada didalam apel, Anda perlu menghaluskan dulu buah apel tersebut. Kandungan yang ada didalam apel seperti antioksidan mampu mengusir partikel dan bakteri jahat yang ada didalam tubuh.

  • Blueberry

Blueberry memiliki manfaat untuk mengatasi gejala diare. Dengan mengkonsumsi blueberry, maka beberapa kandungan yang ada didalamnya dapat meredakan diare. Untuk memperoleh manfaat blueberry sebaiknya diolah dalam keadaan kering. Kandungan yang ada didalam buah blueberry yaitu tannins yang berfungsi sebagai astringent yang mampu membuat jaringan mengalami kontraksi, meminimalisir peradangan, dan membantu proses keluarnya cairan dan lendir yang bersifat toksit terhadap tubuh. Anthocyanosides merupakan salah satu sumber antioksidan berfungsi sebagai anti bakteri. Pectin atau serat soluble yang membantu proses terserapnya cairan didalam usus.

  1. Sayuran

Berikut ini ada beberapa macam jenis sayuran yang bisa dikonsumsi dan dapat mencegah bahkan menyembuhkan penyakit diare Anda. Sayuran tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Wortel

Wortel merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi dan manfaat, dan sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu juga, kandungan didalam wortel bisa meredakan kondisi pada usus yang kurang normal pada saat diare. Ada berbagai cara untuk mengkonsumsi wortel pada saat diare, dengan cara merebus wortel atau dengan cara dijus, agar sistem pencernaan kita tidak kesulitan saat memprosesnya didalam usus.

  • kentang

Kentang merupakan sayuran yang mengandung karbohidrat tinggi dan sangat baik dikonsumsi pada saat diare, karena dapat mencegah diare dengan kandungan karbohidratnya. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, cukup dengan merebusnya. Jangan mengkonsumsi kentang dengan menggorengnya, karena minyak akan mempengaruhi kondisi tubuh ketika diare.

  1. Makanan lainnya

Selain buah-buahan dan sayuran, ada juga jenis makanan lain yang baik dikonsumsi pada saat diare, diantaranya seperti berikut ini :

  • Nasi

Nasi selain menjadi makanan pokok, ternyata juga berfungsi untuk pencegahan diare. Kandungan karbohidrat yang ada didalam nasi bisa membantu proses terbentuknya fases didalam usus. Namun, sebaiknya jangan mengkonsumsi nasi merah dan hitam pada saat diare, karena nasi merah dan hitam memiliki kandungan serat yang tinggi.

  • Sereal

Sereal adalah jenis olahan makanan yang mengandung zat pati, yang mana zat tersebut bisa membantu meredakan gejala diare. Beberapa kandungan zat yang ada didalamnya membuat usus mudah mencernanya.

  • Biskuit

Biskuit biasanya terbuat dari gandum, yang mengandung sodium atau garam yang bisa mengembalikan keseimbangan kadar cairan elektrolit didalam tubuh.

  • Yogurt

Yogurt dapat meningkatkan imunitas yang berhubungan dengan pencernaan, jika dikonsumsi pada saat diare secara teratur, maka akan dapat membantu penyembuhan diare. Dengan terdapatnya kandungan probiotik didalam yogurt yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit diare, maka dapat membantu memperlancar pencernaan didalam usus.

Baca juga : manfaat sayuran untuk obat diare

Jenis makanan yang harus dihindari pada saat diare

Untuk mencegah diare selain melakukan tindakan pencegahan, mengkonsumsi makanan yang dapat memicu semakin bertambah parahnya diare juga perlu dilakukan. Adapun makanan yang perlu Anda hindari pada saat diare, diantaranya seperti makanan berlemak, susu, mentega, keju, minuman beralkohol, kafein, pemanis buatan, dan makanan yang menyebabkan gas berlebih.

Penyakit diare memang dapat menyerang siapa saja, baik balita, anak-anak maupun orang dewasa. Maka dari itu, perlunya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar juga kondisi kesehatan sangat penting. Jika menderita diare segera mungkin mendapat penanganan dan pengobatan untuk mencegah bertambah parahnya dan resiko menyebar juga menular. Namun, jika diare semakin memburuk, segeralah pergi ke Dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Makanan untuk Penderita Penyakit Diare dan yang Harus Dihindari | admin | 4.5