10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

By On Sunday, June 18th, 2017 Categories : Manfaat

Manfat air kelapa muda untuk ibu hamil karena sangat menyegarkan dan dapat menenangkan perut, baik juga untuk janinnya. Air kelapa muda memang sangat baik untuk tubuh untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan pengganti air mineral.

Air kelapa muda yang cocok dikonsumsi bagi Ibu hamil yaitu jenis kelapa muda ijo atau kelapa muda hijau. Kelapa ijo sendiri berbeda dengan jenis kelapa lainnya, perbedaan terletak pada warna kulit kelapa dan serabutnya yang memiliki unsur warna pink jika dikupas. Jenis kelapa muda ini dipercaya banyak manfaat dan khasiatnya, karena kandungan yang ada didalamnya.

Kandungan dalam air kelapa muda ijo ini seperti mengandung elektrolit, yaitu sejenis mineral yang dapat membantu mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang. Biasanya bagi Ibu hamil yang mengalami dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, demam, kram dan kejang otot. Kandungan elektrolit tersebut dapat mengurangi kontraksi otot yang terjadi pada saat proses kehamilan berlangsung. Sehinga, bagi Ibu hamil baik mengkonsumsi air kelapa muda ijo, manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh Ibu hamil juga.

manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil

10 manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil

Manfaat air kelapa muda bagi Ibu hamil

Selain kandungan elektrolit dalam air kelapa yang baik untuk tubuh, kandungan lainnya juga sama. Bagi Ibu hamil mengkonsumsi air kelapa muda akan memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh dan kehamilannya. Berikut ini manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil, yaitu :

  1. Meningkatkan fungsi pencernaan

Ketika masa kehamilan biasanya sistem pencernaan akan terganggu dengan lambatnya proses pencernaan. Air kelapa muda dapat membantu memperlancar sistem pencernaan selama masa kehamilan, sehingga gangguan masalah pencernaan seperti diare dan sembelit tidak akan terjadi. Karena itu, manfaat air kelapa untuk obat sakit perut yang alami juga bisa digunakan.

  1. Menurunkan tekanan darah

Ibu hamil jika sampai mengalami tekanan darah tinggi akan berakibat pada kesehatan janinnya. Untuk mencegah mengurangi tekanan darah tinggi, selama kehamilah bisa dengan mengkonsumsi air kelapa muda. Kandungan potassium yang alami dalam air kelapa muda dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Menigkatkan HDL

Selama masa kehamilan cenderung kadar HDL akan meningkat, karena perubahan hormon selama kehamilan. Maka dari itu, mengkonsumsi air kelapa mudah dapat mencegah kolesterol jahat meningkat dan akan menaikan kadar HDL atau kolesterol baik yang dapat menekan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan alami dalam air kelapa berperan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh selama masa kehamilan. Ibu hamil sangat membutuhkan metabolisme tubuh yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa muda metabolisme tubuh dapat terpenuhi.

  1. Mencegah penyumbatan pembulu darah

Air kelapa juga mengandung kolesterol baik yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Manfaat air kelapa muda juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya, jadi bukan hanya untuk Ibu hamil saja.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kondisi detak jantung pada Ibu hamil biasanya tidak stabil, sehingga beresiko pada janinnya juga. Air kelapa muda mengandung kalium dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah penuaan dini

Sifat alami air kelapa muda dapat membantu memperbarui sel-sel tubuh, sehingga dapat mencegah penuaan dini. Setelah melahirkan dapat mengatasi masalah stretch mark pada perut.

  1. Sumber energi

Air kelapa muda memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi, hal ini dapat membantu Ibu hamil dalam memperoleh energi. Dengan terjaganya asupan energi setiap harinya, aktivitas Ibu hamil juga akan terbantu, disamping konsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya.

  1. Memperlancar pembuangan urin

Sifat alami dalam air kelapa muda yaitu memiliki sifat diuretik alami. Sifat alami ini dikenal untuk membuang racun dalam tubuh melalui sistem pembuangan seperti saluran kemih. Selama masa kehamilan mengkonsumsi air kelapa muda dapat memperlancar pembuangan urin dan membersihkan saluran kemih dari racun, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

  1. Anti bakteri dan virus

Ibu hamil kemungkinan beresiko terserang bakteri dan virus selama masa kehamilannya. Asam larut dalam air kelapa berfungsi dapat membantu melawan dan mencegah terjangkitnya penyakit akibat bakteri dan virus. Selain itu juga menjaga kesehatan janin yang ada didalam kandungannya.

Baca juga : manfaat air kelapa untuk mengobati sakit perut

Dari 10 manfaat air kelapa muda untuk Ibu hamil di atas, air kelapa muda juga mengandung vitamin B dan C yang baik untuk tubuh. Vitamin dalam air kelapa muda dapat menggantikan jaringan tubuh yang rusak dan memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh setiap harinya.

Mengkonsumsi air kelapa muda pada saat hamil dapat menambah daya tahan tubuh meningkat, mencegah dan menangkal dari berbagai macam serangan penyakit. Selain itu juga air kelapa sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Jadi, kondisi tubuh Ibu hamil tetap terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi air kelapa muda, juga baik untuk janin yang ada didalam kandungannya.

Perhatikan juga selama mengkonsumsi air kelapa, sebaiknya jangan berlebihan. Pastikan air kelapa muda yang akan dikonsumsi berasal langsung dari buah kelapa yang masih muda dan segar. Segeralah minum air kelapa setelah dipotong agar lebih segar dan nutrisi didalamnya masih utuh. Hentikan mengkonsumsi air kelapa jika Ibu hamil kurang menyukai rasanya, biasanya malah akan membuatnya tidak nyaman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat juga sehat selalu selama masa kehamilan Anda.

10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil | admin | 4.5