Manfaat Air Kelapa untuk Diet Sehat dan Alami yang Efektif

By On Saturday, October 21st, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat air kelapa untuk diet ternyata sangat efektif dan sudah diteliti juga diakui. Dalam penelitian, buah kelapa kaya akan kandungan trigliserida rantai menengah atau lemak yang mendorong penurunan berat badan dan akan mendorong metabolisme dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Dalam menurunkan berat badan atau diet, air kelapa sangat efektif dikonsumsi. Selain menyegarkan juga memiliki kandungan alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Air kelapa kaya akan vitamin B, vitamin C, potassium, enzim, asam amino, rendah kalori dan memiliki efek antioksidan sehingga dapat dijadikan salah satu metode atau tips diet sehat.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, kuncinya ada pada metabolisme tubuh yang baik dan mengurangi kebiasaan makan yang berlebih. Maka dari itu, mengkonsumsi air kelapa sangat efektif membantu menurunkan berat badan. Selain menyegarkan, air kelapa juga dapat dicerna seperti gula dan elektrolit. Kandungan gula dalam air kelapa sangat rendah, sehingga air kelapa dapat dijadikan minuman untuk membantu menurunkan berat badan secara alami.

manfaat air kelapa untuk diet sehat

manfaat air kelapa untuk diet sehat dan alami

Cara air kelapa membantu menurunkan berat badan

Air kelapa sebagai minuman alami yang banyak manfaatnya sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan atau diet. Berikut ini cara air kelapa jika dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan, yaitu :

  1. Meningkatkan metabolisme

Air kelapa secara alami dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat membuat tubuh lebih efektif dalam membakar kalori. Maka dari itu, semakin banyak kalori yang terbakar maka lemak dalam tubuh akan berkurang. Apalagi jika asupan kalori per hari yang dikonsumsi lebih rendah dibandingkan dengan yang dikeluarkan.

  1. Minuman diuretik

Air kelapa dapat menjadi minuman diuretik yang mampu mengeluarkan cairan dari dalam tubuh melalui saluran buang air kecil. Air kelapa juga dikenal sebagai minuman alami yang mampu untuk mengatasi masalah keracunan, dan dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Jadi, air kelapa merupakan diuretik alami untuk mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh.

  1. Rendah lemak

Air kelapa merupakan air alami yang rendah lemak dan cocok dikonsumsi guna membantu menurunkan berat badan. Selain rendah kolesterol, air kelapa juga rendah lemak, jadi sangat efektif jika rutin dikonsumsi setiap hari secara teratur untuk menurunkan berat badan.

  1. Kaya kandungan potassium

Air kelapa mengandung banyak potassium yang dapat membantu konversi lemak menjadi otot. Semakin banyak masa otot pada tubuh, maka semakin mudah juga tubuh untuk membakar lemak.

  1. Glukosa alami

Selain kandungan potassiumnya yang tinggi, air kelapa juga mengandung glukosa alami yang dapat memicu penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Selain itu juga dapat mencegah diabetes.

Dari cara air kelapa untuk membantu menurunkan berat badan di atas, sebaiknya dalam mengkonsumsi air kelapa jangan terlalu berlebihan. Konsumsi secara rutin air kelapa setiap hari sebagai menu diet yang bagus dan sehat, sehari dua gelas di pagi hari dan siang hari. Sebaiknya jangan mengkonsumsi air kelapa di malam hari menjelang tidur.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, sebaiknya jangan Cuma mengkonsumsi air kelapa saja pada saat menjalankan diet, barengi dengan berolahraga. Selain berolahraga, yang terpenting ialah konsisten dalam menjalankannya dan dibarengi dengan niat juga tekad yang sungguh-sungguh. Maka hasilnya juga akan maksimal dan berat badan tidak mudah meningkat lagi.

Baca juga : manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil

Manfaat air kelapa untuk kecantikan

Selain memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan, air kelapa juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan. Berikut ini ada beberapa manfaat air kelapa untuk kecantikan yang perlu diketahui, yaitu :

  • Mencegah penuaan dini

Kandungan sitikon atau asam larut yang terdapat dalam air kelapa merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan untuk proses regulasi dan pertumbuhan sel kulit. Elemen tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat penuaan dini, karsinogenik dan anti trombotik yang dapat menyeimbangkan pH kulit dan menjaga jaringan kulit.

  • Menutrisi rambut

Mendapatkan rambut yang indah dan sehat tidak cukup dengan menggunakan sampo saja. Perawatan alami dengan menggunakan air kelapa dapat menutrisi rambut sehingga rambut menjadi sehat dan tetap ternutrisi.

  • Menghitamkan rambut

Kandungan alami dalam air kelapa mampu membuat rambut lebih hitam dan berkilau secara alami. Dengan rutin merawat rambut menggunakan air kelapa yang dibasuhkan ke rambut atau kepala sebelum keramas, maka akan mendapatkan rambut yang sehat dan hitam berkilau secara alami.

  • Untuk kecantikan wajah

Air kelapa yang digunakan untuk membasuh wajah rutin setiap hari dapat mencegah masalah pada wajah. Seperti mencegah kulit wajah berjerawat, menghilangkan flek hitam dan kerutan pada wajah, dan mengatasi kulit wajah yang berminyak.

  • Menyehatkan kulit

Kandungan alami dalam air kelapa dapat menutrisi kulit sehingga kulit lebih halus dan sehat. Baik dikonsumsi maupun digunakan secara langsung pada kulit, kandungannya akan memberikan manfaat untuk kulit.

Air yang dikenal sebagai minuman penghilang dehidrasi dan juga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, memang banyak sekali manfaatnya. Selain memiliki manfaat untuk kecantikan seperti digunakan untuk membantu menurunkan berat badan dan juga yang lainnya, air kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan.

Sudah tidak diragukan lagi akan manfaat dari air kelapa untuk mengatasi dan mencegah beberapa macam jenis penyakit. Seperti mengobati sakit perut, mencegah batu ginjal, menurunkan tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Air kelapa juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan sangat baik untuk kesuburan pria maupun wanita. Manfaat air kelapa bagi kesuburan pria maupun wanita juga tidak lepas karena kandungan dalam air kelapa. Jadi, konsumsilah air kelapa rutin setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kesuburan.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Bukan Cuma memiliki manfaat untuk kecantikan dan bahan pengobatan saja, tetapi air kelapa masih memiliki manfaat yang sangat banyak, yaitu untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya untuk kesehatan seperti dapat meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh.

Air kelapa yang dikonsumsi secara teratur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Namun perlu diperhatikan lagi, sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi air kelapa, hindari juga sering-sering mengkonsumsi air kelapa di malam hari, apalagi menjelang tidur. Air kelapa juga sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga, air kelapa dapat menghilangkan dehidrasi dan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Nah, itulah beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan. Semoga artikel tentang manfaat air kelapa untuk diet sehat dapat memberikan solusi bagi yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan atau diet. Bagi yang membacanya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses program dietnya juga bermanfaat bagi kita semua.

Manfaat Air Kelapa untuk Diet Sehat dan Alami yang Efektif | admin | 4.5