Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janinnya

By On Sunday, March 4th, 2018 Categories : Manfaat

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janinnya bisa didapat dari kandungan air kelapa yang dikonsumsi. Sebaiknya memilih kelapa yang masih muda dan segar langsung di petik dari pohonnya. Air kelapa muda hijau bisa jadi pilihan untuk ibu hamil konsumsi.

Manfaat air kelapa memang sudah tidak diragukan lagi, terdapat banyak sekali khasiat dan manfaat yang dimiliki air kelapa, baik untuk kesehatan, bahan pengobatan dan lain sebagainya. Maka dari itu, bagi ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi air kelapa, baik untuk kesehatan dirinya atau juga janin yang ada didalam kandunganny, namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Air kelapa mengandung elektrolit alami yang merupakan salah satu jenis mineral yang dapat membantu dalam mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Dalam aktivitas ibu hamil sehari-hari, ini sangat membantu mengingat ibu hamil banyak membutuhkan asupan baik untuk dirinya maupun janin yang ada didalam kandungannya. Selain mengurangi resiko ibu hamil mengalami dehidrasi, juga dapat menambah energi karena air kelapa merupakan salah satu sumber energi yang alami.

manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janinnya

manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janinnya

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janinnya

Berikut ini manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janinnya jika dikonsumsi secara rutin selama masa kehamilan, namun jangan berlebihan. Karena air kelapa memiliki kandungan alami yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaatnya, yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan alami dalam air kelapa berperan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh selama masa kehamilan. Ibu hamil sangat membutuhkan metabolisme tubuh yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa metabolisme tubuh akan dapat terpenuhi, begitu juga untuk janinnya.

  1. Meningkatkan HDL

Selama masa kehamilan cenderung kadar HDL akan meningkat, karena perubahan hormon selama kehamilan. Maka dari itu, mengkonsumsi air kelapa dapat mencegah kolesterol jahat meningkat dan akan menaikan kadar HDL atau kolesterol baik yang dapat menekan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah

Jika selama masa kehamilan mengalami tekanan darah tinggi, maka akan berakibat pada janin yang ada didalam kandungannya. Untuk mencegah mengurangi tekanan darah tinggi, selama kehamilah bisa dengan mengkonsumsi air kelapa. Kandungan potassium yang alami dalam air kelapa dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan fungsi pencernaan

Dalam masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Air kelapa dapat membantu memperlancar sistem pencernaan selama masa kehamilan, sehingga gangguan masalah pencernaan tiadak akan terjadi. Seperti mengalami sakit perut, karena manfaat air kelapa untuk mengobati sakit perut sudah terbukti dan dapat mudah diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa. Masalah lainnya seperti diare dan sembelit juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa.

  1. Anti virus dan bakteri

Ibu hamil sangat mungkin beresiko terserang virus maupun bakteri, sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa selama masa kehamilan dapat mencegah terserangnya virus dan bakteri. Karena air kelapa mengandung asam larut yang mampu melawan dan mencegah terjangkitnya penyakit akibat virus dan bakteri.

  1. Melancarkan pembuangan urin

Sifat alami dalam air kelapa yaitu memiliki sifat diuretik alami. Sifat alami ini dikenal untuk membuang racun dalam tubuh melalui sistem pembuangan seperti saluran kemih. Selama masa kehamilan mengkonsumsi air kelapa dapat memperlancar pembuangan urin dan membersihkan saluran kemih dari racun, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

  1. Sumber energi

Air kelapa memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi, hal ini dapat membantu Ibu hamil dalam memperoleh energi, begitu juga untuk janinnya. Dengan terjaganya asupan energi setiap harinya, aktivitas Ibu hamil juga akan terbantu, disamping konsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya.

  1. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Air kelapa juga mengandung kolesterol baik yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Manfaat air kelapa juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya, jadi bukan hanya untuk Ibu hamil saja, baik juga untuk janin yang ada dalam kandungannya.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kondisi detak jantung pada Ibu hamil biasanya tidak stabil, sehingga beresiko juga pada janinnya. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Sumber vitamin

Air kelapa juga merupakan sumber vitamin, seperti mengandung vitamin B dan C. Vitamin B dalam air kelapa akan membantu menggantikan jaringan tubuh yang rusak saat masa kehamilan. Begitu juga dengan kandungan vitamin C dalam air kelapa yang tinggi, dapat menambah imunitas, mencegah berbagai macam penyakit, dan sebagai antioksidan.

Itulah beberapa dari manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan juga janin dalam kandungannya. Sebaiknya dalam mengkonsumsi air kelapa jangan berlebihan, dan juga mengkonsumsi air kelapa muda hijau yang masih segar, bila perlu yang baru dipetik dari pohonnya.

Ibu hamil yang mengkonsumsi air kelapa juga dapat meredakan morning sickness dan mencegah muntah-muntah. Ada cara dalam mengkonsusmi air kelapa bagi ibu hamil. Sebaiknya minum air kelapa 1-2 gelas di pagi dan siang hari, dianjurkan jangan mengkonsumsi air kelapa pada malam hari karena air kelapa merupakan cairan yang mudah dicerna oleh tubuh. Ini untuk menghindari glukosa dalam tubuh.

Baca juga : manfaat air kelapa untuk ibu menyusui

Manfaat air kelapa lainnya

Selain memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janinnya, air kelapa juga masih memiliki banyak manfaat untuk yang lainnya seperti kesehatan, kecantikan, bahkan digunakan untuk bahan pengobatan. Berikut ini manfaat air kelapa untuk kesehatan, kecantikan, dan juga yang lainnya, yaitu :

  • Mencerahkan kulit wajah
  • Melembabkan kulit
  • Mengatasi kulit berminyak
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengatasi impoten
  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Mencegah kemandulan
  • Menurunkan berat badan
  • Menutrisi rambut
  • Mempercepat pertumbuhan rambut
  • Mengatasi rambut rontok
  • Menghitamkan rambut
  • Mengatasi ketombe
  • Mengatasi rambut rusak
  • Mengatasi kulit kepala gatal

Manfaat air kelapa untuk kesehatan, kecantikan maupun yang lainnya masih banyak lagi. Sebagian besar telah disebutkan, bahkan air kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Itu semua tidak lepas karena air kelapa memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat.

Dari manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janinnya sampai untuk kesehatan, kecantikan dan yang lainnya, mulai saat ini konsumsilah air kelapa guna kebutuhan tubuh. Konsumsilah air kelapa dari buah kelapa yang masih muda, biasanya air kelapa hijau yang banyak dipilih orang karena khasiat dan manfaatnya yang begitu melimpah.

Tips untuk ibu hamil dalam mengkonsumsi air kelapa muda agar mendapatkan manfaat dan khasiatnya, yaitu mengkonsumsi air kelapa hijau yang masih segar, minum 1-2 gelas sehari pagi dan siang hari, hindari mengkonsumsi air kelapa yang berlebihan dan pada malam hari. Sehingga selama masa kehamilan sehat selalu dan janin yang ada didalam kandungannya pun tumbuh dengan sehat, selamat mencoba.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janinnya | admin | 4.5