Inilah Hebatnya Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

By On Monday, November 6th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui karena air kelapa tinggi akan nutrisi untuk menjaga kualitas ASI. Mengkonsumsi air kelapa bagi ibu menyusui rupanya dapat memberikan banyak manfaat, bukan hanya menyegarkan tetapi juga menyehatkan karena banyaknya kandungan yang ada dalam air kelapa.

Air kelapa tidak hanya menyegarkan, juga dikenal memiliki khasiat yang baik untuk tubuh dan dipercaya memiliki kemampuan detoksifikasi pada tubuh. Kandungan elektrolit air kelapa diyakini mirip dengan cairan tubuh sehingga mampu menggantikan cairan elektrolit dalam tubuh. Selain baik untuk kesehatan tubuh, manfaat air kelapa untuk diet sehat juga dapat dikonsumsi untuk yang sedang diet.

Ternyata manfaat air kelapa sangat banyak sekali, bukan hanya seperti yang telah disebutkan di atas. Selain bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui, air kelapa juga baik dikonsumsi pada saat masa kehamilan, baik untuk memenuhi nutrisi ibu yang sedang hamil juga baik untuk janin yang ada dalam kandungan. Jadi, mengkonsumsi air kelapa ketika hamil dan menyusui dapat membantu menambah nutrisi dan menambah cairan elektrolit yang dapat mengurangi kontraksi otot ketika masa kehamilan.

manfaat air kelapa untuk ibu menyusui

inilah manfaat air kelapa untuk ibu menyusui yang belum banyak orang tahu

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui

Kandungan dalam air kelapa sangat baik dan aman dikonsumsi ketika ibu hamil dan menyusui. Selain menyegarkan juga dapat menjaga kualitas ASI pada ibu yang sedang menyusui. Berikut ini beberapa manfaat air kelapa untuk ibu menyusui, yaitu :

  1. Meningkatkan produksi ASI

Air kelapa yang mengandung potasium, gula alami dan natrium dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jadi, mengkonsumsi air kelapa secara teratur dan rutin pada saat menyusui dapat meningkatkan produksi ASI.

  1. Pengganti cairan tubuh

Pada saat menyusui maka akan banyak membutuhkan cairan karena banyak pula cairan yang dikeluarkan melalui ASI. Dengan mengkonsumsi air putih mungkin cairan tubuh akan dapat tergantikan, namun mengkonsumsi air kelapa pada saat menyusui cairan yang banyak hilang dapat cepat tergantikan.

  1. Sumber energi alami

Ketika sedang menyusui tentu akan banyak membutuhkan energi. Oleh karena itu, sangat membutuhkan asupan energi yang cukup agar bisa tetap menyusui dan kuat dalam mengurus anak dan yang lainnya. Mengkonsumsi air kelapa sangat baik dan dapat memberikan energi alami.

  1. Meningkatkan HDL tubuh

Kandungan lemak dalam air kelapa sangat rendah, jadi aman dikonsumsi ketika sedang menyusui. Selain itu juga dipercaya meningkatkan HDL dalam tubuh, yaitu kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Mencegah penyakit

Anti-bakteri pada air kelapa berupa tanin mampu mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Maka dari itu dapat melindungi Ibu yang sedang menyusui dan bayinya dari infeksi dan mencegah penyakit. Bukan Cuma itu saja, kandungan asam kaprat dan asam larut dapat meningkat dengan mengkonsumsi air kelapa yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi melalui ASI yang diminumnya.

Baca juga : obat diare paling aman untuk ibu hamil

Selama menyusui juga biasanya Ibu akan mengalami susah buang air atau sembelit. Sebaiknya jangan mengkonsumsi obat-obatan yang belum tentu aman. Dengan mengkonsumsi air kelapa dapat membantu memperlancar sistem pencernaan pada Ibu menyusui, karena air kelapa dapat dijadikan stimulan yang membantu memperlancar sistem pencernaan.

Namun, dalam mengkonsumsi air kelapa sebaiknya jangan sembarangan atau asal pilih. Sebaiknya perhatikan dalam memilih air kelapa yang akan dikonsumsi, seperti air kelapa muda yang masih segar, jangan mengkonsumsi air kelapa bersamaan dengan obat, dan hati-hati juga terhadap kemungkinan alergi pada bayi yang masih mengkonsumsi ASI. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil juga sangat banyak, seperti berikut ini.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa juga cocok dikonsumsi pada saat Ibu masih hamil, karena menyegarkan dan dapat menenangkan perut dan baik juga untuk janinnya. Bagi Ibu hamil, mengkonsumsi air kelapa akan memberikan banyak manfaat seperti berikut ini :

  • Menurunkan tekanan darah

Ketika masa hamil jika sampai mengalami tekanan darah tinggi maka akan berakibat pada kesehatan janinnya. Dengan mengkonsumsi air kelapa maka dapat mencegah resiko mangalami tekanan darah tinggi, karena air kelapa mengandung potasium yang tinggi.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan alami dalam air kelapa berperan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh selama masa kehamilan. Ibu hamil sangat membutuhkan metabolisme tubuh yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa muda metabolisme tubuh dapat terpenuhi.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kondisi detak jantung pada Ibu hamil biasanya tidak stabil, sehingga beresiko pada janinnya juga. Air kelapa muda mengandung kalium dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Kemungkinan pembuluh darah tersumbat pada masa kehamilan biasanya akan terjadi. Dengan mengkonsumsi air kelapa yang mengandung kolesterol baik, maka dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

  • Memperlancar pembuangan urin

Sifat alami dalam air kelapa muda yaitu memiliki sifat diuretik alami. Sifat alami ini dikenal untuk membuang racun dalam tubuh melalui sistem pembuangan seperti saluran kemih. Selama masa kehamilan mengkonsumsi air kelapa muda dapat memperlancar pembuangan urin dan membersihkan saluran kemih dari racun, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

  • Anti bakteri dan virus

Ibu hamil kemungkinan beresiko terserang bakteri dan virus selama masa kehamilannya. Asam larut dalam air kelapa berfungsi dapat membantu melawan dan mencegah terjangkitnya penyakit akibat bakteri dan virus. Selain itu juga menjaga kesehatan janin yang ada didalam kandungannya.

Air kelapa yang mengandung vitamin B dan C juga baik untuk tubuh karena dapat menggantikan jaringan tubuh yang rusak. Selain itu juga, mengkonsumsi air kelapa saat hamil dapat menjadi sumber energi dan daya tahan tubuh juga akan meningkat selama masa kehamilan. Jadi, kondisi tubuh saat hamil akan tetap terjaga dan sehat selalu, juga baik untuk janinnya.

Dalam mengkonsumsi air kelapa sebaiknya perhatikan dan jangan berlebihan. Pastikan mengkonsumsi air kelapa yang masih segar dan hentikan mengkonsumsi air kelapa jika Ibu hamil kurang suka dengan rasanya dan mengalami alergi. Pilihlah air kelapa dari buah kelapa yang masih muda dan segar, biasanya air kelapa hijau yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui.

Itulah beberapa manfaat dari air kelapa untuk ibu hamil dan menyusui yang perlu diketahui. Bukan hanya dikenal sebagai minuman isotonik yang dapat menggantikan cairan tubuh saja, namun air kelapa sangat banyak manfaatnya. Kandungan dalam air kelapa yang alami sangat baik untuk memenuhi kesehatan tubuh, bahkan dapat digunakan untuk bahan pengobatan juga untuk kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba dan semoga mendapatkan manfaatnya.

Inilah Hebatnya Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui | admin | 4.5