Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Pengobatan

By On Monday, May 15th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat air kelapa untuk kesehatan karena kandungannya seperti, vitamin, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat. Selain itu juga dapat digunakan untuk bahan pengobatan, salah satunya untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Pohon kelapa secara alami tumbuh di daerah pantai dengan ketinggian pohon mencapai 30 m. Kelapa merupakan pohon serba guna dan hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Seperti buahnya, buah kelapa yang didalamnya terdapat air yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat digunakan untuk pengobatan seperti mengobati sakit perut. Manfaat air kelapa untuk mengobati sakit perut karena kandungan air kelapa.

Air kelapa mengandung beraneka enzim dan memiliki khasiat penetral racun dan efek penyegar juga penenang. Daging buah kelapa juga merupakan sumber penyegar, dengan daging muda berwarna putih dan lunak, biasanya disajikan sebagai es kelapa muda. Selain itu juga, daging buah kelapa yang tua dapat diambil sarinya, yaitu santan. Dan masih banyak lagi manfaat dari semua bagian pohon kelapa, bukan hanya buah, air, dan daging buah kelapanya saja.

manfaat air kelapa untuk kesehatan

manfaat air kelapa untuk kesehatan dan pengobatan

Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh

Sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat akan manfaat dari air kelapa bagi kesehatan, yang dikenal masyarakat yaitu sebagai penetral racun dalam tubuh, selain itu juga tentunya masih banyak lagi. Berikut ini ada beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa dapat dikatakan sebagai air super yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus. Kandungan yang terdapat dalam air kelapa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti riboflavin, niasin, thiamin, piridoksin, dan folat.

  1. Menghilangkan dehidrasi

Keseimbangan elektrolit dan plasma dalam air kelapa digambarkan hampir sama dengan darah. Maka, dengan mengkonsumsi air kelapa dapat mengatasi masalah dehidrasi, biasanya yang disebabkan oleh penyakit disentri, diare, dan flu perut.

  1. Baik untuk pencernaan

Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim tersebut baik untuk membantu pencernaan dan metabolisme tubuh.

  1. Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu mengatasi radikal bebas. Efek dari racun penggunaan antibiotik dan obat sulfat juga dapat diatasi dengan meminum air kelapa. Air kelapa juga baik dan mempermudah penyerapan, seperti pada saat mengkonsumsi obat.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Kandungan air kelapa dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh, maka dari itu, dapat mengurangi tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi air kelapa.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa dapat dijadikan minuman yang baik dan bergizi untuk kesehatan jantung. Beberapa elektrolit seperti kalium dan magnesium membantu menurunkan resiko stress dan mencegah ketegangan otot, sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Air kelapa memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, anti-inflamasi dan antioksidan. Dengan minum air kelapa maka kesehatan ginjal akan terjaga. Beberapa zat dalam air kelapa juga memiliki fungsi diuretik, yaitu zat yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Mencegah penuaan dini

Asam larut dalam air kelapa dan sitokin merupakan elemen yang penting dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kandungan tersebut memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti- karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu meminimalkan penuaan kulit dan menyeimbangkan PH juga menjaga jaringan kulit.

  1. Menambah energi tubuh

Kandungan vitamin dalam air kelapa cukup tinggi dan dapat memenuhi energi tubuh. Air kelapa juga dapat menggantikan plasma darah dalam tubuh, sehingga sangat baik sebagai minuman penambah energi.

  1. Mengatasi berbagai penyakit

Kandungan dalam air kelapa terbukti ampuh untuk mengatsi berbagai jenis penyakit, seperti migran, sakit perut, penyakit diare, disentri, flu perut dan masih banyak lagi. Manfaat air kelapa untuk mengobati sakit perut dan yang lainnya tidak lepas karena kandungan dalam air kelapa yang berfungsi untuk mengobati.

Itulah beberapa dari manfaat air kelapa untuk kesehatan, bahkan dapat digunakan untuk bahan pengobatan. Selain itu juga, manfaat air kelapa yang lainnya masih ada, seperti untuk kecantikan. Diantaranya dapat mengatasi rambut rontok, kesehatan kulit, dan menurunkan berat badan.

Baca juga : manfaat daun mint untuk kesehatan

Air kelapa juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil, karena dapat meredakan morning sickness dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, dan sodium, air kelapa juga mengandung vitamin C yang baik dan dibutuhkan selama masa kehamilan. Jadi, selain baik untuk ibu yang sedang hamil, baik pula untuk janin yang ada didalam kandungannya.

Ada juga beberapa cara mengkonsumsi air kelapa untuk memenuhi kesehatan setiap harinya. Minumlah air kelapa 1-2 gelas di pagi dan siang hari, namun jangan mengkonsumsi air kelapa di malam hari karena air kelapa merupakan cairan yang mudah dicerna tubuh, ini untuk menghindari timbunana glukosa dalam tubuh. Sebaiknya juga jangan mengkonsumsi air kelapa setiap hari secara berlebihan, karena kandungan kalori dalam air kelapa cukup tinggi.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Pengobatan | admin | 4.5