Tahukah Anda Manfaat dari Air Kelapa untuk Obat Sakit Perut yang Alami

By On Monday, June 12th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat air kelapa untuk obat sakit perut yang alami karena mengandung zat yang dapat menenangkan perut. Selain itu juga air kelapa dikenal untuk mengatasi masalah keracunan, yakni karena kandungan kalium dalam air kelapa yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Sakit perut sendiri sebenarnya penyakit yang umum dan semua orang pasti pernah mengalaminya, dengan berbagai macam penyebab seperti dikarenakan makanan, minuman, masalah pencernaan atau bahkan jenis penyakit yang sifatnya serius dan berat. Jika disebabkan oleh suatu jenis penyakit tertentu, maka perlu diwaspadai karena sakit perut akan datang secara mendadak atau tiba-tiba.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan air kelapa guna mengatasi masalah sakit perut. Air kelapa sangat baik digunakan sebagai obat sakit perut yang alami. Bukan hanya itu saja, air kelapa juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Umumnya air kelapa dikenal sebagai minuman guna mengatasi masalah keracunan dan minuman untuk mencegah dehidrasi. Air kelapa juga mampu menjaga keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh manusia.

manfaat air kelapa untuk obat sakit perut yang alami

tahukah anda manfaat dari air kelapa untuk obat sakit perut yang alami

Penyebab sakit perut berdasarkan kondisinya

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya masalah sakit perut, tergantung pada kondisinya. Berikut ini ada beberapa penyebab dari masalah sakit perut berdasarkan kondisi yang menyertainya, yaitu :

  1. Sakit perut karena diare

Ketika menderita diare pasti akan mengalami sakit perut dengan keadaan kram pada perut yang sering muncul, kemungkinan dikarenakan peradangan pada lambung dan juga usus karena inveksi virus atau bakteri. Selain itu, biasanya juga akan mengalami muntah dan buang air besar secara terus menerus dengan kondisi tinja atau fases yang encer.

  1. Sakit perut karena masuk angin

Masuk angin merupakan kondisi yang umum, dengan gejala sering bersendawa, kembung, dan perut merasa penuh. Kondisi seperti ini akan menyebabkan kram perut dan juga kembung. Biasanya disebabkan oleh makanan, seperti bawang bombai, brokoli, kol, dan minuman bersoda. Angin yang ada dalam perut sendiri terjadi dari proses biologis dari pencernaan makanan dan minuman, seperti makanan berserat tinggi bisa meningkatkan jumlah angin yang diproduksi.

  1. Sakit perut secara mendadak

Jika mengalami sakit perut secara mendadak, maka segera temui dokter atau secepatnya ke rumah sakit. Meskipun hampir semua sakit perut akan sembuh dengan sendirinya, jika datangnya secara tiba-tiba maka perlu diwaspadai. Kondisi seperti ini bisa jadi disebabkan oleh penyakit yang bersifat berat atau serius. Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sakit perut secara mendadak seperti radang usus buntu, batu ginjal, tukak peptik, divertikulitis, dan batu empedu.

  1. Sakit perut kronis

Sakit perut yang sudah kronis biasanya akan sering kambuh dan biasanya disebabkan oleh konstipasi, menstruasi, infeksi saluran kemih dan sakit maag. Sakit perut yang berlangsung dalam jangka waktu lama atau kronis ini perlu diperiksakan ke dokter agar penyebab dasarnya bisa diketahui.

Gejala sakit perut

Pada dasarnya, jika mengalami sakit perut dikarenakan dari sebuah gejala penyakit lain. Namun, jika gejala sakit perut yang dialami tidak membaik bahkan disertai dengan gejala lain seperti muntah, demam, tidak BAB, sering buang air kecil dengan rasa sakit, dan perut terasa sakit jika disentuh, maka disarankan untuk menemui dokter.

Ada juga beberapa gejala lain dengan masalah yang lebih serius ketika mengalami sakit perut, dengan ditandai muntah darah, buang air besar bercampur darah, sulit bernapas, dan sakit perut saat hamil. Biasanya kondisi seperti ini karena masalah serius di dalam perut dan ini harus membutuhkan perawatan secepatnya, jika tidak bisa berakibat fatal.

Untuk kasus sakit perut yang umum terjadi yang disebabkan oleh makanan atau minuman, biasanya tidak perlu mendapatkan penanganan dokter, bahkan sakit perut yang dirasa akan hilang dengan sendirinya. Namun, untuk mencegah resiko bisa dengan mengobatinya yaitu dengan menggunakan air kelapa. Minumlah air kelapa ketika mengalami sakit perut setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan sakit perut.

Baca juga : manfaat air kelapa untuk kesehatan

Pencegahan terhadap sakit perut

Ada beberapa cara untuk mengurangi resiko terjangkit sakit perut dengan menjaga kesehatan perut. Karena tidak semua sakit perut dapat dicegah, maka perlu menjaga kesehatan perut dengan beberapa saran sebagai berikut :

  • Minum air mineral minimal 2 liter setiap hari
  • Mengutamakan makanan yang berserat
  • Untuk menjaga kesehatan perut maka kurangi makanan yang berlemak
  • Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda
  • Bisa dengan mengkonsumsi yogurt untuk kesehatan perut

Kesehatan perut biasanya sangat berhubungan dengan kondisi sistem pencernaan, maka dari itu dengan cara di atas senantiasa bisa menjaga kondisi kesehatan perut. Selain di atas, juga bisa dengan mengkonsumsi air kelapa setiap harinya.

Meskipun masalah sakit perut umum terjadi dan dapat sembuh dengan sendirinya, kecuali yang disebabkan oleh jenis penyakit yang bersifat berat atau serius, alangkah baiknya untuk selalu menjaga kesehatan perut. Pola makan juga tidak boleh sembarangan, hindari mengkonsusmi makanan atau minuman yang dapat mengakibatkan sakit perut.

Olahraga juga sangat penting, selain menjaga kesehatan perut juga dapat menyehatkan tubuh. Semoga dengan selalu menjaga kesehatan bisa terhindar dari masalah sakit perut, baik yang umum terjadi maupun yang bersifat serius, dan juga terhindar dari jenis penyakit yang lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda yang membaca artikel ini.

Tahukah Anda Manfaat dari Air Kelapa untuk Obat Sakit Perut yang Alami | admin | 4.5