Manfaat Air Kelapa untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

By On Saturday, October 21st, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat air kelapa untuk penderita asam lambung karena memiliki kandungan nutrisi alami yang dapat membantu menurunkan kadar asam lambung ketika kadar asam dalam lambung naik. Kandungan kalium dalam air kelapa akan menetralkan pH asam dalam tubuh sehingga menjadi basa.

Asam lambung sendiri merupakan penyakit yang umum terjadi di masyarakat, biasanya dikarenakan naiknya produksi asam lambung dan akan menimbulkan nyeri pada ulu hati juga rasa panas seperti terbakar di dada. Naiknya asam lambung sendiri disebabkan oleh tidak berfungsinya lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus, sehingga menyebabkan kadar asam lambung naik.

Ada juga beberapa faktor yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung, seperti mengkonsumsi obat-obatan, makanan pedas dan asam, minuman beralkohol dan soda, minuman berkafein, kebiasaan merokok, stress dan berat badan yang berlebihan. Gejala yang ditimbulkan sendiri biasanya akan merasakan sensasi terbakar dibagian dada atau nyeri ulu hati, dengan ditandai mual dan produksi air liur maningkat juga mulut terasa pahit karena asam lambung naik ke tenggorokan bahkan sampai mulut.

manfaat air kelapa untuk penyakit asam lambung

manfaat air kelapa untuk mengobati penyakit asam lambung

Kandungan nutrisi dalam air kelapa

Dalam 100 gram air kelapa mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, diantaranya mengandung kalori, lemak, natrium, kalium, serat, gula, protein, kalsium, vitamin C, zat besi dan magnesium. Kandungan dalam air kelapa tersebut dapat membantu mengatasi masalah kenaikan asam lambung.

Dalam air kelapa yang mengandung berbagai nutrisi, baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Bukan Cuma itu saja, manfaat air kelapa karena kandungannya juga dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Selain untuk kesehatan dan pengobatan, juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti manfaat air kelapa untuk wajah, rambut dan kulit.

Manfaat air kelapa untuk asam lambung

Dari sekian banyaknya kandungan nutrisi dalam air kelapa seperti yang telah disebutkan di atas, air kelapa sangat bermanfaat dan dapat mengatasi masalah asam lambung. Berikut penjelasan dari manfaat air kelapa untuk asam lambung.

  1. Air kelapa mengandung serat pangan yang sangat berguna dalam proses pencernaan, dimana kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul akibat kurang sehatnya sistem pencernaan, seperti kenaikan asam lambung.
  2. Air kelapa juga jika dikonsumsi akan dapat mendinginkan lapisan lambung ketika asam lambung naik, serta dapat membantu mengurangi timbulnya sensasi terbakar pada organ lambung. Karena kandungan nutrisi dalam air kelapa sangat bermanfaat untuk membantu kinerja organ-organ pencernaan dalam tubuh, seperti organ lambung.
  3. Air kelapa juga mengandung nutrisi seperti serat dan enzim-enzim alami yang akan membantu menurunkan kadar asam lambung yang naik. Air kelapa juga akan membantu memproduksi lendir yang nantinya akan berguna untuk melindungi organ lambung dari efek yang timbul akibat produksi asam lambung yang berlebihan.
  4. Air kelapa juga merupakan minuman alami yang dapat menenangkan perut jika meminumnya. Masalah seperti naiknya prosuksi asam lambung dapat dinetralisir, dan bukan Cuma itu saja air kelapa juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh secara alami.
  5. Air kelapa juga mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri yang alami, dimana sangat berguna dan bermanfaat untuk asam lambung. Karena kadar asam lambung yang tinggi dapat memicu virus dan bakteri yang dapat merusak lambung.

Nah, itulah manfaat dari air kelapa untuk asam lambung. Untuk mengatasi asam lambung dengan air kelapa, ada cara yang baik dalam mengkonsumsinya. Minumlah air kelapa satu gelas 30 menit setelah makan rutin setiap hari. Sebaiknya jangan mengkonsumsi berlebihan dan jangan dikonsumsi di malam hari menjelang tidur.

Baca juga : manfaat air kelapa untuk rambut

Obat asam lambung

Selain menggunakan air kelapa untuk mengobati asam lambung, ada juga beberapa obat dan bahan alami yang dapat mengobati asam lambung. Ketika kadar asam lambung meningkat, maka segera melakukan tindakan pengobatan. Berikut ini beberapa obat yang dapat digunakan, yaitu :

  • Madu

Manfaat madu memang sangat banyak untuk kesehatan, salah satunya dapat mengatasi asam lambung. Dengan mengkonsumsi madu secara langsung atau bisa dengan mencampurkan dengan minuman, akan membantu menurunkan kadar asam lambung yang naik.

  • Air jahe

Air jahe bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam lambung, karena air jahe bisa menghangatkan tubuh dan menurunkan kadar asam lambung. Dengan merebus jahe lalu saring airnya dan diminum, bisa ditambah dengan sedikit madu.

  • Apel merah

Apel merah memiliki kandungan yang mampu menurunkan asam lambung, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi bahkan mengobati asam lambung.

  • Bawang putih

Bawang putih selain sebagai bumbu masakan juga mampu mengatasi asam lambung. Caranya dengan dikunyah kemudian air sari bawang putih ditelan, sedangkan ampasnya bisa dibuang. Air sari bawang putih mampu menurunkan kadar asam lambung. Walaupun bau dan rasanya kurang enak, tapi manfaatnya ampuh menurunkan kadar asam lambung.

  • Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat yang banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya mampu mengobati asam lambung. Karena kunyit memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar asam lambung. Caranya dengan memarut kunyit kemudian rebus, lalu air rebusan kunyit diminum untuk mengobati asam lambung.

  • Lidah buaya

Lidah buaya selain bermanfaat untuk rambut, juga dapat mengobati asam lambung. Jel lidah buaya dikonsumsi dapat menetralkan asam lambung. Manfaat lidah buaya memang sangat banyak sebagai tanaman, bermanfaat juga untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Kencur

Tanaman obat yang satu ini mampu mengobati asam lambung. Dengan cara ditumbuk lalu diperas, kemudian air perasannya dicampur dengan air hangat lalu diminum.

Itulah beberapa bahan untuk mengobati asam lambung selain menggunakan air kelapa. Selain dengan cara dan bahan di atas, biasanya ada beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi asam lambung, seperti prokinetik, alginat, penghambat reseptor H2, penghambat pompa proton, dan antasida.

Jadi, air kelapa memang sudah terbukti akan manfaatnya, baik untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan seperti untuk mengobati asam lambung. Maka dari itu, pada saat kadar asam dalam lambung naik segera diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa atau menggunakan bahan alami dan obat-obatan di atas. Karena jika penderita asam lambung tidak segera mengobatinya ketika kadar asam naik, akan bisa berakibat pada penyakit lain yang lebih serius.

Manfaat Air Kelapa untuk Penderita Penyakit Asam Lambung | admin | 4.5