Beberapa Manfaat Air Kelapa untuk Rambut yang Penting Diketahui

By On Tuesday, October 10th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat air kelapa untuk rambut yaitu karena air kelapa memiliki banyak kandungan alami yang berguna untuk menyehatkan rambut, selain itu juga baik untuk kulit kepala. Kandungan asam larut dalam air kelapa mampu merangsang pembelahan sel dan meregenerasi sel, jadi baik untuk kesehatan rambut juga kulit kepala.

Air kelapa merupakan minuman alami yang mengandung elektrolit yang dapat mengatasi masalah dehidrasi. Air kelapa juga dikenal sebagai minuman untuk penawar racun atau dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan obat sakit perut yang alami. Selain kandungan elektrolit, kandungan nutrisinya juga tinggi seperti vitamin C, kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk kesehatan juga kecantikan.

Kandungan dalam air kelapa tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, namun bermanfaat juga untuk kecantikan rambut bahkan kulit. Air kelapa memang sudah digunakan sejak dulu untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut dan terbukti sangat efektif. Dengan menggunakan air kelapa juga tidak hanya dapat merawat kesehatan rambut saja, tetapi kulit kepala juga. Nah, berikut ini akan dibahas dan disebutkan beberapa dari manfaat air kelapa untuk rambut.

manfaat air kelapa untuk rambut

beberapa manfaat air kelapa untuk rambut karena kandungannya

Manfaat air kelapa untuk rambut

Buah yang memiliki kandungan air yang banyak manfaatnya, tidak diragukan lagi dan sudah dari sejak dulu digunakan untuk berbagai macam bahan, baik untuk keperluan kesehatan, kecantikan, dan juga bahan pengobatan. Berikut ini ada beberapa manfaat air kelapa untuk rambut, yaitu :

  1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Air kelapa secara alami dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya dengan menggunakan air kelapa untuk keramas atau sebagai kondisioner setelah keramas. Setelah itu diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air.

  1. Menghilangkan ketombe di rambut

Ketombe biasanya terdapat pada rambut, bahkan ketombe yang tidak terkontrol akan berjatuhan ke pakaian sehingga mengurangi rasa percaya diri. Dengan menggunakan air kelapa yang dicampur garam untuk keramas, maka ketombe pada rambut akan berkurang dan hilang. Lalu bilas rambut dengan melakukan keramas menggunakan sampo.

  1. Mengurangi rambut rontok

Rambut rontok terjadi karena beberapa hal, seperti akar rambut yang sudah rapuh, sampo yang tidak cocok dan lainnya. Manfaat air kelapa juga dapat mengurangi rambut rontok, caranya dengan menggunakan air kelapa setiap kali keramas, diamkan dulu beberapa jam sebelum dibilas.

  1. Menguatkan akar rambut

Salah satu solusi untuk menguatkan akar rambut sehingga tidak terjadi kerontokan rambut yaitu dengan menggunakan air kelapa. Secara alami air kelapa dapat menguatkan akar rambut dengan cara menyiramkan air kelapa ke rambut dalam keadaan kering sampai mengenai kulit kepala. Kemudian pijat-pijat kulit kepala selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

  1. Mencegah rambut lepek

Rambut lepek biasanya terjadi karena kulit kepala yang berminyak. Maka dari itu, untuk mengatasinya gunakan air kelapa sebagai perawatan rutin rambut dan kulit kepala. Menggunakan air kelapa dapat dilakukan sehabis keramas sebagai kondisioner.

  1. Melembabkan rambut kering

Rambut yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung dan debu dapat menjadi kering dan kasar. Untuk itu, dengan menggunakan air kelapa dapat melembabkan rambut yang kering. Caranya dengan menggunakan air kelapa sebagai kondisioner dan bungkus kepala dengan handuk selama beberapa menit, kemudian bilas.

  1. Menjadikan rambut lebih hitam berkilau

Mendapatkan rambut hitam berkilau secara alami dapat menggunakan air kelapa. Dengan perawatan rutin menggunakan air kelapa maka rambut akan jadi lebih hitam dan berkilau. Caranya basahi rambut dengan air kelapa sebelum keramas, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu keramas dengan sampo seperti biasa.

  1. Menutrisi rambut

Mendapatkan rambut yang indah dan sehat tidak cukup dengan menggunakan sampo saja. Perawatan alami dengan menggunakan air kelapa dapat menutrisi rambut sehingga rambut menjadi sehat dan tetap ternutrisi.

  1. Mencegah rambut bercabang

Rambut yang bercabang menunjukan bahwa kondisi rambut tersebut tidak sehat. Ujung rambut yang bercabang juga biasanya tampak kering dan memerah. Maka dari itu, untuk mencegah rambut bercabang gunakan air kelapa sebagai kondisioner setelah keramas.

Itulah beberapa manfaat air kelapa untuk rambut yang perlu diketahui. Dengan rambut yang sehat dan ternutrisi, maka akan membuat rasa percaya diri karena rambut tampak lebih hitam dan berkilau secara alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal guna kesehatan kondisi rambut, maka rutin melakukan perawatan menggunakan air kelapa.

Ternyata air kelapa sangat banyak manfaatnya, itu semua tidak lepas karena kandungan dari dalam air kelapa. Selain dikenal dan digunakan untuk mengatasi dan mengeluarkan racun, air kelapa memang bisa digunakan untuk bahan kecantikan. Bukan Cuma itu saja, air kelapa juga sering digunakan untuk bahan pengobatan dan kesehatan.

Baca juga : manfaat air kelapa untuk wajah

Manfaat air kelapa untuk kesehatan dan pengobatan

Karena banyaknya kandungan yang bermanfaat terdapat dalam air kelapa, tidak heran air kelapa memiliki banyak manfaat dan sudah terbukti efektif digunakan sejak dahulu. Berikut ini ada beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan dan pengobatan, yaitu :

  • Menghilangkan dehidrasi
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengatasi batu ginjal
  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Baik untuk pencernaan
  • Menurunkan berat badan
  • Mengontrol gula berlebih
  • Sebagai antioksidan
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengobati sakit perut secara mendadak
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh

Nah, itulah manfaat air kelapa untuk kesehatan dan pengobatan selain untuk rambut. Manfaat air kelapa dapat diperoleh secara maksimal jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Terutama jika mengalami dehidrasi maka akan cepat mengembalikan cairan atau ION yang hilang.

Ada juga tips untuk mengkonsumsi air kelapa untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Konsumsilah air kelapa satu sampai dua gelas di pagi atau siang hari. Sebaiknya jangan mengkonsumsi di malam hari sebelum tidur, karena air kelapa mudah diserap tubuh dikhawatirkan akan mengakibatkan timbunan glukosa.

Selain itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Itulah manfaat air kelapa untuk rambut juga untuk kesehatan dan bahan pengobatan. Semoga bermanfaat dan memberikan pengetahuan maupun menambah wawasan tentang berbagai manfaat air kelapa. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan manfaat dari air kelapa secara maksimal.

Beberapa Manfaat Air Kelapa untuk Rambut yang Penting Diketahui | admin | 4.5