Manfaat Apel Merah untuk Mengatasi Diare yang Alami

By On Thursday, June 15th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat apel merah untuk mengatasi diare karena kandungan serat pada kulit apel merah sangat baik dan dibutuhkan untuk tubuh, terutama sistem pencernaan. Apel merah dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan dan gangguan pencernaan seperti masalah diare.

Penyakit diare sendiri dikarenakan terganggunya sistem pencernaan karena infeksi bakteri. Sehingga mengakibatkan buang air besar secara terus menerus dengan kondisi encernya fases atau tinja. Untuk itu, tubuh memerlukan serat supaya tinja yang encer ketika diare dapat diatasi. Salah satunya bisa dengan menggunakan buah apel merah yang kaya akan serat.

Kandungan dalam buah apel merah sendiri sangat baik untuk memenuhi kesehatan tubuh. Seperti mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, diantaranya vitamin A, C dan B kompleks, serat, fitonutrien, dan mineral. Dengan mengkonsumsi buah apel merah ketika menderita diare, maka akan membantu proses penyembuhan terhadap diare tersebut. Apel merah bisa dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk jus setiap harinya selama mengalami diare.

manfaat apel merah untuk mengatasi diare

manfaat apel merah untuk mengatasi diare yang alami

Cara mengatasi diare menggunakan apel merah

Penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan dan biasanya masuk lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi yang dikonsumsi, sehingga mengakibatkan diare yang ditandai dengan buang air besar secara terus menerus.

Selama diare juga kondisi tinja menjadi encer dan biasanya akan menguras banyak cairan, bahkan diare beresiko mengalami dehidrasi pada penderitanya. Bukan hanya itu saja, diare juga jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar. Maka dari itu, perlu segera mendapatkan penanganan dan pengobatan jika mengalami diare.

Untuk mengatasi diare bisa dengan menggunakan bahan alami, yaitu seperti menggunakan buah apel merah. Cara menggunakan apel merah untuk mengatasi dan membantu mengobati diare sangatlah mudah, cukup dengan mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga diolah dalam bentuk jus. Buah apel akan membantu mengurangi frekuensi buang air besar dan memadatkan tinja karena kandungan seratnya yang tinggi dan baik untuk sistem pencernaan.

Selain menggunakan buah apel merah untuk mengatasi diare, ada juga beberapa bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi diare, seperti buah-buahan, sayuran dan tanaman obat. Bahan alami tersebut merupakan obat diare paling mujarab karena tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi diare, yaitu :

  1. Jambu biji
  2. Buah pisang
  3. Daun jambu biji
  4. Teh chamomile
  5. Biji fenugreek
  6. Buah sirsak
  7. Air kelapa
  8. Bluecerry
  9. Wortel

Itulah beberapa alami lainnya untuk mengobati diare selain menggunakan buah apel merah. Selain itu juga, cara mengobati diare bisa dengan oralit, makan yogurt, mengkonsumsi sereal, banyak minum air putih yang dicampur elektrolit untuk mencegah terjadinya resiko dehidrasi.

Jika menderita diare juga perlu banyak istirahat, karena pada saat diare akan banyak bolak balik kamar mandi. Mengkonsumsi kaldu yang dicampur garam juga dapat membantu proses penyembuhan diare, juga perlu menghindari mengkonsumsi beberapa makanan seperti makanan yang banyak mengandung minyak, kafein, makanan pedas dan asam.

Cara mencegah penyakit diare

Karena diare merupakan jenis penyakit yang beresiko dapat menular dan menyebar, maka perlu adanya tindakan pencegahan, baik sebelum terkena diare maupun sudah. Berikut ini ada beberapa langkah pencegahan terhadap diare yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Mencuci tangan dengan sabun sesudah dan sebelum makan
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang kebersihannya diragukan
  • Pisahkan antara makanan yang sudah matang dengan yang masih mentah
  • Pilihlah bahan makanan yang masih segar jika ingin memasak sebuah makanan
  • Simpanlah makanan pada tempat yang bersih dan hindari dari paparan sinar matahari
  • Sebaiknya jangan minum air mentah atau air keran yang belum dimasak
  • Selalu menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga dan juga lingkungan sekitar

Mungkin selain langkah-langkah diatas bisa dengan selalu menjaga pola makan yang sehat dan bersih, pola hidup yang sehat juga perlu dijalani agar terhindar dari penyakit diare atau jenis penyakit yang lainnya.

Baca juga : obat diare paling manjur

Manfaat apel merah utuk kesehatan dan kecantikan

Selain dapat digunakan dan berkhasiat mengobati diare, apel merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Karena buah apel merah banyak mengandung kandungan yang berguna memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat dari apel merah untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu :

  • Menyehatkan dan merawat kulit
  • Mengandung nutrisi penting untuk tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol tubuh
  • Memperkuat sisitem imun tubuh
  • Baik untuk diet dan menambah energi
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Mencegah penyakit kanker
  • Mencegah penyakit alzheimer
  • Baik untuk kesehatan gigi

Buah apel merah selain memiliki rasa yang manis, renyah, dan segar juga memiliki banyak manfaat. Baik untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan. Konsumsilah apel merah setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Baik secara langsung, diolah dalam bentuk jus maupun sebagai pencuci mulut setelah makan.

Semoga dengan mengetahui manfaat buah apel merah untuk mengatasi diare dapat membantu Anda yang menderita diare dan juga menambah wawasan bagi yang membacanya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, mengatur pola makan dan hidup sehat. Semoga bermanfaat dan senantiasa sehat selalu, terhindar dari penyakit diare dan janis penyakit yang lainnya.

Manfaat Apel Merah untuk Mengatasi Diare yang Alami | admin | 4.5