Manfaat Apel untuk Obat Diare yang Alami dan Efektif

By On Tuesday, November 15th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat apel untuk obat diare karena kandungan buah apel seperti pactin, glukosa dan serat mampu membantu mengobati penyakit diare. Namun, biasanya harus dikonsumsi dengan dijadikan saus apel terlebih dahulu, ini karena tekstur yang padat dan berserat tinggi.

Buah apel sangat kaya akan kandungan seratnya, maka dari itu apel bermanfaat untuk mengobati diare. Bahkan apel mampu mencegah dan baik dikonsumsi pada saat diare. Apel juga mengandung banyak vitamin serta mineral yang jumlahnya sama tinggi dengan kandungan seratnya. Apel juga sebenarnya memiliki kandungan yang sama seperti pisang, jadi dapat mempercepat penyembuhan diare.

Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya bakteri. Bakteri penyebab diare tersebut akan menginfeksi saluran pencernaan. Biasanya penderita akan mengalami buang air besar secara terus menerus dan ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan. Penyebab diare akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus, bakteri atau parasit. Diare juga timbul akibat beberapa faktor, seperti faktor infeksi, efek samping obat-obatan tertentu dan bisa juga karena faktor psikologi seperti gelisah.

manfaat apel untuk obat diare

manfaat apel untuk obat diare yang alami dan efektif

Cara mengobati diare dengan buah apel

Penyakit diare yang merupakan jenis penyakit yang disebabkan akibat konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri atau parasit. Biasanya ditandai dengan gejala sakit perut, kram pada bagian perut, mual dan muntah terkadang ada darah pada tinja.

Gejala seperti diatas biasanya akan dirasakan penderita diare, ini karena didalam sistem pencernaan sudah terinfeksi virus, bakteri maupun parasit. Maka dari itu, mengkonsumsi buah apel pada saat diare akan dapat mencegah dan membantu mengobati diare. Namun, untuk mendapatkan manfaat apel guna mengobati diare, apel sebaiknya dibuat saus apel terlebih dahulu.

Buah apel yang diolah menjadi saus apel akan mudah dicerna, karena apel memiliki tekstur yang padat dan berserat tinggi. Maka dari itu, apel yang dibuat saus apel bertujuan untuk memperoleh kandungan pactin, glukosa serta zat lain yang bisa mengurangi diare. Pada saat menderita diare, keadaan usus sangat lemah sehingga apel perlu dihaluskan terlebih dahulu. Apel juga mengandung antioksidan yang mampu mengusir bakteri jahat penyebab penyakit diare yang ada dalam tubuh.

Cara lain mengobati penyakit diare

Penyakit diare memang jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja dengan segala umur. Untuk mengobatinya, ada banyak cara yang bisa dilakukan selain menggunakan buah apel. Berikut ini ada beberapa cara mengobati penyakit diare yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Menggunakan oralit

Salah satu cara mengobati diare yaitu menggunakan oralit. Cairan oralit dapat digunakan untuk meredakan dan mengurangi cairan dalam fases penderita diare.

  1. Makan yogurt

Mengkonsumsi yogurt pada saat diare dapat membunuh bakteri penyebab diare. Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt mampu membunuh bakteri jahat yang ada dalam tubuh.

  1. Jambu biji dan daunnya

Jambu biji memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengobati diare, bukan hanya buahnya saja, tapi daun jambu biji juga memiliki sifat anti diare. Jadi, mengkonsumsi jambu biji pada saat diare akan mengobati diare. Manfaat daun jambu biji untuk obat diare juga bisa digunakan dengan cara merbusnya.

  1. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan yang dapat mencegah dan mengobati diare seperti bluberry, pisang, salak dan yang memiliki serat tinggi. Karena buah tersebut selain memiliki serat tinggi juga mengandung zat yang dapat mencegah dan mengobati diare.

  1. Mengkonsumsi sayuran

Selain mengkonsumsi buah pada saat diare untuk membantu penyembuhan, mengkonsumsi sayuran juga dapat membantu proses penyembuhan diare. Sayuran yang mengandung karbohidrat dan nutrisi sangat baik dikonsumsi pada saat diare. Jenis sayuran yang baik dikonsumsi pada saat diare diantaranya seperti wortel dan kentang.

Cara mengobati diare di atas merupakan sebagian dari cara yang dapat dilakukan, mungkin masih banyak lagi cara yang membantu untuk mengobati dan mencegah pada saat menderita penyakit diare. Selain mengobati, langkah pencegahan juga sangat penting, karena diare merupakan jenis penyakit yang dapat menyebar dan menular.

Baca juga : tips diet dengan buah apel

Cara mencegah penyakit diare

Mengobati suatu penyakit memang merupakan tindakan yang penting, namun tidak kalah pentingnya melakukan tindakan pencegahan. Berikut ini ada beberapa cara pencegahan terhadap penyakit diare yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang kebersihannya diragukan
  • Memisahkan makanan yang mentah dengan yang matang
  • Mengutamakan bahan makanan yang masih segar
  • Jangan membiarkan makanan ditinggal di bawah paparan sinar matahari
  • Jangan minum air keran
  • Menyimpan makanan di kulkas
  • Menjaga kebersihan lingkungan terutama pada air yang setiap harinya di pakai untuk kebutuhan

Itulah beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diare. Penyakit diare hendaknya segera ditangani, karena diare merupakan jenis penyakit yang bisa berpotensi menyebar. Dengan melakukan tindakan pencegahan mulai dari kontak pertama hingga penyebarannya, maka diare tidak akan menyebar dan menular.

Pentingnya pengobatan suatu penyakit dan melakukan tindakan merupakan langkah yang sangat baik jika menderita suatu penyakit. Dari manfaat apel untuk mengobati diare di atas, senantiasa penyakit diare yang Anda derita bisa ditangani dan diobati. Namun, bukan hanya dengan manfaat apel saja, cara lain di atas juga bisa dilakukan untuk mengatasi diare. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda yang membacanya.

Manfaat Apel untuk Obat Diare yang Alami dan Efektif | admin | 4.5