Inilah Manfaat Buah Alpukat untuk Menurunkan Berat Badan atau Diet

By On Monday, November 7th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat buah alpukat untuk diet karena kandungan yang dimilikinya. Buah alpukat memang memliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan atau diet. Kandungan lemak dalam alpukat juga bukan lemak jenuh, tapi lemak yang baik untuk tubuh.

Banyak orang yang beranggapan buah alpukat merupakan jenis buah yang justru akan menambah berat badan karena kandungan lemaknya. Namun, hal tersebut sebenarnya salah, karena kandungan lemak dalam alpukat merupakan kandungan lemak yang bermanfaat bagi tubuh. Yaitu kandungan lemak tak jenuh tunggal serta asam lemak oleat. Jadi, tips diet sehat dengan buah alpukat sangat dianjurkan.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat pada saat diet tidak akan menambah berat badan karena kandungan lemaknya. Para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi buah alpukat pada saat makan siang dapat mengurangi lemak di perut. Selain itu, hal tersebut juga akan mengurangi sindrom metabolik. Kandungan antioksidannya juga merupakan kandungan yang dapat melawan radikal bebas. Sehingga, mengkonsumsi buah alpukat dengan memasukan kedalam menu diet akan membantu menurunkan berat badan.

manfaat buah alpukat untuk diet

inilah manfaat buah alpukat untuk menurunkan berat badan atau diet

Kandungan gizi buah alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan antioksidan atau karetanoid yang sangat tinggi. Tidak ada kandungan lain yang melebihi kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah alpukat. Kandungan antioksidan yang dimiliki alpukat yaitu sebagai berikut :

  1. Alpha – carotene
  2. Beta – carotene
  3. Beta – cryptoxanthin
  4. Chrysanthemaxanthin
  5. Lutein
  6. Neochrome
  7. Neoxanthin
  8. Violaxanthin
  9. Zeaxanthin

Dari kandungan diatas, buah alpukat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah alpukat mengandung serat yang tinggi. Maka dari itu, buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada saat diet. Karena serat buah alpukat mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Buah alpukat juga dianggap sebagai salah satu jenis buah yang paling sehat, karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting. Buah alpukat juga mengandung vitamin A, B, C, E, K dan tembaga, besi, fosfor, magnesium dan potasium. Buah alpukat juga mengandung serat, protein dan beberapa phytochemical yang bermanfaat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Manfaat buah alpukat untuk diet

Dari sekian banyak kandungan yang dimiliki buah alpukat, tidak heran kalau buah alpukat memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan, buah alpukat juga memiliki manfaat untuk diet, karena buah alpukat juga merupakan buah yang bagus untuk diet sehat. Berikut ini merupakan manfaat alpukat untuk diet yaitu :

  • Buah alpukat merupakan makanan sumber lemak yang baik untuk menggantikan lemak tidak baik.
  • Buah alpukat selain mengenyangkan dan memberikan tenaga, dikenal juga sebagai makanan yang rendah kalori.
  • Buah alpukat memberikan asupan nutrisi yang cukup besar apabila dijadikan menu sarapan dan menambah dari kebutuhan serat dan lemak harian.
  • Buah alpukat dapat membantu memperbaiki dan membantu pertumbuhan jaringan otot apabila dikonsumsi dengan telur, karena akan memiliki protein yang tinggi.
  • Buah alpukat mengandung lebih sedikit gula dibanding dengan buah segar lainnya, sehingga tidak akan membuat gemuk.
  • Buah alpukat memiliki kandungan lemak sekitar 75%, namun lemak tersebut merupakan lemak yang baik atau lemak tak jenuh yang dapat menggantikan lemak tidak baik dalam tubuh.
  • Buah alpukat memiliki serat yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga dengan mengkonsumsi buah alpukat dapat menggantikan menu makanan yang lain.
  • Buah alpukat mengandung kalium yang bisa membantu menurunkan berat badan, sehingga buah alpukat membantu menggantikan kebutuhan elektrolit yang hilang.

Baca juga : menu diet yang bagus dan sehat

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan

Berikut ini ada beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan, karena buah alpukat memiliki banyak kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh juga bermanfaat mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan yaitu sebagai berikut :

  • Untuk kesehatan jantung

Kandungan dalam buah alpukat seperti vitamin B6 dan asam folat, dapat membantu mengatur kadar homocysteine. Tingginya homocysteine dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Kandungan lain seperti vitamin E, glutathione dan lemak tak jenuh tunggal membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Mengontrol tekanan darah dan anti-inflamasi

Buah alpukat merupakan sumber potassium atau kalium yang sangat baik dan dapat membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, senyawa phytonutrisi dalam buah alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mampu mengurangi resiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Senyawa dalam alpukat yaitu senyawa beta-sitosterol mampu menurunkan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian, memasukan buah alpukat kedalam menu diet selama 7 hari memiliki total 17% penurunan kadar kolesterol darah.

  • Untuk kesehatan mata
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Mengurangi resiko stroke
  • Mencegah cacat lahir
  • Mencegah kanker
  • Melawan radikal bebas
  • Meningkatkan penyerapan nutrisi
  • Perawatan kulit dan menambah berat badan

Dari sekian banyaknya manfaat buah alpukat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah alpukat memang baik jika dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Pada saat diet, maka dikonsumsi sebagai pengganti menu makan atau bisa ditambahkan kedalam menu makan.

Itulah manfaat buah alpukat untuk menurunkan berat badan atau diet dan juga beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan, kecantikan, dan bahan pengobatan. Selain dengan mengkonsumsi buah alpukat untuk menurunkan berat badan, sebaiknya diet juga perlu dibarengi dengan berolahraga. Sehingga berat badan akan cepat turun dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Inilah Manfaat Buah Alpukat untuk Menurunkan Berat Badan atau Diet | admin | 4.5