Manfaat Buah dan Sayur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

By On Monday, July 31st, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat buah dan sayur untuk menurunkan berat badan bisa dengan memilih jenis buah dan sayur yang kaya akan kandungan seratnya. Namun, bukan hanya tinggi serat saja, juga jenis buah dan sayur tersebut yang mengandung vitamin, nutrisi,mineral dan gizi yang tinggi.

Ada beberapa pilihan buah dan sayur yang baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan, seperti buah apel, pear, pisang, brokoli, bayam, wortel dan lain sebagainya. Jenis buah dan sayur tersebut memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, juga kandungan vitamin, mineral dan gizi yang cukup tinggi juga. Jadi, selain baik untuk diet, juga baik untuk kesehatan tubuh.

Buah dan sayur tersebut memiliki manfaat dan peran yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Karena dapat memberikan efek kenyang lebih lama jika dikonsumsi. Namun, selain mengkonsumsi buah dan sayur untuk membantu menurunkan berat badan, juga harus dibarengi hal lain selama proses diet. Seperti melakukan olahraga, mengatur pola makan, dan hindari stress dengan cukup istirahat. Dengan demikian, maka berat badan akan cepat turun secara maksimal.

manfaat buah dan sayur untuk menurunkan berat badan

manfaat buah dan sayur untuk membantu menurunkan berat badan

Buah dan sayur yang baik untuk diet

Ada banyak cara dan tips dalam melakukan diet, salah satunya dengan mengurangi beberapa asupan makanan. Selain itu juga dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur. Berikut ini ada beberapa pilihan buah dan sayur yang baik dikonsumsi pada saat diet, yaitu :

  1. Pisang

Buah yang banyak manfaatnya baik untuk kesehatan maupun untuk membantu pengobatan. Salah satunya juga memiliki manfaat untuk digunakan membantu menurunkan berat badan saat diet. Kandungan potasium dalam buah pisang dan seratnya yang tinggi bermanfaat membantu menurunkan berat badan dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama apabila mengkonsumsinya. Pisang juga merupakan satu-satunya buah yang memiliki kandungan vitamin B6 yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah yang lainnya.

  1. Wortel

Selain memiliki manfaat untuk mata, wortel juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan dalam wortel seperti beta karoten yang sangat tinggi mampu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak secara cepat. Kandungan serat dalam wortel juga sangat banyak, seperti serat larut kalsium pektat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan nafsu makan yang berlebihan. Sehingga wortel dapat dijadikan menu makan pada saat diet.

  1. Apel

Buah apel sangat kaya akan kandungan seratnya, namun rendah kalorinya. Apel juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang mana jumlahnya sama tingginya dengan kandungan seratnya. Kandungan tersebut akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Dengan mengkonsumsi buah apel, maka akan dapat memberikan efek kenyang lebih lama pada perut saat diet.

  1. Brokoli

Kandungan dalam brokoli sangat bermanfaat untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kandungan lain brokoli seperti protein, karbohidrat, antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, brokoli merupakan jenis sayuran terbaik untuk membantu menurunkan berat badan.

  1. Alpukat

Banyak orang yang beranggapan mengkonsumi buah alpukat saat diet justru akan menambah berat badan naik. Namun, hal itu sebenarnya salah karena kandungan lemak yang ada dalam buah alpukat merupakan lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat menggantikan lemak jahat dalam tubuh, selain itu juga alpukat mengandung serat yang tinggi. Sehingga manfaat buah alpukat untuk diet akan membantu perut merasa kenyang lebih lama karena kandungan yang terdapat didalamnya.

  1. Kacang-kacangan

Sayuran jenis kacang-kacangan sering disebut sebagai makanan satu-satunya yang memiliki fungsi sebagai pembakar lemak dalam tubuh yang sangat efektif. Ini dikarenakan oleh kandungan serat dalam kacang-kacangan yang tinggi dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, zat tepung dalam kacang-kacangan yang dicerna dalam tubuh akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Maka dari itu sayuran jenis kacang-kacangan sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

  1. Bauh pear

Kandungan serat buah pear jauh lebih tinggi dibanding dengan jenis buah lainnya. Maka dari itu, buah pear merupakan salah satu fruit super dalam hal menurunkan berat badan. Kandungan serat yang dimiliki buah pear akan membantu perut merasa kenyang lebih lama. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah pear dapat menggantikan menu makan pada saat diet. Kandungan potassium dalam buah pear juga bermanfaat untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat.

  1. Asparagus

Jenis sayuran yang satu ini dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Ini dikarenakan kandungan serat dalam asparagus yang tinggi. Untuk menurunkan berat badan, maka jadikan asparagus sebagai pengganti menu makan. Mengkonsumsi asparagus setelah makan nasi akan membantu menunda rasa lapar cukup lama dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Jenis buah dan sayur di atas sangat membantu dalam menurunkan berat badan, selain itu juga kebutuhan kesehatan tubuh bisa terpenuhi selama melakukan diet. Mengkonsumsi buah dan sayur di atas bisa dijadikan menu diet yang bagus dan sehat atau dijadikan menu tambahan selama menjalankan program diet.

Baca juga : tips jitu menurunkan berat badan

Tips diet sehat secara alami

Selain dengan memanfaatkan buah dan sayur dalam melakukan diet untuk menurunkan berat badan, ada juga beberapa tips diet sehat dengan cara alami yang bisa dilakukan. Berikut ini merupakan tips diet sehat secara alami, yaitu :

  • Melakukan sarapan

Sarapan juga penting ketika sedang diet, karena sebagai sumber energi utama dalam melakukan aktifitas seharian. Jika melewatkan sarapan ketika sedang diet, maka justru akan memicu lebih banyak makan dan jajan.

  • Olahraga

Melakukan olahraga ketika diet sangat penting, karena dengan diet yang dibarengi berolahraga maka mempercepat proses penurunan berat badan. Berat badan juga tidak akan mudah naik lagi.

  • Minum air putih

Dengan mencukupi atau memperbanyak minum air putih dapat membantu proses penurunan berat badan. Karena air putih dapat meningkatkan hidrasi sel dalam tubuh dan dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh.

  • Hindari makanan berikut

Ketika sedang diet, perlu menghindari beberapa makanan seperti makanan yang memicu berat badan naik. Contohnya makanan berlemak tinggi, makanan manis dan minuman yang mengandung soda.

Selain dengan tips alami di atas, diet juga harus memperhatikan kondisi tubuh. Sebaiknya jangan sampai kelelahan karena kurang istirahat atau bahkan timbul stress. Satu hal yang penting lagi yaitu dengan adanya niat dan tekad yang sungguh-sungguh, serius dan konsisten dalam melakukannya.

Karena banyak kasus kegagalan dalam melakukan diet dengan kurangnya niat dan konsistensi dalam melakukannya. Faktor kegagalan lain juga berpengaruh, seperti kurangnya istirahat atau tidur, stress, telat makan, makan setelah berolahraga, dan makan di malam hari menjelang istirahat atau tidur.

Jadi, diet yang alami untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan hasil yang maksimal harus dengan adanya niat dan tekad yang kuat, sungguh-sungguh dalam melakukannya dan konsisten. Semoga tips diet alami dengan memanfaatkan buah dan sayur untuk membantu menurunkan berat badan bisa jadi solusi bagi Anda yang sedang atau ingin melakukan diet, semoga bermanfaat juga bagi Anda yang membacanya.

Manfaat Buah dan Sayur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan | admin | 4.5