Manfaat Buah Sirsak untuk Mengobati Penyakit Diare yang Alami

By On Sunday, February 26th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat buah sirsak untuk mengobati diare yang alami ternyata sudah terbukti dan ampuh. Buah sirsak selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan obat yang dapat membantu mengobati penyakit diare.

Kandungan senyawa dalam buah sirsak seperti serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, lemak, air, fosfor dan kalium bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Selain itu juga bermanfaat dalam pengobatan suatu jenis penyakit. Daunnya juga memiliki khasiat yang sama dalam pengobatan jenis penyakit tertentu. Salah satunya dapat digunakan untuk mengatasi masalah diare.

Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, parasit dan virus, dimana bakteri, parasit maupun virus masuk melalui makanan yang kebersihannya diragukan yang dikonsumsi, kemudian menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Jika sudah demikian maka akan mengakibatkan diare yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan. Maka dari itu, jika mengalami penyakit diare perlu segera ditangani, karena diare juga termasuk jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar.

manfaat buah sirsak untuk mengobati diare

manfaat buah sirsak untuk mengobati penyakit diare yang alami

Cara alami mengobati diare dengan buah sirsak

Buah sirsak merupakan buah yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan diare. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan buah sirsak yang sudah matang. Berikut ini ada beberapa langkah dalam mengolah buah sirsak untuk mengobati diare, yaitu :

  1. Sediakan buah sirsak yang sudah matang, satu buah
  2. Kemudian peras buah sirsak tersebut hingga keluar airnya
  3. Minumlah air perasan buah sirsak tersebut
  4. Minum ramuan air perasan buah sirsak 2 kali sehari

Cara mengobati penyakit diare dengan buah sirsak di atas bisa Anda lakukan ketika menderita diare. Pengolahan buah sirsak di atas untuk mengobati diare bisa untuk semua kalangan yang menderita diare, baik balita, anak-anak maupun orang dewasa. Namun, jika diare yang Anda derita setelah melakukan pengobatan dengan buah sirsak masih belum membaik dalam beberapa hari, maka segera pergi ke dokter untuk memeriksaakan kondisinya.

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

Selain digunakan untuk mengobati penyakit diare dan yang dikenal masyarakat sebagai pencegah maupun mengobati penyakit kanker, manfaat buah sirsak untuk kesehatan juga tentunya masih banyak. Baik buahnya maupun daunnya sama-sama memiliki khasiat untuk mencegah resiko penyakit kanker. Berikut ini ada beberapa manfaat dari buah sirsak untuk kesehatan, yaitu :

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan
  • Mengurangi resiko serangan jantung
  • Mencegah dan melawan kanker
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Mencegah penyakit katarak
  • Mengobati penyakit diare
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengobati asam urat

Itulah berbagai manfaat dari buah sirsak untuk kesehatan yang dapat diketahui. Selain dikenal sebagai buah pencegah kanker, baik buahnya maupun daunnya, buah sirsak memang merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga : manfaat sayuran untuk obat diare

Cara mencegah penyakit diare

Cara mengobati penyakit diare dengan buah sirsak seperti di atas merupakan cara alami yang bisa digunakan. Selanjutnya selain melakukan pengobatan terhadap penyakit diare, langkah yang tidak kalah penting yaitu melakukan tindakan pencegahan.

Karena penyakit diare merupakan jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar, maka dari itu tindakan pencegahan sangatlah penting dilakukan. Bukan hanya untuk mengurangi resiko penularan dan penyebaran saja, namun untuk meminimalis resiko terserangnya penyakit diare lagi. Berikut ini ada beberapa langkah pencegahan terhadap penyakit diare yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan menggunakan sabun
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang kebersihannya diragukan
  • Usahakan selalu mengutamakan bahan makanan yang masih segar
  • Selalu mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet
  • Membersihkan kamar mandi dan toilet sehabis dipakai
  • Menjaga kebersihan lingkungan terutama pada air yang setiap harinya dipakai dan dikonsumsi

Perbanyaklah beristirahat ketika sedang menderita diare, hindari juga makanan atau minuman yang menyebabkan diare bertambah parah. Seperti menghindari mengkonsumsi buah-buahan yang berserat tinggi, diantaranya buah mangga. Minuman bersoda, kafein, dan beralkohol juga jangan mengkonsumsi obat-obatan diare tanpa resep dokter.

Penyakit diare bisa menyerang siapa saja dari semua kalangan dan semua jenis umur, karena diare merupakan jenis penyakit yang umum dan disebabkan oleh bakteri. Jika kurang menjaga kebersihan maka resiko terserang diare kemungkinannya sangat besar. Namun, pada dasarnya tidak ada manusia yang terlepas dari resiko terserang penyakit, baik diare maupun jenis penyakit yang lainnya.

Di atas telah dijelaskan beberapa manfaat buah sirsak untuk mengobati penyakit diare dan juga manfaat lain dari buah sirsak untuk kesehatan. Buah sirsak selain dapat membantu mengobati penyakit diare juga merupakan buah yang kaya akan manfaatnya. Selain penyakit diare, jenis penyakit lain juga dapat diobati dengan buah sirsak. Pada dasarnya tidak ada jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan, pasti semua ada obatnya. Untuk terhindar dari penyakit diare maupun jenis penyakit lainnya, maka senantiasa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan mengatur pola makan yang sehat.

Manfaat Buah Sirsak untuk Mengobati Penyakit Diare yang Alami | admin | 4.5