Inilah Manfaat dari Daun Jambu Biji untuk Obat Diare yang Alami

By On Monday, November 14th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat daun jambu biji untuk obat diare yang alami sudah dipercaya dan digunakan sejak dari zaman dahulu. Bukan hanya buahnya saja, tetapi daun jambu biji juga bermanfaat untuk dijadikan obat diare yang alami. Selain alami, tentunya tanpa efek samping.

Jambu biji merupakan jenis buah yang berbentuk bulat dan memiliki biji kecil-kecil didalm buah dagingnya. Selain itu, daun jambu biji yang berwarna hijau memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk mengobati penyakit diare. Daun jambu biji biasanya yang digunakan sebagai obat diare yaitu daun yang masih muda, dan diolah dengan berbagai macam cara tradisional.

Untuk mengobati diare dengan menggunakan daun jambu bisa dengan cara langsung mengunyah daun jambu biji yang masih muda. Namun, masih ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji untuk mengobati penyakit diare. Secara umum, masyarakat memanfaatkan daun jambu biji untuk mengobati diare dengan mencampurkan garam pada daun jambu biji, kemudian dikunyah. Bisa juga dengan ditumbuk terlebih dahulu, lalu ambil sarinya kemudian diminum.

manfaat daun jambu biji untuk obat diare

inilah manfaat dari daun jambu biji untuk obat diare yang alami

Manfaat daun jambu biji untuk obat diare

Daun jambu biji dianggap sebagai salah satu obat diare karena memiliki sifat anti diare, terutama yang disebabkan oleh infeksi. Ini dikarenakan daun jambu biji memiliki zat flavonoid yang didalamnya terdapat quercetin glycosid yang mampu menghambat dan mengurangi diare.

Kandungan dalam daun jambu biji memiliki manfaat untuk mengobati diare, seperti kandungan zat tannin yang berguna untuk mengecilkan pori-pori usus yang membuat aliran air yang masuk kedalam usus besar berkurang, sehingga membuat tinja menjadi keras. Tannin juga berguna sebagai penghambat pertumbuhan mikroorganisme dalam perut yang menyebabkan diare.

Buahnya juga sama memiliki manfaat untuk mengobati diare. Manfaat jambu biji untuk mengobati diare kurang lebih sama dengan manfaat daunnya untuk obat diare. Untuk memanfaatkan daun jambu biji guna mengobati diare bisa dengan cara merebusnya, mengunyah langsung daun jambu biji yang masih muda biasanya dicampur dengan garam dapur. Namun, daun jambu biji dapat diolah dengan berbagai macam cara untuk mengobati diare. Bisa dengan cara di rebus, kunyah, tumbuk, seduh dan bisa juga dengan memakannya langsung.

Cara mengolah daun jambu biji untuk obat diare

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit diare dengan menggunakan daun jambu biji. Secara tradisional masyarakat menggunakan daun jambu biji untuk obat diare dengan cara-cara sebagai berikut, yaitu :

  1. Rebus

Sediakan beberapa helai daun jambu biji yang masih muda dan 2-3 gelas air atau secukupnya. Kemudian rebus air dan masukan daun jambu biji. Setelah mendidih, angkat dan saring air rebusannya. Setelah dingin bisa minum air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diare. Minum air rebusan daun jambu biji secara rutin setiap hari sampai diare sembuh.

  1. Kunyah

Cara yang berikutnya dengan dikunyah secara langsung. Ambil beberapa helai daun jambu biji yang masih muda, bersihkan dengan air lalu dikunyah. Pada saat mengunyah daun jambu biji, boleh dimakan atau cuma diambil sarinya. Dengan rutin mengunyah daun jambu biji maka akan dapat mengobati penyakit diare.

  1. Tumbuk

Untuk memanfaatkan daun jambu biji guna mengobati diare yang berikutnya yaitu dengan cara ditumbuk. Langkah-langkahnya mudah dan sederhana. Siapkan beberapa helai daun jambu biji dan segelas air putih yang matang. Kemudian tumbuk daun jambu biji sampai halus, setelah itu tumbukan daun jambu biji masukan kedalam segelas air matang lalu diperas. Minumlah air perasan tumbukan daun jambu biji 2 kali sehari secara rutin, maka diare akan dapat di obati.

  1. Seduh

Cara berikutnya yaitu dengan di seduh. Langkah-langkahnya dengan merebus air sampai mendidih kemudian seduh pada daun jambu biji atau daun jambu biji bisa langsung bareng dimasukan kedalam rebusan air. Setelah itu, bisa meminum air seduhan jambu biji untuk mengobati diare. Bisa juga dengan menyeduh dicampur dengan teh.

  1. Dengan cara memakannya langsung

Cara yang ini sangatlah mudah, yaitu dengan memakan langsung daun jambu biji yang masih muda. Maka akan mendapatkan manfaatnya untuk mengobati penyakit diare. Langkah-langkanya yaitu dengan menyediakan daun jambu biji, lalu di cuci sampai bersih dengan air. Kemudian makan daun jambu biji tersebut. Bisa ditambahkan dengan garam pada saat memakannya.

Baca juga : manfaat jambu biji untuk kesehatan

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengolah daun jambu biji sebagai obat penyakit diare. Selain daun jambu biji yang bermanfaat untuk mengobati diare, buah jambu biji juga memiliki manfaat yang sama, yaitu mampu mengatasi diare.

Jambu biji memang jenis buah yang kaya akan manfaat, bermanfaat untuk mengobati diare dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat jambu biji untuk kesehatan sangatlah banyak, selain mengatasi diare juga sebagai obat demam dan batuk, menyehatkan tiroid, mengoptimalkan penglihatan mata, mampu mengatasi diabetes dan masih banyak lagi.

Diare memang penyakit yang bisa menyerang siapa saja dari segala umur. Agar terhindar dari penyakit diare dan jenis penyakit lainnya, sebaiknya untuk melakukan tindakan pencegahan. Tidak lupa juga untuk selalu mengatur pola hidup dan pola makan yang sehat. Semoga artikel tentang manfaat daun jambu biji untuk obat diare bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda yang membacanya.

Inilah Manfaat dari Daun Jambu Biji untuk Obat Diare yang Alami | admin | 4.5