Manfaat Daun Kayu Putih untuk Mengobati Diare pada Balita dan Anak

By On Tuesday, November 29th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat daun kayu putih untuk mengobati diare pada balita dan anak dengan cara pengolahan yang cukup mudah, yaitu dengan merebus daun kayu putih lalu berikan air rebusan daun kayu putih tersebut pada balita dan anak yang menderita diare satu kali setiap hari sampai sembuh.

Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan parasit yang masuk kedalam tubuh dan menginfeksi sistem pencernaan seperti usus. Umumnya bakteri akan masuk melalui makanan yang dikonsumsi. Penyakit diare ditandai dengan kondisi encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya.

Gejala diare pun ditandai dengan bermacam-macam tanda dimuali dari merasakan sakit perut singkat dengan tinja yang tidak terlalu encer hingga mengalami kram pada perut, kemudian tinja menjadi sangat encer. Faktor penyebabnya juga ada banyak, seperti infeksi usus yang dikarenakan oleh mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi. Maka dari itu, jika balita dan anak Anda mengalami gejala tersebut perlu segera ditangani. Bisa dengan menggunakan daun kayu putih sebagai obat diare untuk balita dan anak.

manfaat daun kayu putih untuk mengobati diare

manfaat daun kayu putih untuk mengobati diare pada balita dan anak

Cara mengobati diare dengan daun kayu putih

Ada banyak bahan alami untuk mengatasi penyakit diare, salah satunya bisa dengan menggunakan daun kayu putih. Untuk mengobati diare pada balita dan anak Anda dengan menggunakan daun kayu putih yaitu bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Sediakan 6-10 gram daun kayu putih kering
  2. Sediakan 2 gelas air putih
  3. Kemudian rebus air hingga mendidih
  4. Lalu masukan daun kayu putih kedalam rebusan air
  5. Tunggu hingga air rebusan kira-kira tersisa 1 gelas
  6. Setelah itu angkat dan diamkan sampai dingin
  7. Minumlah air rebusan daun kayu putih tadi setiap hari sampai diare sembuh

Cara memanfaatkan daun kayu putih untuk mengobati diare di atas bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Apabila diare pada balita dan anak belum juga membaik dan sembuh setelah mengkonsumsi rebusan daun kayu putih, maka segeralah bawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain menggunakan daun kayu putih untuk mengatasi penyakit diare, menggunakan bahan alami lainnya juga dapat dilakukan. Seperti menggunakan tanaman obat jenis lainnya dan juga buah dan sayuran. Tanaman obat yang dapat mengobati penyakit diare seperti daun sendok, kunyit, kayu manis, daun kesumba keling dan masih banyak lagi. Jenis buah dan sayuran yang dapat digunakan untuk mengatasi diare yaitu yang mengandung serat tinggi.

Buah-buahan yang memiliki serat tinggi dan dapat membantu mengatasi diare seperti jambu biji. Manfaat jambu biji untuk mengobati diare sudah dikenal sejak dulu, bahkan daunnya juga dapat digunakan untuk mengobati diare. Buah jenis lainnya seperti apel, manfaat apel untuk obat diare seperti halnya jambu biji yaitu memiliki serat tinggi. Namun, apel biasanya untuk mengatasi penyakit diare harus dibikin saus apel terlebih dahulu. Jenis buah lainnya seperti pisang dan sirsak. Selain buah-buahan, sayuran seperti sayur wortel juga bisa digunakan untuk obat diare.

Manfaat daun kayu putih untuk pengobatan

Selain memiliki manfaat untuk mengobati penyakit diare, daun kayu putih juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk pengobatan. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan daun kayu putih, yaitu seperti berikut ini :

  • Dapat mengobati rematik
  • Mengobati radang usus
  • Mengobati perut kembung
  • Nyeri pada tulang dan syaraf
  • Mengobati radang kulit
  • Sakit kulit karena alergi
  • Batuk, demam dan flu
  • Sakit kepala dan sakit gigi
  • Mengobati sesak napas

Selain daunnya yang bermanfaat, tumbuhan kayu putih juga memiliki manfaat sebagai anti septik dan bakteri, insektisida dan vermifuge, decongestant dan expetorant, kosmetik dan tonik, perangsang dan sudororific, analgesik dan anti sakit syaraf.

Baca juga : obat diare paling ampuh

Jenis makanan untuk penderita penyakit diare

Ketika menderita penyakit diare sebaiknya memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Ada jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita penyakit diare, yaitu makanan yang memiliki kandungan zat tertentu yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit diare.

Ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi pada saat mengalami diare, seperti buah-buahan, sayuran dan jenis makanan yang alami dan berserat tinggi. Jenis buah dan sayuran memiliki zat yang dapat mengurangi bahkan menyembuhkan diare, juga berserat tinggi sehingga baik dikonsumsi pada saat mengalami diare.

Begitu juga jenis makanan herbal yang dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh dan menghambat mengeluarkan cairan secara berlebihan. Berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan, sayuran dan jenis makanan yang baik untuk penderita diare, yaitu :

  • Buah pisang
  • Sayuran wortel
  • Buah apel
  • Sayuran kentang
  • Buah blueberry
  • Nasi putih
  • Biskuit
  • Sereal
  • Yogurt

Itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi pada saat diare. Namun, ada juga makanan yang perlu dihindari pada saat diare seperti makanan yang mengandung lemak, susu, keju, mentega dan makanan yang menyebabkan gas berlebihan, makanan pedas dan asam juga.

Dari manfaat daun kayu putih untuk mengobati diare pada balita dan anak di atas, semoga membantu Anda dalam membantu menyembuhkan balita dan anak Anda dari penyakit diare. Namun, perlu diingatkan kembali jika diare yang diderita tidak kunjung membaik dan sembuh setelah mendapatkan pengobatan, maka perlu segera di bawa ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Manfaat Daun Kayu Putih untuk Mengobati Diare pada Balita dan Anak | admin | 4.5