Manfaat dan Khasiat Daun Mint juga Cara Pengolahannya untuk Kesehatan

By On Wednesday, March 15th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat daun mint untuk kesehatan sangatlah melimpah, jika diolah dengan benar dan bisa dikombinasikan dengan bahan alami yang lainnya. Aromanya juga yang dapat memberikan ketenangan sangat berkarakter, sehingga banyak sekali peminatnya.

Khasiat daun mint selain digunakan untuk penambah aroma dalam masakan, juga digunakan untuk pengobatan suatu jenis penyakit. Selain itu juga untuk beberapa alat kosmetik dan kecantikan. Di Negara Eropa, daun mint digunakan untuk campuran berbagai masakan dan minuman. Aromanya yang menyegarkan dan dapat memberikan ketenangan, juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh juga masalah bau mulut.

Beberapa kandungan dalam daun mint yang baik untuk tubuh seperti mengandung antioksidan, vitamin, mineral, kalsium dan fosfor membuat daun mint banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan kesehatan, selain digunakan untuk penambah aroma masakan. Salah satu manfaat daun mint untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Banyak yang mengaku lebih kecanduan jika memakan makanan yang di sajikan mengandung mint. Rasa yang diberikan daun mint akan memberikan efek nyaman bagi penikmatnya.

manfaat daun mint untuk kesehatan

manfaat dan khasiat daun mint juga cara pengolahannya untuk kesehatan

Manfaat daun mint untuk kesehatan yang perlu diketahui

Daun mint yang sering digunakan untuk penambah aroma dalam suatu masakan juga dapat memberikan manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Ada beberapa manfaat dari daun mint untuk kesehatan yang dapat diketahui, yaitu sebagai berikut :

  1. Baik untuk pencernaan

Daun mint memiliki manfaat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh, kadar dan kandungan yang ada didalam daun mint tidak memiliki efek samping yang membahayakan untuk sistem pencernaan, justru mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan karena mengandung antioksidan dan fitonutrin.

  1. Mengatasi demam

Daun mint memberikan efek rasa dingin yang menyegarkan untuk tubuh walaupun berada di bawah terik matahari. Efek yang ditimbulkan daun mint berbeda jika dikonsumsi, bahkan yang sedang mengalami demam atau kenaikan suhu tubuh. Daun mint akan meredakan panas demam walau mempunyai efek yang dingin dan menyegarkan.

  1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas akan meningkatkan munculnya beberapa penyakit, bagi yang hidup pada lingkungan yang lebih sering terkena radikal bebas, maka dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, seperti daun mint maka akan dapat terlindung dari radikal bebas.

  1. Merawat kesehatan gigi

Mengapa dianjurkan untuk selalu gosok gigi 2 kali setiap hari, karena banyak bakteri yang bersarang pada gigi akibat sisa makanan yang masih tertinggal pada sela-sela gigi. Daun mint yang mengandung zat anti bacterial dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dari kerusakan.

  1. Merawat kesehatan mulut

Bakteri yang bersarang di mulut jumlahnya sangat banyak, ini disebabkan karena sisa-sisa makanan yang tertinggal didalam mulut dan menempel pada gigi. Jika keadaan mulut kurang terawat maka akan mengakibatkan bau mulut, sehingga penting juga merawat kesehatan mulut. Daun mint memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mulut dari masalah bau mulut yang disebabkan bakteri penyebab bau mulut, ini dikarenakan kandungan zat anti bacterial dan anti inflamasinya.

  1. Mengurangi stress

Daun mint memberikan efek ketenangan dan kenyamanan bagi para penikmatnya. Untuk itulah daun mint digunakan sebagai aroma terapi guna mengurangi stress. Kandungan antioksidannya mampu melawan stress dari luar tubuh, maka akan membuat tubuh menjadi merasa tenang dan rileks.

  1. Melegakan pernapasan

Salah satu sifat daun mint yaitu memiliki sifat yang menyegarkan. Karena ada kandungan dalam daun mint yang mampu membuka rongga pada jalannya pernapasan, sehingga pernapasan akan merasa lega.

  1. Meningkatkan sistem imunitas

Manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Kekebalan tubuh akan meningkat jika nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi secara maksimal. Dengan mengkonsumsi daun mint akan meningkatkan sistem imunitas tubuh karena nutrisi dalam daun mint akan memenuhi kebutuhan tubuh dengan kandungan vitamin daun mint.

  1. Mengurangi resiko kanker

Kandungan dalam daun mint seperti zat antioksidan dapat mengurangi resiko kanker, seperti kanker usus besar. Zat antioksidan dalam daun mint berperan aktif menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh dan mampu menetralisirnya.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Daun mint mengandung vitamin A yang fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan dan perawatan mata. Untuk yang bermasalah dengan kesehatan mata maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang yang banyak mengandung vitamin A seperti daun mint dan wortel.

Selain memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas, daun mint juga dapat digunakan untuk kecantikan, diantaranya untuk kesehatan kulit. Kandungan dalam daun mint seperti vitamin D dan E sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi sel-sel kulit mati.

Baca juga : manfaat lidah buaya dan kandungannya

Cara pengolahan daun mint yang bisa dilakukan untuk kesehatan

Ada berbagai macam cara pengolahan daun mint untuk mendapatkan khasiatnya guna kesehatan tubuh. Seperti dengan mencampurkan kedalam makanan, dibikin jus daun mint, bahkan bisa dengan langsung memakannya atau cukup dengan menghirup aroma mint guna mendapatkan aroma kesegarannya.

Cara pengolahan biasanya sesuai dengan kebutuhan, namun untuk kesehatan daun mint dapat diolah dengan berbagai macam cara untuk mendapatkan khasiatnya. Karena daun mint diolah dengan cara apa saja tidak akan mengurangi kandungan dan khasiatnya. Terutama pada aroma daun mint yang sangat kuat dan dapat memberikan ketenangan juga rasa nyaman.

Itulah sekilas tentang beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan dan cara pengolahanya. Semoga memberikan manfaat bagi yang membacanya dan menambah wawasan. Manfaatkanlah daun mint semaksimal mungkin, karena banyak sekali manfaat yang ada didalam daun mint dan dapat diolah maupun dikonsumsi dengan cara apa saja. Selain sebagai penambah aroma dalam masakan, memang daun mint kaya akan manfaatnya untuk kesehatan bahkan kecantikan dan pengobatan.

Manfaat dan Khasiat Daun Mint juga Cara Pengolahannya untuk Kesehatan | admin | 4.5