Manfaat Daun Mint untuk Menghilangkan Masalah Bau mulut

By On Monday, March 27th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat daun mint untuk menghilangkan bau mulut karena daun mint memiliki aroma yang menyegarkan. Selain itu juga daun mint memiliki kandungan zat yang dapat membunuh bakteri penyebab masalah bau mulut, juga dapat menyegarkan nafas.

Daun mint biasanya digunakan untuk penambah aroma dalam masakan dan juga digunakan sebagai bahan pembuatan parfum. Ini dikarenakan daun mint memiliki aroma yang menyegarkan dan dapat memberikan rasa tenang. Kandungan dalam daun mint sendiri juga baik untuk kesehatan, seperti mengandung antioksidan, vitamin, mineral kalsium dan fosfor.

Masalah bau mulut yang sering dirasakan oleh setiap orang dan memang umum terjadi dikalangan banyak orang. Tentunya ini akan menggangu dan membuat tidak nyaman ketika sedang mengobarol. Bau mulut sendiri terjadi karena disebabkan oleh bakteri yang ada dalam mulut karena kurang menjaga kondisi kebersihan dalam mulut. Selain itu juga dapat disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi, ada juga yang disebabkan oleh suatu jenis penyakit tetentu.

manfaat daun mint untuk menghilangkan bau mulut

manfaat daun mint untuk menghilangkan masalah bau mulut

Penyebab masalah bau mulut

Secara umum penyebab bau mulut dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan kondisi didalam mulut, sehingga akan banyak bakteri yang bersarang didalamnya dan kemudian menyebabkan masalah bau mulut. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah bau mulut, yaitu :

  1. Kurang merawat kebersihan gigi

Organ yang ada didalam mulut seperti gigi jika kurang dijaga kebersihannya maka akan menimbulkan masalah bau mulut. Jarang menggosok gigi akan menimbulkan bakteri yang ada didalam mulut berkembang. Biasanya sisa-sisa makanan masih ada yang tertinggal dan menyelip pada gigi, jika tidak rajin menggosok gigi maka bakteri akan berkembang dan menyebabkan bau mulut.

  1. Kurang cairan dalam tubuh

Cairan dalam mulut jika berkurang akan menyebabkan dehidrasi dan kadar air liur dalam mulut juga akan berkurang, sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut. Bakteri juga akan muncul ketika kadar air liur dalam mulut berkurang, karena air liur dalam mulut berfungsi membersihkan bakteri.

  1. Makanan dan minuman

Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan masalah bau mulut, makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Biasanya makanan yang mengandung bumbu rempah akan menimbulkan aroma tidak sedap. Begitu juga dengan minuman, minuman seperti kopi dan alkohol akan menimbulkan aroma tidak sedap.

  1. Melewatkan sarapan

Sarapan tidak hanya penting bagi perut maupun tubuh untuk menambah energi guna beraktifitas. Apabila melewatkan sarapan, maka tubuh akan cepat merasa lemas dan kondisi perut kosong dan juga lapar. Sehingga kadar asam lambung akan naik dan produksi air liur akan menurun, dan kemudian akan menyebabkan bau mulut.

  1. Obat

Ada beberapa jenis obat yang dapat membuat kondisi mulut kering kemudian menimbulkan bau mulut. Jika kondisi mulut kering maka akan memicu terjadinya bau mulut karena kadar air liur dalam mulut berkurang.

  1. Penyakit

Beberapa jenis penyakit ada yang dapat menyebabkan bau mulut, seperti penyakit kronis. Penyakit yang sudah kronis akan menimbulkan bau yang kurang sedap, biasanya penyakit yang tak kunjung sembuh dan adanya bakteri. Penyakit infeksi, parah, bermasalah pada hati, gagal ginjal, dan asam lambung. Penyakit lain seperti maag, sariawan, sakit tenggorokan gusi bengkak dan berdarah juga dapat menyebabkan bau mulut.

Itulah beberapa dari penyebab masalah bau mulut yang dapat diketahui. Pada dasarnya masalah bau mulut tidak akan terjadi jika sering menjaga kondisi kebersihan bagian dalam mulut, kecuali yang disebabkan oleh suatu jenis penyakit tertentu. Maka dari itu, bau mulut dapat diatasi dengan melakukan pencegahan dan juga pengobatan.

Baca juga : tips menghilangkan bau mulut dengan daun mint

Cara alami mengatasi bau mulut

Pengobatan bau mulut bisa dilakukan dengan cara klinis atau alami. Secara klinis yaitu dengan memeriksakan kondisi bagian dalam mulut ke dokter. Kalau dengan cara alami bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi bau mulut. Berikut ini ada beberapa cara yang alami untuk mengatasi masalah bau mulut, yaitu :

  • Menggunakan daun mint

Manfaat daun mint untuk kesehatan memang sangat banyak, namun dapat juga digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut. Kunyahlah daun mint untuk menghilangkan masalah bau mulut, karena daun mint memiliki kandungan zat yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, daun mint juga memberikan sensasi yang menyegarkan.

  • Mengkonsumsi buah-buahan

Konsumsilah buah yang banyak mengandung vitamin dan kadar air yang banyak. Mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan kadar air yang banyak akan mencegah dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

  • Menggunakan beras

Beras dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bau mulut, caranya dengan mengunyah beras secara langsung, maka masalah bau mulut yang disebabkan oleh makanan yang memicu bau mulut akan hilang.

  • Teh hijau

Teh hijau mampu melindungi gigi dari kerusakan yang disebabkan oleh plak, juga dapat membunuh bakteri dalam mulut.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Dengan cara memanfaatkan air perasan jeruk nipis yang dicampur sedikit madu, dan meminumnya. Maka masalah bau mulut akan dapat diatasi.

Beberapa bahan alami dengan cara masing-masing untuk mengatasi bau mulut di atas, dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati bau mulut. Namun, bau mulut yang disebabkan oleh suatu jenis penyakit maka untuk mengatasinya perlu mengobati penyakitnya terlebih dahulu.

Bau mulut senantiasa tidak akan terjadi dan menjadi masalah bagi sebagian banyak orang jika selalu menjaga kondisi kebersihan mulut. Dengan memanfaatkan daun mint seperti yang telah disebutkan di atas, maka bau mulut akan dapat diatasi. Selain itu juga harus rajin dan rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari untuk menjaga kebersihan dalam mulut.

Manfaat Daun Mint untuk Menghilangkan Masalah Bau mulut | admin | 4.5