Manfaat Jambu Biji untuk Mengobati Diare yang Alami

By On Monday, October 10th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat jambu biji untuk mengobati diare ini dikarenakan kandungan senyawa astringents yang terdapat pada jambu biji. Kandungan senyawa ini mampu membuat perlindungan terhadap diare dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus.

Jambu biji memiliki kandungan 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lipat lebih besar. Kandungan vitamin A yang menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit. Ada lagi folat dan flavonoid lalu lycopene yang mampu melindungi kulit terhadap sinar UV, ditambah lutein dan cryptoxanthin kemudian kalium yang penting untuk denyut jantung.

Jambu biji juga memiliki jumlah zat penting seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, mineral magnesium, tembaga, mangan, dan menamakan dismutase enzim superoksida. Dari sekian banyak kandungan dalam jambu biji, manfaat jambu biji untuk kesehatan sangatlah banyak. Salah satunya bermanfaat mengobati penyakit diare, karena jambu biji merupakan sumber terkaya dari serat makanan dalam hal buah. Jambu biji juga sudah dikenal sejak dulu sebagai obat alami untuk mengatasi diare.

manfaat jambu biji untuk mengobati diare

manfaat jambu biji untuk mengobati diare yang alami

Jambu biji sebagai obat diare

Jambu biji mampu mengobati diare karena memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan usus kita. Pada saat kita terkena diare, mengkonsumsi jambu biji mampu membantu mengobati penyakit diare kita. Cara mengobati penyakit diare dengan menggunakan jambu biji juga sangat mudah, cukup dengan memakan buah jambu biji secara langsung atau daunnya yang masih muda dicampur dengan garam dapur, maka diare akan segera sembuh.

Khasiat jambu biji untuk mengobati penyakit diare memang sudah tidak diragukan lagi, ini sudah terbukti sejak dari zaman dahulu. Jambu biji juga tidak memiliki efek samping guna mengobati sakit diare. Selain bermanfaat untuk mengobati diare, jambu biji juga kaya akan manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Masyarakat sudah menggunakan jambu biji untuk obat diare yang alami sudah sejak dulu, secara tradisional masyarakat menggunakan buah jambu biji dan daunnya untuk mengatasi masalah diare.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Selain mengobati diare, jambu biji juga ternyata kaya akan manfaatnya untuk kesehatan. Kandungan dalam jambu biji mampu memenuhi kebutuhan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan yang dapat diketahui, yaitu :

  1. Mengurangi hipertensi

Jambu biji dapat mencegah penebalan darah, sehingga mampu mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Selain itu, dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah. Jambu biji sangat kaya akan serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung lebih baik.

  1. Mengatasi diabetes

Asupan jambu biji dapat membantu diabetes dengan tingginya kandungan serat dalam jambu biji yang mampu mengatur penyerapan gula oleh tubuh. Sehingga dapat menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mengatasi diabetes dan mencegah munculnya diabetes.

  1. Menyehatkan tiroid

Kandungan zat tembaga dalam jambu biji merupakan sumber yang baik dan zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid yang membantu mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh.

  1. Mengoptimalkan penglihatan

Kandungan vitamin A dalam jambu biji merupakan sumber yang baik untuk mengoptimalkan penglihatan. Dan juga dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan kesehatan pada penglihatan mata.

  1. Obat demam dan batuk

Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji mampu mencegah infeksi dingin dan virus. Bukan hanya buahnya, daun jambu biji juga bermanfaat mengurangi lendir saat batuk. Jambu biji juga sebagai disinfektan tenggorokan yang menghambat mikroba pada saluran pernapasan dan paru-paru.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jambu biji juga bermanfaat untuk kecantikan seperti perawatan kulit. Zat astringents yang terkandung dalam jambu biji dapat bermanfaat mengihindari masalah kulit. Jambu biji yang sudah masak memiliki lebih banyak kandungan zat astringents, maka dari itu untuk mendapatkan manfaat dari jambu biji sebaiknya makan yang sudah masak.

Vitamin A, B , C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik untuk detiksifikasi. Sehingga mampu mengencangkan daerah kulit yang kendur juga menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, kerutan dan juga gangguan kulit lainnya. Mengkonsumsi jambu biji juga bisa sebagai pengganti makan saat sedang melakukan diet. Karena serat yang tinggi dalam jambu biji mampu menahan rasa lapar.

Baca juga : obat diare paling manjur

Manfaat daun jambu biji untuk mengobati diare

Selain buahnya, ternyata daun jambu biji juga bermanfaat dan mampu mengobati diare, karena daun jambu biji memiliki sifat anti diare, terutama yang disebabkan oleh infeksi. Ini dikarenakan daun jambu biji memiliki kandungan zat flavonoid, dimana didalamnya terdapat quercetin glycoside yang mampu menghambat dan mengurangi buang air besar.

Kandungan zat lain seperti tannin juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori usus yang membuat aliran air yang masuk ke dalam usus berkurang, sehingga membuat tinja menjadi keras. Cara mengobati diare dengan memanfaatkan daun jambu biji juga sangat mudah dilakukan, yaitu cukup dengan merebus daun jambu biji kemudian saring dan meminum air rebusannya. Bisa juga dengan cara mengunyah daun jambu biji yang dicampur dengan garam dapur.

Daun jambu biji sangat aman sebagai obat diare karena merupakan bahan alami dan tanpa efek apapun. Pada saat menderita diare, memanfaatkan buah jambu biji atau daunnya untuk pengobatan sangat mudah dan juga gamapang mendapatkannya. Akan tetapi, melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter sangat penting dan perlu dilakukan. Ada juga yang lebih penting lagi, yaitu melakukan pencegahan agar diare tidak menular. Karena penyakit diare merupakan salah satu jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar.

Manfaat Jambu Biji untuk Mengobati Diare yang Alami | admin | 4.5