Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengatasi Penyakit Kulit Kurap

By On Thursday, March 1st, 2018 Categories : Manfaat

Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi penyakit kulit kurap dengan mengkombinasikan bahan alami lainnya. Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatasi penyakit kulit kurap, seperti mengandung minyak atsiri dan kandungan belerang yang dapat membunuh jamur penyebab kurap.

Penyakit kulit kurap menyerang kulit yang disebabkan oleh jamur. Biasanya kurap menyerang kuku, tubuh bagian atas dan kepala, kurap juga dapat muncul di selangkangan dan kaki. Penyakit kulit ini umum dan bisa menyerang siapa saja, terutama anak-anak karena kurang menjaga kebersihan. Kurap ditandai dengan gejala munculnya ruam kemerahan berbentuk cincin dengan garis luar yang tiadak beraturan.

Sedangkan cara penularan penyakit kulit kurap dengan kontak langsung melalui kulit dan berbagai penggunaan barang pribadi, seperti handuk, sisir, dan pakaian. Kurap memang tidak bahaya, akan tetapi sangat mudah menular. Biasanya jika kurang menjaga kebersihan badan atau barang pribadi yang digunakan sehari-hari seperti pakaian, maka akan mudah terserang penyakit kulit kurap. Selain itu, ada juga penularan lewat hewan peliharaan yang terserang kurap.

manfaat jeruk nipis untuk mengatasi penyakit kulit kurap

cara mengatasi penyakit kulit kurap

Penyebab penyakit kulit kurap

Kurap umumnya disebabkan oleh jamur Dermatofit yang mampu bertahan hidup pada kulit manusia. Selain jamur tersebut, jenis jamur lainnya yang bisa menyebabkan penyakit kulit kurap yaitu sebagai berikut :

  1. Jamur Tinea Capitis

Jamur ini bisa tumbuh pada bagian kepala atau kulit kepala manusia. Salah satu jamur yang bisa menyebabkan kurap juga penyakit kulit lainnya, seperti kadas.

  1. Jamur Tinea Corporis

Jamur ini bisa tumbuh di bagian mana saja pada tubuh manusia, seperti punggung, perut ataupun leher. Salah satu jamur yang bisa menyebabkan kurap juga penyakit kulit seperti penyekit kulit kadas.

  1. Jamur Tinea Pedis

Jamur ini sering menyerang pada kaki, bisanya pada bagian telapak kaki. Salah satu jamur yang bisa menyebabkan penyakit kulit kurap juga kadas.

  1. Jamur Tinea Crusis

Jamur ini sering menyerang bagian kulit yang lembab seperti lipatan paha. Juga merupakan salah satu jamur yang bisa menyebabkan penyekit kulit kurap.

Beberapa jenis jamur penyebab penyakit kulit kurap di atas biasanya akan menyerang pada kulit karena kurangnya menjaga kebersihan. Sehingga mudah terserang jamur dan mengakibatkan penyakit kulit seperti kurap.

Orang yang mudah terserang penyakit kulit biasanya faktor resiko dari orang yang memiliki penyakit kronis, seperti diabetes melitus, penderita HIV, sistem imun yang lemah, dan orang yang sebelumnya pernah terinfeksi jamur, mengalami Aterosklerosis, kemudian orang yang kurang menjaga kebersihan kulit tentunya akan mudah beresiko mengalami penyakit kulit.

Baca juga : manfaat lemon untuk mengatasi bau mulut

Cara mengatasi penyakit kulit kurap yang alami

Karena penyekit kulit kurap umumnya disebabkan oleh jamur, maka ada cara alami untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan jeruk nipis sebagai bahan utamanya. Berikut ini cara mengolah jeruk nipis untuk mengatasi kurap, yaitu :

  • Sediakan satu buah jeruk nipis
  • Belerang dan minyak kelapa secukupnya
  • Potong jeruk nipis lalu peras airnya
  • Kemudian campurkan belerang dan minyak kelapa dengan air perasan jeruk nipis
  • Terakhir, oleskan pada bagian kulit yang terkena penyakit kulit kurap

Cara di atas dengan mengoleskan ramuan tersebut bisa diulangi beberapa kali dan rutin setiap hari sampai penyakit kulit kurap benar-benar sembuh total. Selain dengan menggunakan bahan alami, untuk mengatasi kurap juga bisa dengan membeli obat atau salep di apotek.

Ada beberapa obat atau salep yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit kurap yang bisa dibeli di apotek, seperti Fungidem, Canesten, Neo Ultrasilin, dan Kalpanax. Selain itu, untuk mengatasi penyakit kulit kurap atau yang disebabkan oleh jamur, ada beberapa salep atau krim yang bisa digunakan, seperti Daktazol, Fungares, Bernesten, Mexoderm, Fexazol, Decycline, Fuskrim, Ketomed, Fungasol, dan Undencyl juga Baspan.

Jika penyakit kulit kurap atau menderita penyakit kulit sampai parah, maka segera pergi ke dokter kulit. Kemungkinan dokter akan menangani dengan memberikan obat oral seperti Griseofulvin ataupun Terbinafin. Karena umumnya penyakit kulit disebabkan oleh jamur yang dikarenakan kurang menjaga kebersihan tubuh, maka selain mengatasi dengan mengobatinya perlu juga melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit kulit kurap.

Selain dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis yang dikombinasikan dengan minyak kelapa dan belerang, bisa juga dengan menggunakan bahan alami lainnya untuk mengatasi kurap. Bahan alami seperti apel, apel merah atau hijau, ada juga manfaat apel merah untuk mengatasi diare, selanjutnya kunyit, minyak Esensial Lavender, bawang putih, lidah buaya, lengkuas, minyak zaitun dan masih banyak lagi. Semua bahan alami tersebut bisa digunakan dengan cara mengoleskannya pada kulit yang terkena kurap.

Cara pencegahan terhadap penyakit kulit kurap

Langkah yang bisa dilakukan dalam mencegah penyakit kulit kurap yang utama yaitu dengan menghindari penggunaan barang pribadi dengan orang lain serta menjaga kebersihan diri. Karena penyakit kulit ini mudah sekali menular walaupun tidak berbahaya.

Dengan menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan, mandi sehari minimal dua kali, dan rajin membersihkan rumah. Maka penyakit yang disebabkan oleh jamur tidak akan mudah menyerang tubuh kita. Jika memiliki hewan peliharaan juga perlu diperhatikan kebersihannya, karena hewan peliharaan juga dapat terserang penyakit kulit dan melalui kontak fisik dapat menular.

Itulah langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kulit kurap. Dengan langkah pencegahan tersebut, senantiasa akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh jamur seperti penyakit kulit kurap dan yang lainnya. Namun, apabila menderita penyakit kulit sudah ditangani sendiri dengan cara melakukan pengobatan dan tindakan pencegahan seperti yang telah disebutkan di atas, maka segera pergi ke dokter kulit untuk memeriksakannya lebih lanjut.

Penyakit kulit memang mudah menyerang siapa saja apabila kurang menjaga kebersihan diri. Jika sering menjaga kebersihan diri, maka jamur penyebab penyakit kulit tidak akan berkembang pada tubuh terutama pada kulit. Lakukanlah pola hidup bersih dengan menjaga kebersihan diri dengan rutin mandi sehari minimal dua kali, hindari pemakaian ulang pakaian yang sudah terkena keringat, jemur handuk atau diangin-anginkan setelah digunakan sehabis mandi. Dengan itu maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengatasi Penyakit Kulit Kurap | admin | 4.5