Manfaat Kunyit untuk Mengobati Penyakit Maag Kronis

By On Tuesday, October 11th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat kunyit untuk mengobati penyakit maag kronis karena adanya kandungan zat-zat yang bermanfaat dalam kunyit, dengan cara dibuat obat atau ramuan tradisional. Salah satu kandungan dalam kunyit yaitu senyawa kurkuminoid berkhasiat sebagai obat untuk mengatasi maag kronis.

Kunyit merupakan tumbuhan jenis rempah yang banyak digunakan untuk obat tradisional maupun untuk bumbu masakan. Manfaat kunyit juga banyak dan salah satunya untuk mengobati penyakit maag kronis. Berbagai kandungan dalam kunyit mampu untuk mengatasi penyakit maag kronis, dan juga senyawa aktif yang mampu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan.

Penyakit maag kronis biasanya disebebkan karena pola makan yang tidak teratur, pola hidup tidak sehat, kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol dan minuman yang banyak mengandung soda. Secara umum penyebab tersebut sangat berpengaruh terkena sakit maag. Langkah yang baik sebelum terserang penyakit maag yaitu dengan melakukan pencegahan, bahkan yang sudah menderita sakit maag juga perlu untuk mencegah kambuhnya rasa sakit karena penyakit maag.

manfaat kunyit untuk obat maag kronis

manfaat kunyit untuk mengobati penyakit maag kronis

Cara mengobati penyakit maag kronis menggunakan kunyit

Cara untuk mengobati penyakit maag kronis dengan menggunakan kunyit cukup gampang. Sediakan beberapa rimpang kunyit lalu dibersihkan, cuci dengan air bersih kemudian parut kunyit tersebut dan peras, lalu air perasan kunyit diminum secara teratur setiap hari, maka penyakit maag kronis akan dapat diatasi.

Cara ini mudah dilakukan di rumah dan bisa melakukannya sendiri. Namun, apabila penyakit maag kronis belum membaik setelah diobati dengan kunyit, maka perlu pergi berobat ke dokter. Langkah ini dilakukan agar mengetahui seberapa parah penyakit maag kronis yang diderita. Karena sakit maag kronis jika memburuk akan berakibat fatal. Untuk mengurangi resiko tersebut juga perlu melakukan tindakan pencegahan selain mengobatinya.

Sebenarnya penyakit maag setelah di obati belum tentu bisa sembuh, karena penyakit maag merupakan jenis penyakit yang bisa kambuh lagi. Pengobatan dilakukan supaya sakit yang dirasakan menjadi reda atau berkurang. Apabila pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, kemungkinan besar penyakit maag akan bisa kambuh lagi. Salah satu cara agar penyakit maag tidak kambuh lagi yaitu dengan melakukan pencegahan dan merubah gaya hidup yang tidak sehat juga pola makan harus teratur.

Selain menggunakan kunyit untuk mengobati penyakit maag kronis, bahan alami lainnya juga bisa digunakan untuk membantu mengobati penyakit maag kronis. Beberapa bahan alami seperti berikut ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi penyakit maag kronis, yaitu :

  1. Buah pisang
  2. Lidah buaya
  3. Buah alpukat
  4. Temulawak
  5. Biji pepaya
  6. Kedelai
  7. Kecambah
  8. Daun jambu biji

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi penyakit maag kronis selain menggunakan kunyit. Setelah mengetahui penyebab dan ciri-ciri penyakit maag kronis juga dengan gejala-gejalanya, tentu tindakan untuk melakukan pengobatan perlu dilakukan. Namun, penting juga untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan.

Pencegahan untuk penyakit maag kronis

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit maag kronis sebenarnya mudah, namun banyak orang yang malas melakukannya karena faktor kebiasaan, sehingga susah untuk merubahnya. Berikut ini langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan yaitu :

  • Mengatur pola makan
  • Banyak minum air putih
  • Hindari makan makanan pedas dan asam
  • Hindari makan makanan yang mengandung gas
  • Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok
  • Hindari minuman bersoda dan alkohol
  • Jangan makan makanan yang kesehatannya diragukan
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan

Beberapa langkah pencegahan di atas bisa dilakukan ketika menderit penyakit maag, baik maag ringan maupun kronis. Pentingnya pencegahan tersebut guna terhindar dan sembuh dari penyakit maag yang diderita. Pengobatan juga penting, tetapi jika penyakit maag yang diderita tidak kunjung membaik, maka segeralah pergi ke dokter untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Baca juga : cara mengobati penyakit maag yang efektif

Gejala penyakit maag kronis

Penyakit maag ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali pada penderitanya, karena penderita penyakit maag biasanya tidak menyadari bahwa sudah terserang penyakit maag. Tetapi secara umum gejala penyakit maag kronis ditandai dengan hal-hal sebagai berikut :

  • Nafsu makan berkurang
  • Sakit perut dibagian atas
  • Perut terasa perih
  • Bersendawa dan cegukan
  • Mual, muntah, dan kembung
  • Pendarahan pada lambung
  • Berat badan menurun
  • Ada luka pada mokusa lambung

Gejala di atas biasanya dikarenakan oleh ketikseimbangan sekresi zat asam pada lambung, sehingga zat asam pada lambung meningkat tinggi. Setelah mengetahui gejala dari penyakit maag kronis, sebaiknya segera melakukan tindakan pengobatan. Jika sakit maag yang dirasa dibiarkan saja maka kemungkinan besar sakit maag akan bertambah parah bahkan bisa jadi terkena kanker lambung.

Mulai dari mengetahui gejala dan penyebab penyakit maag kronis, maka bisa mengobati dengan segera. Namun perlu di ingat lagi, penyakit maag merupakan jenis penyakit yang dapat kambuh lagi dengan sendirinya. Apabila pola makan dan gaya hidup tidak sehat, maka kemungkinaan besar penyakit maag dapat kambuh lagi. Sehingga selain melakukan pengobatan, tindakan pencegahan juga sangat penting.

Dengan memanfaatkan kunyit untuk mengatasi penyakit maag kronis dan juga bahan alami lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, maka senantiasa sakit maag kronis yang diderita akan kunjung membaik. Perlu diingat lagi, melakukan pencegahan merupakan salah satu kunci untuk mengatasi penyakit maag. Pola makan yang teratur dan gaya hidup sehat adalah tindakan pencegahan yang paling utama. Namun, jika sakit maag yang diderita dirasa semakin parah, maka perlu pergi ke dokter untuk memeriksakannya.

Manfaat Kunyit untuk Mengobati Penyakit Maag Kronis | admin | 4.5