Manfaat Lemon untuk Mengatasi Bau Mulut yang Alami

By On Thursday, March 30th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat lemon untuk mengatasi bau mulut sudah banyak digunakan di negara-negara maju karena kandungan asamnya. Selain digunakan untuk bahan kecantikan dan sebagai penyedap maupun penyegar dalam berbagai jenis masakan, memang terbukti ampuh untuk mengatasi bau mulut.

Lemon merupakan sejenis jeruk yang buahnya bisa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam berbagai jenis masakan. Buah lemon juga sering digunakan untuk bahan kecantikan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. selain itu juga, ternyata buah lemon dapat digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut. Ini dikarenakan kandungan asam sitrat lemon berfungsi mengatasi bakteri penyebab bau mulut didalam mulut.

Masalah bau mulut sendiri umum terjadi dikalangan masyarakat, banyak orang yang mengeluh dan merasa tidak nyaman ketika mengalami bau mulut. Bau mulut sendiri disebabkan oleh banyak faktor, salah satu penyebab bau mulut yaitu karena kurang menjaga kebersihan kondisi dalam mulut, sehingga bakteri dalam mulut akan berkembang. Selain bakteri yang menyebabkan bau mulut, makanan dan minuman juga dapat menyebabkan bau mulut, dan penyakit juga.

manfaat lemon untuk mengatasi bau mulut

manfaat lemon untuk mengatasi bau mulut yang alami

Penyebab bau mulut

Banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah bau mulut, terutama disebabkan karena adanya bakteri. Adanya bakteri sendiri disebabkan kurang menjaga kebersihan kondisi dalam mulut. Berikut ini ada beberapa penyebab bau mulut yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Kurang merawat kebersihan gigi

Bagian organ dalam mulut seperti gigi jika kurang dijaga kebersihannya maka bakteri akan berkembang, sehingga menyebabkan masalah bau mulut. Sisa-sisa makanan yang menyelip pada gigi jika dibiarkan akan membusuk dan menimbulkan berkembangnya bakteri, karang gigi dan merusak gigi yang kemudian menimbulkan mulut bau.

  1. Kurang cairan dalam tubuh

Dehidrasi terjadi akibat tubuh kekurangan banyak cairan, kemudian kadar air liur dalam mulut berkurang sehingga menyebabkan bau mulut. Kondisi mulut yang kering karena air liur tidak berproduksi akibat kurang cairan akan menimbulkan masalah bau mulut. Air liur dalam mulut berfungsi membersihkan bakteri dalam mulut.

  1. Makanan dan minuman

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan masalah bau mulut. Makanan yang mengandung bumbu dari rempah biasanya akan menimbulkan aroma mulut kurang sedap, makanan lain seperti jengkol, pete juga dapat menimbulkan aroma mulut kurang sedap atau bau mulut. Selain makanan, minuman seperti kopi, alkohol juga menyebabkan bau mulut.

  1. Obat-obatan

Jenis obat-obatan tertentu juga dapat memicu timbulnya masalah bau mulut. Ada beberapa jenis obat yang membuat mulut menjadi kering jika mengkonsumsinya. Jika kondisi mulut kering, kurang cairan air liur tentu mulut akan bau. Sebaiknya jangan mengkonsumsi obat yang mengakibatkan kondisi mulut menjadi kering secara terus menerus, kecuali jika memang dalam masa pengobatan penyakit tertentu.

  1. Penyakit

Penyakit juga dapat menyebabkan masalah bau mulut. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan bau mulut, seperti penyakit kronis. Penyakit kronis yang tak kunjung sembuh karena terdapat bakteri akan menimbulkan mulut bau. Penyakit lain seperti infeksi, penyakit hati, maag, sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak dan berdarah juga akan menyebabkan bau mulut.

Setelah mengetahui beberapa penyebab masalah bau mulut, maka untuk mengatasinya juga mudah. Ada beberapa tips mencegah bau mulut yang efektif dengan menggunakan bahan alami seperti lemon. Buah lemon bukan hanya digunakan untuk penyedap dan penyegar dalam masakan saja, juga dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut

Cara mengatasi bau mulut dengan buah lemon

Buah lemon yang banyak mengandung asam sitrat mampu mengatasi masalah bau mulut. Selain itu juga baik untuk perawatan gigi dan membantu meredakan nyeri karena sakit gigi. Untuk mengatasi bau mulut dengan buah lemon bisa dengan cara diolah menjadi jus.

Kandungan dalam buah lemon seperti vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, vitamin B3, vitamin B1 dan B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, gula, karbohidrat, serat, lemak dan protein. Dari sekian banyaknya kandungan dalam buah lemon, bukan hanya digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut saja, tetapi baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Cara mengatasi masalah bau mulut dengan menggunakan lemon seperti yang telah disebutkan, yaitu dengan cara diolah menjadi jus. Lemon dapat merawat kondisi gigi dan juga bermanfaat untuk menyegarkan mulut. Asam lemon dapat membunuh bakteri dalam mulut yang mengakibatkan timbulnya masalah bau mulut. Mengkonsumsi lemon dengan cara diolah menjadi jus dua kali sehari dapat mengatasi masalah bau mulut.

Baca juga : manfaat siwak untuk menghilangkan bau mulut

Manfaat buah lemon untuk kesehatan

Buah lemon yang kaya akan kandungan zat dan nutrisinya, selain untuk mengatasi masalah bau mulut juga tentunya sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, bahkan kecantikan dan pengobatan. Berikut ini ada beberapa manfaat lemon untuk kesehatan, yaitu :

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menurunkan resiko serangan jantung
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Detoksifikasi racun dalam tubuh
  • Memperkecil pori-pori kulit
  • Dapat mencerahkan kulit
  • Mencegah penyakit kanker
  • Menstabilkan PH tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit

Beberapa manfaat lemon untuk kesehatan seperti di atas bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsinya dalam berbagai olahan. Bukan hanya masalah bau mulut saja, tetapi kebutuhan kesehatan tubuh juga dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah lemon.

Itulah manfaat dari buah lemon untuk mengatasi masalah bau mulut dan cara mengolahnya. Pada dasarnya jika selalu menjaga kondisi kebersihan dalam mulut, senantiasa akan terhindar dari masalah bau mulut. Rutin dan rajin menggosok gigi dua kali sehari pagi dan sore akan mencegah terjadinya masalah bau mulut dan masalah lain yang ada didalam mulut.

Manfaat Lemon untuk Mengatasi Bau Mulut yang Alami | admin | 4.5