Manfaat Lidah Buaya dan Kandungannya bagi Kesehatan

By On Tuesday, November 1st, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat lidah buaya sangatlah banyak, untuk kesehatan dan kecantikan bahkan untuk pengobatan. Lidah buaya sering dijadikan bahan untuk kecantikan seperti perawatan kulit, rambut dan bahan pengobatan untuk luka maupun jenis penyakit tertentu. Karena kandungan dalam lidah buaya sangat baik untuk itu semua.

Lidah buaya merupakan tanaman yang dikenal untuk dijadikan obat alami, baik untuk pengobatan bagian luar maupun dalam. Lidah buaya dalam bahasa latin disebut Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Milleer. Lidah buaya memiliki kandungan seperti zat kimia enzim, asam amino dan polisakarida. Beberapa nutrisi seperti vitamin juga memenuhi kadar gizi dalam lidah buaya.

Senyawa dalam lidah buaya seperti mannans asetat, polymannans, lektin dan zat saponin. Juga terdapat senyawa antrakuinon yang merupakan zat penangkal bakteri. Maka dari itu, dari sekian banyaknya kandungan dalam lidah buaya, lidah buaya memiliki banyak manfaat, terutama manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Selain itu juga baik untuk kesehatan dan digunakan sebagai bahan pengobatan. Lidah buaya dapat digunakan secara langsung dan juga yang sudah diproduksi menjadi obat-obatan.

manfaat lidah buaya dan kandungannya

manfaat lidah buaya dan kandungannya bagi kesehatan

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan

Lidah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bisa digunakan untuk bagian luar dan dalam tubuh. Manfaat lidah buaya tersebut tidak lepas karena kandungan didalamnya. Berikut ini ada beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh, yaitu :

  1. Sebagai sistem imun tubuh

Lidah buaya yang mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit. Dengan memanfaatkan lidah buaya yang dibuat jus kemudian diminum secara rutin dan teratur, maka sistem kekebalan atau imun dalam tubuh akan meningkat sehingga kebal terhadap penyakit.

  1. Sebagai sumber asam amino

Didalam tubuh kita membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino secara mandiri. Lidah buaya akan memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh bila dikonsumsi secara teratur.

  1. Sebagai alkalisasi tubuh

Proses menjaga keasaman tubuh dari makanan yang dikonsumsi dapat dilakukan lidah buaya jika dikonsumsi secara teratur. Bisa dengan cara dibuat jus untuk mengkonsumsinya. Jadi, lidah buaya mampu menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi, karena lidah buaya bersifat alkali.

  1. Membantu pencernaan

Makanan yang kita konsumsi pasti akan dicerna, jika sistem pencernaan kita terganggu, maka akan berakibat fatal. Lidah buaya mampu meningkatkan penyerapan protein dan mengatur fungsi usus. Sehingga akan membantu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh, dan juga dapat mengatasi masalah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti penyakit diare.

  1. Sumber vitamin dan mineral

Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral, lidah buaya mampu memberikan vitamin dan mineral dalam tubuh jika dikonsumsi secara teratur dan rutin. Karena lidah buaya memiliki kandungan vitamin yang banyak dan dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan mineral juga dimiliki lidah buaya, seperti niasin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potasium, zat besi, sodium dan kalium.

Beberapa manfaat lidah buaya di atas bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Dengan cara dibuat jus lidah buaya, maka akan mendapatkan manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan tubuh. Selain jus lidah buaya, sekarang juga sudah banyak olahan makanan dengan menggunakan bahan lidah buaya.

Baca juga : obat sakit maag yang alami menggunakan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Lidah buaya bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan saja dan sebagai bahan pengobatan suatu jenis penyakit, tetapi memiliki manfaat untuk kecantikan juga. Berikut ini ada beberapa dari manfaat lidah buaya untuk kecantikan, yaitu :

  • Membantu pertumbuhan rambut

Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Bukan hanya meningkatkan pertumbuhan rambut, namun rambut pun menjadi sehat dan kuat. Enzim proteolitik dalam lidah buaya dapat membasmi sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Kandungan alkalizing dalam lidah buaya juga dapat membantu PH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut bisa maksimal.

  • Sebagai anti-pruritrus

Anti-pruritrus merupakan sifat yang dapat meringankan gatal dan kekeringan pada kulit kepala. Sifat enzimatik dalam lidah buaya dapat menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala.

  • Mengurangi ketombe

Lidah buaya juga bermanfaat untuk mengurangi ketombe. Ketombe biasanya disebabkan oleh kulit mati, jamur lemak makanan yang dapat hidup di kulit kepala dan terdapat malassezia. Selain dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, lidah buaya juga memiliki sifat anti jamur, jadi mampu mengurangi bahkan menghilangkan ketombe.

  • Sebagai conditioning

Gel lidah buaya dapat digunakan untuk conditioning yang mampu mendinginkan. Zat seperti gel yang ada pada lidah buaya memiliki keratin yang terjadi secara alami yang terdapat dalam sel-sel rambut.

  • Sebagai pelembab kulit

Gel pada lidah buaya mudah diserap oleh kulit tubuh, bahkan sampai pada lapisan epitel kulit. Sehingga mampu melindungi dan memberi kelembaban pada kulit. Selain itu juga mampu mengurangi resiko penuaan dini dan mengurangi stretch mark.

Manfaat lain lidah buaya selain untuk kesehatan dan kecantikan yaitu untuk pengobatan. Lidah buya mampu mengobati penyakit seperti peradangan, mebantu penderita diabetes, mengobati sakit maag, dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, mengobati luka bakar, mengobati jerawat, mengobati herpes, mengatasi sembelit, mengobati panu dan masih banyak lagi manfaatnya.

Manfaat Lidah Buaya dan Kandungannya bagi Kesehatan | admin | 4.5