Inilah Manfaat dari Lidah Buaya untuk Kecantikan

By On Wednesday, November 9th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan juga ada, selain memiliki manfaat bagi kesehatan dan pengobatan. Lidah buaya memili kandungan yang bermanfaat untuk kecantikan, seperti dapat digunakan untuk penyubur rambut dan sebagai pelembab kulit.

Lidah buaya merupakan sejenis tumbuhan yang sejak dulu sudah dikenal sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan perawatan kulit. Seiring berkembangnya teknologi, manfaat lidah buaya dan kandungannya digunakan sebagai bahan baku kosmetik, makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya memang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, vitamin, mineral dan polisakarida. Maka dari itu, lidah buaya memiliki banyak manfaat dan khasiat, baik untuk kesehatan, pengobatan dan kecantikan. Khasiat lidah buaya ini seperti dapat menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi sistem imun terhadap serangan penyakit dan juga digunakan sebagai nutrisi.

manfaat lidah buaya untuk kecantikan

inilah manfaat dari lidah buaya untuk kecantikan

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Dari sekian banyaknya kandungan dalam lidah buaya, lidah buaya sangat bermanfaat untuk kecantikan. Sejak dahulu lidah buaya memang sudah dikenal sebagai bahan penyubur rambut. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kosmetika.

Lidah buaya sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat dan khasiat digunakan sebagai bahan baku industri kosmetika dengan cara diolah dipabrikan. Akan tetapi, manfaat lidah buaya ini bisa didapat secara langsung dari tanaman tersebut dengan cara pengolahan selain pabrikan yaitu bisa diolah sendiri untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut ini ada beberapa manfaat dari lidah buaya untuk kecantikan, yaitu :

  1. Perawatan rambut

Sejak zaman dahulu, lidah buaya memang sudah dikenal sebagai tanaman untuk perawatan rambut. Kandungan dalam lidah buaya seperti enzim yang bermanfaat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi sehat dan berkilau. Enzim proteolitik dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Sifat alkalizing lidah buaya juga dapat membantu kulit kepala dan PH rambut pada tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut menjadi maksimal.

  1. Menghilangkan jerawat

Kandungan dalam lidah buaya mampu menghilangkan jerawat. Caranya dengan memanfaatkan lendir dan getah lidah buaya. Dengan membelah batang lidah buaya kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat, setelah sekitar 10 – 15 menit lalu dibilas dengan air hangat, maka jerawat akan hilang dalam waktu beberapa hari. Lakukan dengan rutin sampai jerawat hilang.

  1. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam pada wajah akibat bekas jerawat dapat hilang dengan memanfaatkan lidah buaya. Caranya dengan mengoleskan jel lidah buaya pada kulit yang memiliki flek hitam kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan sehari 2 kali secara rutin. Maka flek hitam akan hilang dalam beberapa hari.

  1. Kesehatan bulu mata

Lidah buaya juga dapat menyehatkan bulu mata dan memperkuat akarnya. Dengan jel lidah buaya yang dioleskan ke bulu mata secara rutin setiap harinya, maka bulu mata akan menjadi sehat dan kuat juga akan mempertebal bulu mata. Ini karena kandungan nutrisi pada lidah buaya yang bermanfaat menyehatkan bulu mata.

  1. Perawatan kulit

Jel lidah buaya mudah diserap kulit bahkan sampai pada lapisan epitel kulit, sehingga dapat melindungi dan menjaga kelembaban kulit. Lidah buaya juga dapat mengurangi stretch mark dan penuaan dini. Lidah buya yang mengandung antioksidan, beta karoten, vitamin C dan E yang dapat membantu meningkatkan kesehatan alami kulit dan menjaga kulit dari dehidrasi.

  1. Mengurangi ketombe

Selain menyehatkan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Ketombe biasanya disebabkan oleh kulit mati, namun ada beberapa penyebab lain seperti terdapat malassezia dan jamur lemak makanan yang dapat hidup pada kulit kepala. Selain menghilangkan sel-sel kulit mati, lidah buaya juga memiliki sifat anti jamur. Sifat alkalizing lidah buya akan bermanfaat mengurangi bahkan menghilangkan ketombe.

  1. Sebagai conditioning

Gel lidah buya dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk conditioning, gel lidah buaya tersebut sebagai pendingin yang luar biasa. Zat yang ada pada lidah buaya memiliki komposisi yang mirip dari keratin, protein yang secara alami terdapat dalam sel-sel rambut.

Baca juga : manfaat buah pisang untuk kesehatan

Itulah manfaat dari lidah buaya untuk kecantikan yang dapat diketahui. Mungkin masih banyak lagi manfaat lidah buaya untuk kecantikan, bahkan untuk kesehatan dan bahan pengobatan. Lidah buaya juga merupakan obat sakit maag yang alami. Obat sakit maag yang alami menggunakan lidah buaya ini sangat efektif.

Selain itu juga bahkan ada yang memanfaatkan lidah buaya sebagai makanan dan minuman sehat. Mulai dari kandungan nutrisi, zat, vitamin dan mineral dalam lidah buaya dapat dimanfaatkan semuanya. Maka dari itu, mulai dari sekarang mari kita coba untuk memanfaatkan tanaman lidah buaya. Baik untuk kecantikan, kesehatan maupun digunakan dalam bahan pengobatan suatu jenis penyakit.

Inilah Manfaat dari Lidah Buaya untuk Kecantikan | admin | 4.5