Manfaat Buah Pepaya untuk Mengobati Sakit Maag yang Alami

By On Monday, October 17th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat pepaya untuk mengobati sakit maag sangatlah efektif, karena buah pepaya merupakan obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit maag. Kandungan dalam buah pepaya sangat membantu mengobati sakit maag juga baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Penyakit maag merupakan penyakit yang umum diderita orang, hampir setiap orang pernah mengalami sakit maag. Penyakit maag atau radang lambung terjadi akibat pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Gejala yang ditimbulkan penyakit maag biasanya ditandai dengan sakit, mulas dan perih pada perut. Namun gejala tersebut bisanya akan hilang dengan sendirinya tanpa diobati.

Penyakit maag juga ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung, sehingga menyebabkan iritasi pada selaput lendir lambung. Jika sudah menderita sakit maag, maka segera melakukan pengobatan. Meskipun penyakit maag biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, sebenarnya penyakit maag tidak hilang, justru akan bertambah parah jika tidak segera melakukan tindakan pengobatan. Untuk mengatasi penyakit maag bisa dengan cara alami, salah satunya bisa menggunakan buah pepaya untuk obat penyakit maag yang alami.

manfaat pepaya untuk mengobati sakit maag

manfaat buah pepaya untuk mengobati sakit maag yang alami

Jenis penyakit maag secara umum

Ada beberapa jenis penyakit maag yang banyak diderita oleh orang-orang. Namun, secara umum penyakit maag dibagi menjadi dua jenis, maag akut dan maag kronis. Berikut ini penjelasan dari dua jenis penyakit maag tersebut, yaitu :

  1. Maag akut

Penyakit maag akut merupakan penyakit maag akut dari lambung. Biasanya ditandai dengan rasa nyeri, panas, bengkak, dan gangguan fungsi organ tubuh. Penyakit maag akut bisa terjadi tanpa diketahui penyebabnya.

  1. Maag kronis

Penyakit maag kronis merupakan penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri, yaitu bakteri Helicobacter pylori. Maag kronis ini merupakan maag yang sudah parah intensitasnya dibandingkan dengan maag biasa. Biasanya ditandai dengan mengalami inflamasi, dimana reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh. Maag kronis bisa sangat membahayakan, karena bisa meningkatkan resiko terkena kanker lambung.

Selain dua jenis penyakit maag di atas, ada juga jenis penyakit maag lainnya, yaitu dilihat dari tingkat keparahannya, seperti maag ringan, maag sedang, maag kronis, kanker lambung. Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.

Pengobatan penyakit maag

Ada cara untuk mengobati penyakit maag yang bisa dilakuakan. Bisa dengan cara memanfaatkan bahan alami dan juga obat-obatan. Cara yang aman dan tanpa efek samping bisa menggunakan bahan alami, dengan memanfaatkan buah pepaya. Karena kandungan dalam buah pepaya baik untuk membantu mengobati sakit maag.

Buah pepaya dipercaya dapat mengobati penyakit maag. Dengan mengkonsumsi pepaya sebagai makanan penutup secara teratur dapat meredakan asam lambung naik dan juga sakit maag. Kandungan kalium dalam pepaya baik untuk menyeimbangkan tingkat keasaman di dalam lambung. Bukan hanya bisa menyembuhkan penyakit maag saja, tapi baik juga untuk kesehatan. Selain menggunakan pepaya untuk mengobati sakit maag, ada juga obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit maag, yaitu :

  • Antasida
  • Pompa proton
  • Agen Cytoprotektif
  • Obat anti sekretorik
  • Ranitidin
  • Simetidin
  • Pankreatin

Bukan hanya buahnya saja, tetapi biji pepaya juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit maag. Caranya yaitu dengan menjemur biji pepaya sampai kering, kemudian tumbuk sampai halus lalu seduh dengan air hangat. Minumlah seduhan biji pepaya secara rutin maka penyakit maag akan terobati dan sembuh. Begitu juga daun pepaya, bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag. Caranya hampir sama dengan menggunakan biji pepaya.

Baca juga : manfaat buah pisang untuk mengobati sakit maag

Makanan dan minuman yang perlu dihindari ketika sakit maag

Pada saat menderita sakit maag, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari. Karena jika dikonsumsi pada saat sakit maag, maka penyakit maag tidak kunjung reda. Bahkan penyakit maag yang diderita akan bertambah parah. Berikut ini jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari pada saat sakit maag, yaitu :

  • Makanan yang sangat asam dan pedas
  • Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung
  • Makanan yang sulit dicerna
  • Makanan dan minuman yang mengandung gas
  • Sayuran seperti sawi dan kol
  • Buah-buahan seperti nangka dan pisang ambon
  • Buah yang dikeringkan
  • Minuman yang mengandung soda

Selain makanan dan minuman, kebiasaan seperti mengunyah permen karet dan merokok juga perlu dihindari. Karena kebiasaan tersebut dapat meningkatkan gas didalam lambung. Dengan menghindari makanan dan minuman maupun kebiasaan tersebut, maka penyakit maag akan dapat diobati dan kunjung reda.

Pola makan yang teratur dan porsi makan yang cukup bisa mencegah terserang penyakit maag. Hindari pola makan yang tidak teratur juga harus mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jangan jajan sembarangan agar penyakit maag tidak menyerang kita. Pola hidup sehat juga penting untuk mencegah penyakit maag, bukan hanya mencegah penyakit maag saja, namun jenis penyakit yang lainnya.

Itulah manfaat buah pepaya untuk mengobati penyakit maag dan beberapa penjelasan tentang penyakit maag juga obatnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan kita semua. Sesungguhnya tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati. Namun sebelum terserang penyakit alangkah baiknya untuk melakukan tindakan pencegahan. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Manfaat Buah Pepaya untuk Mengobati Sakit Maag yang Alami | admin | 4.5