Inilah Manfaat Pisang untuk Obat Diare yang Alami

By On Sunday, November 13th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat pisang untuk obat diare karena pisang memiliki kandungan yang dapat mencegah dan mengobati diare. Kandungan zat potasium yang tinggi dalam pisang dapat menggantikan cairan elektrolit yang berkurang pada saat diare karena seringnya buang air besar.

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh sebagai sumber energi, dapat meningkatkan kesehatan otak, menyeimbangkan jumlah cairan, menyehatkan tulang dan memperlancar sistem pencernaan dan dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah diare.

Diare merupakan jenis penyakit yang pada umumnya disebabkan oleh infeksi usus. Infeksi usus tersebut bisa terjadi karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Namun, diare juga dapat timbul akibat beberapa faktor seperti efek samping obat, faktor psikologi seperti gelisah dan faktor mengkonsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Diare biasanya ditandai dengan gejala sakit perut, kram pada perut, demam tinggi dan mual juga muntah, buang air besar secara terus menerus dengan tinja yang encer.

manfaat pisang untuk obat diare

inilah manfaat pisang untuk obat diare yang alami

Cara mengobati penyakit diare menggunakan pisang

Cara mengobati penyakit diare yang alami salah satunya memanfaatkan buah pisang. Karena pisang buah yang memiliki kandungan yang dapat mencegah dan mengobati diare. Pisang juga buah yang memiliki struktur lembut dan lunak, sehingga dapat menenangkan sistem saluran pencernaan.

Kandungan zat yang dimiliki pisang seperti potasium yang dapat menggantikan cairan elektrolit yang berkurang pada saat diare. Pactin atau serat soluble yang berfungsi membantu menyerap cairan dalam usus dan merangsang gerak pada usus. Kandungan inulin pada pisang juga merupakan zat prebiotik yang dapat membantu berkembangnya bakteri baik dalam usus.

Untuk mengobati penyakit diare dengan menggunakan buah pisang, bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi pisang secara langsung, sehingga diare akan kunjung membaik dan berangsur sembuh. Dengan mengkonsumsi pisang, sistem pencernaan akan berfungsi lancar sehingga diare dapat berhenti dan sembuh. Selain pisang, ada juga jenis buah lain yang dapat dikonsumsi pada saat menderita diare, yaitu jenis buah yang memiliki struktur lembut dan berserat tinggi.

Baca juga : manfaat buah pisang untuk mengobati sakit maag

Jenis buah-buahan untuk penderita diare

Selain buah pisang, ada beberapa jenis buah lainnya yang dapat membantu mencegah dan mengobati diare. Jenis buah yang dapat menghambat diare diantaranya buah yang memiliki tekstur lembut dan berserat tinggi yang dapat dijadikan asupan untuk meringankan diare. Berikut ini jenis buah-buahan untuk penderita diare, yaitu :

  1. Apel

Apel merupakan buah yang berserat padat, namun untuk mengkonsumsinya pada saat diare, harus mengolahnya menjadi saus apel, guna memperoleh kandungan pactin, glukosa serta zat lain yang bisa mengurangi diare. Usus sangat lemah pada saat terkena diare, untuk menyerap kandungan zat yang ada dalam apel, perlu menghaluskan terlebih dahulu buah apel tersebut. Kandungan yang ada dalam apel seperti antioksidan juga mampu mengusir partikel dan bakteri jahat yang ada didalam tubuh. Maka dari itu, manfaat apel untuk obat diare sangat efektif.

  1. Blueberry

Blueberry memiliki manfaat untuk mengatasi gejala diare. Dengan mengkonsumsi blueberry pada saat diare, beberapa kandungan yang ada didalamnya akan dapat meredakan diare. Untuk memperoleh manfaat blueberry sebaiknya diolah dalam keadaan kering. Kandungan yang ada didalam buah blueberry yaitu tannins yang berfungsi sebagai astringent yang mampu membuat jaringan mengalami kontraksi, meminimalisir peradangan, dan membantu proses keluarnya cairan dan lendir yang bersifat toksit terhadap tubuh. Anthocyanosides merupakan salah satu sumber antioksidan berfungsi sebagai anti bakteri. Pectin atau serat soluble yang membantu proses terserapnya cairan didalam usus.

  1. Jambu biji

Buah yang satu ini memang memiliki manfaat guna mengobati penyakit diare. Jambu biji yang kaya akan kandungan yang dapat mencegah dan mengobati diare, bukan hanya buahnya saja, namun daun jambu biji juga memiliki sifat anti diare, terutama yang disebabkan oleh infeksi. Maka dari itu, mengkonsumsi buah jambu biji atau daunnya akan dapat mengobati penyakit diare.

  1. Salak

Kandungan zat tannin dalam buah salak mampu mengobati diare, maka dari itu mengkonsumsi salak pada saat diare akan membantu mengobati diare karena kandungan zat tanninnya. Zat tannin pada salak berperan sebagai anti bakteri, sehingga bakteri penyebab penyakit diare mampu diatasi. Untuk mengkonsumsi salak pada saat diare agar mendapatkan manfaatnya, maka mengkonsumsi sekalian dengan kulit ari buah salaknya. Karena kulit ari buah salak berperan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Itulah beberapa jenis buah selain buah pisang yang dapat dikonsumsi untuk membantu mencegah bahkan mengobati penyakit diare. Selain buah-buahan, sayuran juga bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi pada saat diare guna mencegah dan juga membantu penyembuhan diare, seperti jenis sayuran wortel dan kentang.

Sayuran yang memiliki kandungan nutrisi dan mengandung karbohidrat juga sangat baik dikonsumsi pada saat diare. Ada juga jenis makanan lainnya seperti sereal, biskuit, yogurt dan nasi juga bisa dikonsumsi pada saat diare, jenis makanan ini akan membantu mengurangi buang air besar yang berlebihan dan mengembalikan keseimbangan cairan elektrolit dalam tubuh.

Buah pisang memang merupakan buah yang kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan dan pengobatan. Seperti di atas, pisang digunakan untuk mengobati diare. Dengan mengkonsumsi buah pisang pada saat menderita diare, semoga dapat membantu proses penyembuhan penyakit diare yang diderita, selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh.

Inilah Manfaat Pisang untuk Obat Diare yang Alami | admin | 4.5