Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan untuk Kesehatan dan Kecantikan

By On Wednesday, June 14th, 2017 Categories : Manfaat

Bulan Ramadhan telah tiba, semua umat Islam di dunia menyambutnya dengan gembira. Karena bulan Ramadhan merupakan bulan bagi umat Islam untuk memperoleh banyak pahala. Bukan hanya itu saja, tetapi banyak manfaatnya juga untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan.

Puasa yaitu menahan lapar dan haus seharian penuh, mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Di awali dengan makan sahur dan kemudian di akhiri dengan buka puasa. Selama menjalankan puasa tentu tubuh akan merasakan lemas dan letih karena menahan lapar seharian. Namun, berpuasa sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya mendapat kesehatan rohani saja, tetapi kesehatan jasmani juga, yaitu terhindar dari resiko terserang penyakit. Dengan menjalankan puasa penuh selama bulan Ramadhan, maka kesehatan tubuh akan meningkat, ini karena asupan makanan dan minuman dapat dikontrol. Menurut Islam sendiri, puasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya dan baik untuk kesehatan baik jasmani maupun rohani. Selain itu, tentunya mendapat pahala selama berpuasa di bulan Ramadhan.

manfaat puasa di bulan ramadhan untuk kesehatan

manfaat puasa di bulan ramadhan untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat puasa untuk kesehatan dan kecantikan

Menahan lapar dan haus selama seharian akan membuat tubuh menjadi lemas. Namun jangan salah, berpuasa justru sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut manfaatnya :

  1. Jantung menjadi sehat

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan berpuasa maka kesehatan jantung akan meningkat. Ini dikarenakan terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa 1 saat menjalankan puasa. Penurunan LDL saat puasa juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut penelitian ketika puasa limfosit akan meningkat sepuluh kali lipat. Sehingga kondisi tersebut dapat menjauhkan serangan penyakit, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah. Keseluruhan sel darah putih juga tidak akan berubah dan ternyata sel T mangalami kenaikan. Kadar apo-betta juga akan menurun dan akan meningkatkan kadar apo-alfa 1.

  1. Menyehatkan ginjal

Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya yang masuk melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pada saat puasa ginjal akan menjadi sehat, karena fungsi ginjal akan maksimal dengan mengurangi asupan air dan makanan.

  1. Mencegah diabetes

Dengan berpuasa maka kelebihan kadar gula darah dan kolesterol dapat dikontrol dan dikurangi. Sehingga dapat mencegah diabetes dan penyakit lainnya seperti obesitas, hiperkolesterol, dan penyakit yang diakibatkan kadar gula darah dan juga kelebihan nutrisi lainnya.

  1. Mencegah penyakit kronis

Dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan selain menahan lapar dan haus, juga dapat menahan amarah. Hal ini membuat keadaan psikologis menjadi lebih tenang dan secara ilmiah akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Jika kadar adrenalin menurun, maka akan mencegah timbulnya pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu sehingga akan mengurangi resiko terserah penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, stroke dan yang lainnya.

  1. Baik untuk diet

Bagi yang bermasalah dengan berat badan, maka berpuasalah. Dengan puasa maka berat badan akan dapat dikontrol dengan mengurangi asupan makanan dan minuman. Sehingga, berat badan akan turun selama menjalankan puasa, apalagi puasa penuh di bulan Ramadhan. Jadi, puasa juga bisa menjadi salah satu tips diet sehat yang alami.

  1. Menggantikan sel tubuh

Saat sedang puasa sel-sel tubuh akan lebih mudah dan cepat tergantikan, seperti sel kulit mati akan lebih cepat tergantikan dari biasanya. Ketika makan sahur, konsumsilah makanan yang bergizi dan hindari mengkonsumsi asupan makanan yang banyak mengandung gula dan garam.

  1. Membersihkan kulit

Dengan berpuasa maka proses detoksifikasi tubuh akan lebih mudah, sehingga racun dalam tubuh akan cepat dikeluarkan dari biasanya. Proses detoksifikasi akan sangat baik untuk kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih bersih, segar dan lebih cerah, seperti manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

  1. Mengatasi jerawat

Kulit yang berjerawat biasanya disebabkan karena bakteri dan kotoran juga racun pada kulit. Dengan puasa maka proses detoksifikasi tubuh akan lebih cepat mengeluarkan racun dan bakteri dalam tubuh dengan cepat, sehingga masalah kulit berjerawat akan dapat diatasi.

  1. Mencegah iritasi kulit

Puasa akan mencegah kontak zat berbahaya bagi tubuh dan kulit, dengan cepat akan meminimalisir zat berbahaya tersebut jika menjalankan puasa. Sehingga masalah iritasi kulit pun tidak akan terjadi ketika sedang berpuasa.

  1. Eksim

Manfaat puasa yang lainnya yaitu menyembuhkan eksim. Karena dengan berpuasa proses regenerasi kulit yang sudah mati dan rusak akan lebih cepat. Sehingga masalah penyakit kulit seperti eksim dengan rasa gatal dan menimbulkan ruam pada kulit bahkan adanya nanah akan dengan cepat disembuhkan jika menjalankan puasa.

Baca juga : tips ampuh menjaga kesegaran mulut saat puasa

Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat dan puasa Anda lancar selama bulan Ramadhan. Demikian sedikit artikel tentang manfaat puasa di bulan Ramadhan, semoga menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda yang membacanya.

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dalam menu makan sahur maupun buka puasa. Seperti buah-buahan yang mengandung nutrisi dan gizi tinggi, juga serat yang tinggi. Sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh dan menu makanan maupun minuman lainnya yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan untuk Kesehatan dan Kecantikan | admin | 4.5