Inilah Manfaat Sayuran Brokoli untuk Menurunkan Berat Badan atau Diet

By On Tuesday, November 8th, 2016 Categories : Manfaat

Manfaat sayuran brokoli untuk diet dengan memanfaatkan kandungan seratnya, karena kandungan serat dalam brokoli sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi pada saat diet. Brokoli juga megandungan indole-3-carbinol yang bermanfaat untuk pembakaran lemak dalam tubuh dan mencegah timbulnya lemak dalam tubuh.

Brokoli dikenal sebagai super food atau makanan super, karena brokoli merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat sayuran brokoli untuk kesehatan memang sangat banyak, ini dikarenakan kandungan dalam brokoli mampu untuk memenuhi kesehatan tubuh. Brokoli juga baik digunakan sebagai menu diet yang bagus dan sehat.

Selain memenuhi kesehatan dalam tubuh, sayuran brokoli juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Serat yang terkandung dalam sayuran brokoli sangat mendukung program diet, karena dengan kandungan serat brokoli yang tinggi mampu memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Dengan mengkonsumsi sayuran brokoli akan menggantikan menu makan dan membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Maka dari itu, brokoli baik dikonsumsi pada saat diet.

manfaat sayuran brokoli untuk diet

inilah manfaat sayuran brokoli untuk menurunkan berat badan atau diet

Kandungan gizi sayuran brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung nilai gizi yang baik untuk memenuhi kesehatan tubuh. Selain itu juga brokoli merupakan jenis sayuran yang bagus untuk diet sehat. Berikut ini ada beberapa kandungan gizi yang ada dalam sayuran brokoli, yaitu :

  1. Mengandung energi, karbohidrat, vitamin dan mineral. Kandungan tersebut seperti kalori, protein, asam lemak omega 3, lemak, kalsium, potassium, fosfor, besi, zinc, magnesium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B6, vitamin C, E dan K, serat, mangan dan mengandung triptofan.
  2. Brokoli merupakan sayuran rendah kalori, lemak dan sodium, bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium dan tidak mengandung kolesterol.
  3. Sayuran brokoli merupakan sumber serat yang sangat baik, bahkan lebih banyak dari pada serat yang ada dalam roti gandum dan serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan.
  4. Sayuran brokoli juga mengandung asam folat yang merupakan salah satu vitamin yang sangat baik dan bermanfaat bagi wanita hamil dan janin.
  5. Kandungan vitamin K dalam sayuran brokoli juga penting untuk menguatkan tulang dan membantu pembekuan darah.
  6. Kandungan kalsiumnya hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu dan mengandung karoten juga lutein.
  7. Sayuran brokoli juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Vitamin C yang tinggi akan mempermudah membantu tubuh menyerap zat besi.

Kandungan nilai gizi dalam sayuran brokoli memang begitu banyak, maka dari itu tidak heran sayuran brokoli memiliki banyak manfaat juga. Baik bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan bahkan untuk pengobatan sebuah penyakit. Selain itu juga baik dikonsumsi pada saat diet.

Manfaat sayuran brokoli untuk diet

Begitu banyaknya manfaat sayuran brokoli karena nilai kandungan gizinya. Baik untuk kesehatan, kecantikan, dan bahan pengobatan. Sayuran brokoli juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan atau diet. Berikut ini manfaat dari sayuran brokoli untuk diet :

  • Rendah kalori

Sayuran brokoli merupakan salah satu sayuran yang hampir tidak mengandung kalori, jadi sayuran brokoli aman dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Karena sekitar 100 gram brokoli hanya mengandung 34 kalori.

  • Menormalkan kadar gula darah

Semakin tinggi gula darah dalam tubuh akan mengakibatkan sedikit lemak yang dibakar. Dengan mengkonsumsi sayuran brokoli akan membantu tubuh membakar lebih banyak lemak, karena sayuran brokoli bermanfaat menetralkan kadar gula dalam darah.

  • Menurunkan kolesterol

Sayuran brokoli mampu menurunkan kolesterol jahat dan lemak dalam tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi sayuran brokoli akan membantu menurunkan berat badan.

  • Mengandung banyak serat

Serat yang terkandung dalam sayuran brokoli sangatlah banyak dan membantu merasa kenyang lebih lama. Jadi, akan membantu dalam proses menurunkan berat badan. Dengan mengganti atau menambahkan sayuran brokoli kedalam menu makan Anda.

Baca juga : manfaat dan jenis sayuran untuk diet sehat

Manfaat sayuran brokoli bagi kesehatan tubuh

Sayuran brokoli sebagai super food sudah pasti kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, juga yang lainnya seperti kecantikan dan bahan pengobatan suatu jenis penyakit. Berikut ini ada beberapa manfaat dari sayuran brokoli bagi kesehatan tubuh, yaitu :

  • Membantu menurunkan berat badan

Sayuran yang kaya akan serat sangat mendukung membantu penurunan berat badan. Kandungan serat pada sayuran brokoli sangatlah banyak dan membantu membuat perut merasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsi sayuran brokoli. Sayuran brokoli juga mengandung vitamin dan mineral juga rendah kalori dan lemak.

  • Mencegah penyakit jantung

Kandungan dalam sayuran brokoli seperti glucoraphanin mampu mencegah penyakit jantung. Senyawa ini diyakini sangat membantu mencegah penyakit jantung. Jadi, dengan mengkonsumsi sayuran brokoli maka penyakit jantung akan dapat dicegah.

  • Menjaga dan memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam sayuran brokoli akan menjaga pencernaan supaya berfungsi dengan baik. Kandungan antioksidannya juga merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun. Sayuran brokoli juga dapat digunakan untuk obat penyakit diare.

  • Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat didalam sayuran brokoli, mampu mengontrol tekanan darah. Sehingga, jika Anda yang memiliki tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi sayuran brokoli makan akan membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Itulah manfaat dari sayuran brokoli untuk menurunkan berat badan atau diet dan juga untuk kesehatan tubuh atau kecantikan dan bahan pengobatan. Akan tetapi, perlu di ingat jika sedang menjalankan program diet maka tidak cukup dengan mengkonsumsi sayuran brokoli saja. Untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal perlu juga dibarengi dengan berolahraga. Selamat mencoba dan semoga diet Anda berhasil.

Inilah Manfaat Sayuran Brokoli untuk Menurunkan Berat Badan atau Diet | admin | 4.5